Blog Post

Syarat Administrasi dan Prosedur Mendirikan Yayasan

Mendirikan Yayasan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Yayasan merupakan suatu badan hukum yang di dalamnya terdiri atas beberapa kekayaan yang telah dipisahkan dan diperuntukkan demi mencapai suatu tujuan tertentu pada bidang keagamaan, sosial, serta kemanusiaan.

Untuk mendirikan Yayasan ini, maka seseorang harus memiliki Izin terlebih dahulu dari lembaga tertentu. Hal ini sebagaimana tercantum dalam dasar hukum sebagai berikut :

  • Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004, mengenai perubahan terhadap UU Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan.
  • PP Nomor 63 Tahun 2008, mengenai Pelaksanaan UU tentang Yayasan.

Nah, atas dasar hukum di atas, lalu apakah terdapat beberapa aturan dalam mendirikan Yayasan? Jawabannya, tentu saja ada.

Untuk lebih jelasnya lagi, di bawah ini adalah beberapa prosedur dan syarat administrasi yang harus Anda persiapkan sebelum mendirikan Yayasan.

Syarat Administrasi Mendirikan Yayasan

Sebelum Anda mendirikan Yayasan, pastikan Anda mengurus Izinnya terlebih dahulu dan mempersiapkan syarat-syarat administrasinya, diantaranya adalah :

1. Yayasan dapat didirikan oleh satu (1) orang atau lebih dengan cara memisahkan sebagian dari harta kekayaan Pendiri Yayasan sebagai kekayaan awal.

2. Pendiri mendaftarkan Yayasan yang akan didirikan kepada notaris agar dibuatkan Akta Pendirian Yayasan dalam bahasa Indonesia. Apabila Pendiri Yayasan tersebut berhalangan hadir ke notaris, maka hal tersebut bisa diganti oleh pihak lain dengan cara membuat Surat Kuasa.

3. Fotocopy beberapa dokumen, yang terdiri dari :

  • Akta Notaris yang sudah dilegalisasi oleh Lembaga Pengadilan Negeri setempat.
  • Surat Keterangan Domisili Yayasan dari Kelurahan setempat.
  • Anggaran Dasar serta Anggaran Rumah Tangga (AD ART) Yayasan.
  • Susunan Organisasi Pengurus Yayasan dan KTP Pengurus Yayasan bersangkutan.
  • Bukti Pembayaran PBB pada tahun terakhir.

Itulah beberapa persyaratan administrasi yang sebelumnya harus Anda penuhi untuk Izin Pendirian Yayasan. Syarat administrasi tersebut tentunya sangat penting untuk melakukan proses atau prosedur selanjutnya.

Prosedur Mendirikan Yayasan

Jika persyaratan administrasi di atas sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya Anda bisa melakukan prosedur Izin Pendirian Yayasan. Prosedur tersebut di antaranya sebagai berikut :

1. Pengurus ataupun Pendiri Yayasan maupun seseorang yang telah diberi kuasa bisa mengambil formulir isian Pendirian Yayasan yang terdapat di kantor Suku Dinas Sosial yang berada di masing-masing Kabupaten atau Kota.

2. Pendiri Yayasan harus membuat Surat Permohonan yang pada umumnya ditujukan kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi.

3. Menyerahkan Formulir isian yang sebelumnya sudah diisi bersama Surat Permohonan yang telah dibuat, dan disertakan dengan melampirkan perlengkapan syarat administrasi.

4. Petugas yang berasal dari Dinas Sosial harus melakukan peninjauan terhadap Lokasi Pendirian Yayasan dan mengecek.

5. Keberadaan Yayasan yang akan didirikan.

6. Mengenal para Pengurus Yayasan yang bersangkutan.

7. Melihat serta meninjau segala macam aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan.

8. Petugas Dinas Sosial yang telah meninjau Yayasan bersangkutan tersebut kemudian lapor ke Dinas Sosial guna mendapatkan Tanda Daftar yang telah ditandatangani oleh Kepala Dinas Sosial.

9. Surat Tanda Daftar Pendirian Yayasan dapat diambil di Kantor Suku Dinas Sosial yang terdapat di masing-masing Kabupaten atau Kota.

Itulah beberapa prosedur serta syarat-syarat administrasi yang akan diperlukan jika Anda ingin mendirikan Yayasan. Nah, jika Anda membutuhkan bantuan untuk pengurusan dalam Mendirikan Yayasan dan legalitasnya, serahkan saja kepada kami, Gapura Office atau Virtual Officeku.

Kami adalah salah satu konsultan penyedia jasa perizinan dan legalitas tepercaya di Indonesia. Dengan proses yang cepat, kami siap membantu Anda untuk Mendirikan Yayasan berbadan hukum dengan tujuan sosial, agama, maupun kemanusiaan.

Keunggulan dari layanan kami adalah peizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, dan kosultasi hukum pada orang yang ahli.

Semua pelayanan tersebut akan Anda dapatkan hanya dalam satu paket biaya Pendirian Yayasan dan Perkumpulan, dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

Ya, biaya jasa pengurusan Izin Mendirikan Yayasan di Gapura Office memang lebih murah jika dibandingkan dengan perusahaan jasa perizinan lainnya. Oleh sebab itu, wujudkan impian Anda mendirikan Izin Mendirikan Yayasan hanya di Gapura Office.

Ada berbagai layanan yang dihadirkan oleh Gapura Office. Informasi lengkap terkait dengan layanan yang diberikan bisa Anda simak langsung di website resmi kami. Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami.

Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan staff kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda. Agar Anda bisa mengutarakan keinginan bentuk legalitas bisnis Anda, bidang usaha yang dijalani, dan kemungkinan adanya kendalanya.

Dengan demikian, staff kami bisa memberikan penjelasan secara akurat dan memberikan jalan keluar kalau terjadi kendala tertentu.

Oleh sebab itu, segera urus legalitas bisnis Anda. Jangan sampai ada pihak lain yang mendahuluinya. Tentunya yang bisa juga menjadi kompetitor berat bagi keberlangsungan usaha Anda.

Ingat, persiapkan segala persyaratan dalam membuat Izin Usaha agar pengurusan bisa berjalan dengan lancar dan mudah. Daftarkan usaha Anda dan jadilah pengusaha yang sukses suatu saat nanti.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera legalitaskan Yayasan Anda hanya di Virtual Officeku. Silahkan hubungi kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian Yayasan. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian Yayasan Anda dengan cepat dan profesional. So, start your business right bersama Gapura Office!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>