Blog Post

Prosedur Mengurus Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP)

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Usaha Jasa Perjalanan Wisata terdiri atas penyelenggara Biro Perjalanan Wisata dan Agen Perjalanan Pisata. Pengertian dari Biro Perjalanan Wisata sendiri adalah sebuah usaha penyediaan jasa perencanaan perjalanan atau jasa pelayanan dan penyelenggaraan pariwisata. Perjalanan ibadah juga termasuk di dalamnya.

Sementara itu, Agen Perjalanan Wisata adalah sebuah usaha jasa pemesanan sarana seperti pemesanan tiket atau pemesanan akomodasi dan pengurusan dokumen bagi siapapun yang membutuhkan untuk kepentingan tertentu.

Pastinya dalam mengurus Izin Tetap sebuah usaha ada tujuannya, yakni untuk menjamin kepastian hukum dalam menjalankan setiap usaha. Salah satunya di sektor Pariwisata.

Bagi pengusaha dan penyedia sumber informasi bagi semua pihak, untuk mendapatkan Izin Usaha, yang harus diperhatikan adalah segala jenis persyaratannya. Baik itu persyaratan administrasinya maupun persyaratan yang lainnya. Jika tidak, maka tentunya akan gugur. Dengan kata lain, tidak akan mendapatkan Izin Usaha.

Persyaratannya sendiri cukup membutuhkan banyak berkas perusahaan. Bahkan juga turut serta mencantumkan data pribadi.

Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP) sendiri digolongkan menjadi dua, yaitu :

  • Izin Sementara Usaha Pariwisata (ISUP).
  • Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP).

Namun, sebelum menyusun dan melengkapi prosedur cara membuat Surat Izin Perjalanan Wisata, ada baiknya mempersiapkan terlebih dahulu segala persyaratan untuk mendapatkan surat Izin Usaha Perjalanan Wisata.

Berikut rincian persyaratan untuk mendapatkan surat Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP) :

1. Bagan Organisasi dan Denah Lokasi Perusahaan.

2. Data Pendukung berupa leaflet, booklet, dan lain sebagainya.

3. Riwayat hidup Pimpinan beserta karyawan perusahaan.

4. Mengisi formulir Data Paket Wisata (untuk Biro Perjalanan Wisata).

5. Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan tersebut.

6. Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak Perusahaan.

7. Fotocopy Izin Gangguan (HO) dan IMB (Izin Membangun Bangunan).

8. Fotocopy Pemohon (pemilik) dan foto Direktur 3×4 sebanyak 4 lembar.

Setelah persyaratan di atas telah terpenuhi, maka tahapan selanjutnya adalah persyaratan atau prosedur untuk mengurus dan membuat surat Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP) yang meliputi :

1. Pihak Pemohon mengambil formulir permohonan di loket BPMPPT.

2. Mengisi formulir yang ditandatangani kemudian diajukan kepada Bupati.

3. Kemudian Sekertariat KPP membuat Surat Pengantar yang ditujukan untuk ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

4. Berkas permohonan diteliti apakah sudah sesuai dengan ketentuan atau belum, cek lokasi, kemudian menyiapkan surat jawabannya.

5. Pemohon mengambil Surat Izin ke loket pengambilan.

6. Membuat Proposal Bisnis.

7. Status tempat usaha dan foto tempat usaha secara rinci dan jelas.

8. Surat Pernyataan Bebas dari sengketa (bermaterai).

9. Surat Pernyataan tidak keberatan dari tetangga lingkungan sekitar (bermaterai).

10. Surat Pernyataan mengenai keabsahan dan juga kebenaran dokumen Perusahaan (bermaterai).

Perlu diketahui, Jasa Perjalanan Wisata merupakan sebuah kegiatan yang sifatnya komersial, yaitu bertugas untuk mengatur, menyediakan, dan menyelenggarakan pelayanan bagi seseorang ataupun kelompok dengan maksud dan tujuan untuk berwisata. Mulai dari saat ia meninggalkan rumahnya hingga sampai ke tempat yang diinginkan sesuai dengan tujuan.

Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP) sebagai izin operasional usaha yang akan tetap berlaku hingga sepanjang usaha tersebut masih terus berjalan serta harus didaftarkan setiap bulannya.

Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP) tidak dapat dipindah-tangankan dan diubah dengan cara dan dalam bentuk apapun. Jika memang terjadi hal tersebut, maka akan mendapatkan sanksi.

Setelah mengajukan permohonan ITUP, kemudian melakukan Daftar Ulang ITUP. Jika ITUP sudah jadi, maka harus mematuhi segala kewajiban dan larangan dalam usahanya tersebut.

Nah, bagi Anda yang saat ini berencana ingin membuat Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP) dan Anda membutuhkan bantuan untuk legalitasnya, serahkan saja kepada Gapura Office atau Virtual Officeku.

Gapura Office adalah salah satu konsultan penyedia jasa perizinan dan legalitas yang terpercaya di Indonesia. Dengan proses yang cepat, kami siap membantu Anda membuatkan Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP). Semua pelayanan tersebut bisa Anda dapatkan hanya dalam satu paket Biaya Jasa Pengurusan Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP) murah.

Keunggulan dari layanan Gapura Office adalah, peizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, serta kosultasi hukum pada orang yang ahli.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera legalitaskan Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP) Anda hanya di Gapura Office. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan bisnis usaha Anda dengan cepat dan profesional.

Anda juga dapat Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha perdagangan Anda.