Blog Post

Penjelasan Peraturan BPOM Tentang Label Pangan Olahan Susu

Label Pangan Olahan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Pada 2018 lalu, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM RI) telah mengeluarkan peraturan baru bagi para pelaku usaha terkait label dalam Pangan Olahan. Pengaturan tersebut dimuat dalam peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan (Peraturan BPOM RI Nomor 31 Tahun 2018), dan mulai berlaku sejak tanggal 19 Oktober 2018 lalu.

Peraturan BPOM tentang label Pangan Olahan tersebut dikeluarkan untuk menyatukan seluruh ketentuan mengenai label produk olahan yang selama ini terdapat dalam beberapa ketentuan.

Selain itu, BPOM juga ingin mempertegas bahwa Susu Kental Manis (SKM) merupakan kategori produk susu. Hal ini untuk menjawab kesimpangsiuran informasi yang berkembang di masyarakat.

Peraturan Label Pangan Olahan Susu

Hal yang menjadi sorotan utama dalam Peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018 ini adalah terkait dengan kewajiban Produsen Susu dan Produk Olahan Susu untuk mencantumkan keterangan atau peringatan serta daftar bahan yang digunakan dalam label produknya.

Untuk produk susu sendiri, termasuk susu bubuk, susu Ultra High Temperature (UHT), susu pasteurisasi, dan susu steril, maka wajib dicantumkan peringatan pada label kemasannya, yang berbunyi :

  • Perhatikan!
  • Tidak Untuk Menggantikan Air Susu Ibu.
  • Tidak Cocok Untuk Bayi Sampai Usia 12 Bulan.

Sedangkan untuk susu kental, maka wajib dicantumkan peringatan pada labelnya, yang berbunyi :

  • Perhatikan!
  • Tidak Untuk Menggantikan Air Susu Ibu.
  • Tidak Cocok Untuk Bayi Sampai Usia 12 Bulan.
  • Tidak Dapat Digunakan Sebagai Satu-Satunya Sumber Gizi.

Peringatan sebagaimana dimaksud di sini adalah wajib ditulis dengan tulisan berwarna merah di dalam kotak persegi panjang dengan warna merah di atas dasar berwarna putih. Aturan yang lebih ketat pada label produk tersebut dicantumkan dengan tujuan agar masyarakat tidak menggunakan Susu Kental Manis (SKM) tersebut sebagai minuman pengganti ASI untuk bayi mereka.

Sebagaimana diketahui, bayi pada usia tertentu sangat membutuhkan ASI yang tidak bisa digantikan dengan kategori produk susu jenis apapun.

Selain mengenai label tersebut, ada beberapa poin penting yang juga terdapat dalam peraturan tentang Label Produksi Pangan Olahan tersebut, antara lain adalah :

  • Pencantuman istilah pemanis alami.
  • Ketentuan khusus untuk pelabelan pangan dengan ukuran kemasan kecil.
  • Berat bersih.
  • Pengakuan terkait sertifikasi halal dengan otoritas halal negara lain.

Seluruh label dalam produk olahan yang sudah beredar di masyarakat, harus disesuaikan dengan ketentuan dalam Peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018 ini paling lambat 30 bulan sejak peraturan ini berlaku efektif.

Dan ini artinya adalah, bahwa seluruh produk olahan yang baru diproduksi setelah berlakunya Peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018 harus langsung menyesuaikan dengan ketentuan yang ada dalam peraturan ini.

Selanjutnya, BPOM berkewajiban untuk melakukan sosialisasi peraturan baru ini kepada masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan di industri susu dan produk olahan susu. Sosialisasi ini juga penting dilakukan untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi seimbang untuk tubuh.

Demikianlah peraturan Label Pangan Olahan Susu yang dimuat dalam peraturan BPOM Nomor 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan. Nah, bila saat ini Anda sedang bingung bagaimana cara mengurus Izin Edar BPOM, atau punya pertanyaan lain seputar legalitas usaha Anda, kami dari Gapura Office atau Virtual Officeku dapat membantu Anda!

Kami merupakan salah satu jasa pembuatan perizinan usaha terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru, termasuk pengurusan Izin Edar BPOM dan surat-surat lainnya mulai dari pembuatan Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, pengurusan SIUP dan TDP, dan lain sebagainya.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu lagi! Karena kami sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha lainnya.

Selain itu, kami juga memiliki sederet notaris profesional yang siap membantu Anda mengurus segala dokumen dan perizinan dengan mudah dan cepat. Ditambah dukungan staff yang ahli dan mumpuni di bidangnya masing-masing. Tak heran bila perusahaan kami telah dikenal sebagai perusahaan Jasa Perizinan Usaha paling handal di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI. Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda!

Jangan ragu untuk menghubungi kami, karena kami siap membantu Anda memiliki Izin Usaha yang dibutuhkan. Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Gapura Office silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke sales@virtualofficeku.co.id untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>