Blog Post

Persyaratan Izin Mendirikan Usaha Industri

Usaha Industri Mendirikan CV

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Izin Usaha Industri (IUI) merupakan sebuah izin yang harus dimiliki ketika berdirinya sebuah usaha dalam bidang industri. Namun, tidak semuanya bisa mendapatkan yang namanya izin ini. Sebab, ada syarat yang diberikan agar pantas mendapatkan kewajiban izin ini.

Secara khusus, izin ini bisa terjadi bagi Anda yang memiliki usaha dengan investasi di atas Rp 200 Juta. Dengan catatan, angka tersebut tidak mencakup tanah atau bangunan sebagai tempat usaha Anda.

Tak hanya itu saja, tenyata masalah jenis atau komuditi dari usaha industri juga harus mencakup hal yang berkaitan dengan proses produksi. Dalam hal ini, usaha yang akan mendapat izin usaha industri adalah yang dalam prosesnya tidak akan menggangu atau merusak lingkungan. Serta tidak secara berlebihan mengeksplorasi sumber daya (manusia dan alam) yang ada di sekitar tempat usaha.

Hal tersebut berdasarkan dasar hukum yang digunakan di negara ini, yakni UU No 5 Tahun 1984 mengenai perindustrian. Selain itu, terdapat pula di dalam Putusan Menteri Perindustrian.

Masih banyak lagi sebenarnya. Jadi, tidak hanya itu saja. Namun kami tidak akan membahas mengenai dasar-dasar dari sebuah perusahaan secara hukum tadi. Anda perlu memahami peraturan resmi yang terjadi dengan izin membuka usaha industri.

Setiap perusahaan membutuhkan yang namanya legalitas untuk menegakkan atau membangun usaha baik kecil, menengah, ataupun besar. Hal ini dilakukan dengan memenuhi bebebepa berkas guna mendukung bergeraknya usaha Anda dalam bidang industri yang sedang digeluti. Asalkan mencapai syarat dari berdirinya usaha yang tadi telah disebutkan, maka Anda wajib membuat yang namanya Izin Usaha Industri (IUI).

Pengajuan izin ini dapat dilakukan dengan memenuhi beberapa persyaratan pada Pelayanan Perizinan Terpadu di lingkungan Kota ataupun Kabupaten tempat Anda membangun usaha.

Apabila kemudian usaha Anda berkembang dan terus meningkat menjadi usaha yang lebih besar lagi, maka bisa mengajukan pada tingkat nasional.

Syarat Izin Mendirikan Usaha Industri

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan beberapa syarat yang harus dipenuhi jika Anda ingin membuat surat sebagai Izin Usaha Industri.

Berikut persyaratan yang bisa Anda penuhi dalam mengajukan Izin Usaha Industri (IUI) pada tingkatan Kabupaten dan Kota. Persyaratan tersebut di antaranya adalah :

  • Mengisi formulir yang digunakan untuk permohonan izin.
  • Fotokopi berapa dokumen seperti KTP, NPWP perusahaan pemilik perusahaan.
  • Akta pendirian yang sudah difotokopi.
  • Izin mendirikan bangunan yang sudah di fotokopi.
  • Surat domisili perusahaan.
  • Surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat dari RT sampai dengan lurah.
  • Fotokopi HO atau Izin Gangguan.
  • Fotokopi SIUP dan TDP.
  • Beberapa dokumen penting terkait dengan perusahaan jika dibutuhkan.

Itulah beberapa persyaratan dalam mendirikan usaha industri. Apa yang telah di sampaikan melalui artikel ini semoga bisa memberikan pengetahuan.

Terkadang, ada sebagian pengusaha, khususnya yang baru memasuki dunia bisnis, seringkali mengganggap masalah ini tidak terlalu penting. Padahal, kalau melihat dari segi kebutuhan, pasti setiap industri harus memilikinya. Hal ini demi menjamin kelangsungan sebuah usaha.

Anda tidak menginginkan sebuah usaha yang baru berkembang mendapatkan masalah izin, bukan? Untuk itu, segera lengkapi usaha Anda dengan izin, agar keberlangsungan usaha Anda bisa aman dan nyaman dilakukan.

Nah, salah satu jasa pengurusan untuk pendirian Izin Usaha yang bisa Anda percayakan adalah Gapura Office atau Virtual Officeku.

Kami adalah salah satu jasa pembuatan perizinan usaha terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, SIUP, hingga pengurusan Akta Notaris dan surat-surat lainnya.

Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan layanan sewa Virtual Office dan Coworking Space yang terdapat di beberapa lokasi di Jakarta dan sekitarnya, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Hubungi Kami, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda.