Blog Post

Perseroan Terbatas (PT): Modal Setoran dan Klasifikasi Ukuran Perusahaan

Biro Jasa PT Perseroan Terbatas

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Jika Anda telah berpengalaman dalam pembuatan Perseroan Terbatas (PT), maka Anda pasti sudah paham bahwa klasifikasi sebuah PT dibagi menjadi tiga jenis. Hal ini berdasarkan modal setoran awal untuk perusahaan. Perbedaan klasifikasi ini akan tertera di Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) serta Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan juga bisa menentukan jangkauan akses bisnis Anda.

Namun, bagi Anda yang belum mengerti bagaimana caranya untuk membuat Perseroan Terbatas (PT), silahkan simak artikel berikut ini.

Modal Setoran

Sebelum memahami tentang klasifikasi Perseroan Terbatas (PT), ada baiknya bagi Anda untuk memahami bahwa dalam proses pembuatan PT, maka Anda harus memberikan modal awal, atau yang disebut dengan istilah “Modal Setoran”. Modal ini nantinya untuk disetor ke rekening Bank atas nama perusahaan Anda.

Modal Setoran Anda adalah 25 persen dari modal dasar perusahaan, yaitu total jumlah saham yang bisa diterbitkan oleh perusahaan.

Modal setoran sendiri adalah salah satu elemen terpenting dalam pembuatan Perseroan Terbatas (PT). Karena hal ini menjadi syarat yang esensial untuk memulai proses pembuatan PT.

Klasifikasi Ukuran Perusahaan

Sementara untuk klasifikasi ukuran perusahaan Anda, maka nantinya akan disesuaikan dengan besar modal setoran yang diberikan ke Bank. Klasifikasinya adalah sebagai berikut :

  • Kecil: Di atas Rp 50 Juta sampai dengan Rp 500 Juta.
  • Menengah: Di atas Rp 500 Juta sampai dengan Rp 10 Miliar.
  • Besar: Di atas Rp 10 Miliar.

Perbedaan kelas perusahaan tersebut nantinya akan tercantum di dalam Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan juga Tanda Daftar Perusahaan (TDP), yang akan diterbitkan oleh Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Perbedaan kelas ini nantinya akan berhubungan dengan proyek tender. Ditambah lagi, beberapa proyek tender dari pihak pemerintah atau swasta terkadang hanya akan menerima tender dari PT dengan ketentuan memiliki SIUP menengah atau besar untuk proyek besar.

Namun, tidak sedikit pula proyek tender dari pihak pemerintah atau swasta yang terkadang menerima PT dengan hanya SIUP kecil untuk proyek-proyek lainnya. Selain itu, untuk menentukan ukuran perusahaan tentunya tidak hanya mempertimbangkan faktor tender saja, namun juga faktor modal beserta pertimbangan lainnya.

Kebanyakan pengusaha pemula sudah bisa menikmati segala kelebihan Perseroan Terbatas (PT) dengan modal minimal menggunakan PT dengan ukuran perusahaan Kecil.

Biaya Pembuatan PT (Perusahaan)

Perlu diketahui, bahwa biaya Pembuatan PT bisa berbeda-beda, tergantung dimana domisili usaha Anda atau Biro Jasa yang Anda gunakan. Meski demikian, jika dilihat dari segi biaya Pembuatan PT baru di ibukota Jakarta, harganya sangatlah terjangkau.

Jadi, patut Anda mencobanya, terutama bagi Anda yang tidak memiliki modal besar. Sebab, kalau berdasarkan peraturan sebelumnya tadi, maka sebuah PT atau perusahaan dibangun dari dana sekitar Rp 50 Juta, dan itu bukanlah merupakan modal yang sedikit.

Dalam masalah biaya Pembuatan PT baru, pemerintah Indonesia telah berusaha memberi kemudahan. Fasilitas ini diberikan agar tidak hanya pengusaha kelas menengah ke atas saja yang berkembang. Namun juga bagi pengusaha yang mulai merintis karir dari nol pun juga bisa turut andil di dalamnya.

Nah, bila Anda kesulitan dalam mengatur atau mengelola biaya Pembuatan PT (perusahaan), maka Anda bisa menggunakan Biro Jasa kami, Gapura Office atau Virtual Officeku.

Kami adalah salah satu solusi untuk menjawab kebutuhan Anda terkait pembentukan badan usaha di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Kami menyediakan layanan jasa Pembuatan PT atau Perusahaan hingga jadi dengan harga Rp 7 Juta saja. Harga tersebut sudah meliputi Akta Perseroan, SK KEMENKUMHAM, NPWP, SKDU, SIUP, dan TDP.

Selain itu, kami juga menyediakan paket Pengurusan CV, bagi Anda yang memilih CV sebagai badan usaha, dengan harga Rp 5 Juta. Dengan harga tersebut, Anda sudah mendapatkan Akta Perseroan, Pendaftaran di Pengadilan, NPWP, SKDU, SIUP, dan TDP.

Tersedianya paket di atas untuk menjawab kebutuhan pengusaha atau pebisnis untuk dapat memiliki bentuk badan usaha yang sesuai dan juga mudah.

Nah, untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan Izin Usaha.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat