Blog Post

Prosedur Pengurusan Surat Izin Tempat Usaha dan Legalitasnya

Surat Izin Tempat Usaha

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP adalah surat Izin yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan usaha Perdagangan. SIUP dikeluarkan oleh instansi pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan sesuai domisili perusahaan. Surat Izin SIUP ini diperlukan untuk melaksanakan kegiatan usaha dalam bidang Perdagangan dan Jasa.

Namun, untuk mengurus SIUP dan legalitasnya bukanlah proses yang mudah. Anda perlu meluangkan waktu dan tenaga ekstra untuk mengumpulkan dokumen-dokumen hingga pengajuan dikabulkan.

Umumnya, untuk proses normal pembuatan SIUP ini membutuhkan waktu hingga 2 minggu atau 14 hari masa kerja. Adapun soal biaya, biasanya dari jenis SIUP berbeda-beda, sesuai dengan domisili yang bersangkutan.

Namun, sebelum mengurus SIUP dan legalitasnya, ada baiknya Anda mengetahui secara lengkap tentang dasar-dasar untuk melaksanakan kegiatan usaha dalam bidang Perdagangan dan Jasa serta legalitasnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007, tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), diperlukan dokumen-dokumen :

  • Fotocopy KTP pada Pendiri, minimal dua (2) orang.
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK) Penanggung Jawab/ Direktur.
  • Fotocopy NPWP Penanggung Jawab.
  • Foto Penanggung Jawab Perusahaan ukuran 3 x 4, sebanyak 2 lembar berwarna.
  • Fotocopy Lunas PBB Tahun Terahir sesuai Domisili Perusahaan.
  • Fotocopy Surat Kontak/ Sewa kantor atau bukti kepemilikan Tempat Usaha.
  • Surat Keterangan Domisili dari Pengelola Gedung jika berlokasi di gedung Perkantoran.
  • Surat Keterangan Domisili dari RT/ RW (untuk perusahaan yang berdomisili di lingkungan perumahan).
  • Foto Kantor Tapak Depan, Tapak Dalam (ruang berisi meja, kursi, dan komputer). Foto-foto ini nantinya akan digunakan untuk mempermudah survei lokasi untuk mendapatkan SIUP.

Prosedur Pengurusan Surat Izin Tempat Usaha

Adapun prosedur pembuatan Surat Izin Tempat Usaha ini adalah sebagai berikut :

  • Mengajukan Permohonan Izin Tempat Usaha kepada Camat atau Bupati, dengan melampirkan semua persyaratan administratif yang diperlukan.
  • Apabila di Kecamatan atau Kabupaten terdapat Kantor Pelayanan Perizinan Satu Atap, maka Surat Permohonan bisa ditujukan kepada Camat atau Bupati melalui Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Satu Atap.
  • Selanjutnya, petugas dari Pemerintah akan memeriksa tempat usaha Anda untuk mencocokkan semua data dengan kondisi yang ada di lapangan.

Sementara itu, persyaratan permohonan Surat Izin Tempat Usaha adalah sebagai berikut :

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Fotocopy Bukti Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Pas Foto Warna ukuran 3×4 cm sebanyak 1 (satu) lembar.
  • Akta Pendirian Usaha bagi Koperasi, CV, dan lain-lain yang memerlukan.
  • Undang-Undang Gangguan/Hinder Ordonatie (HO) bagi usaha yang memerlukan.
  • Surat Keterangan Usaha dari Lurah atau Desa.
  • Map biasa.

Demikianlah prosedur Pengurusan Surat Izin Tempat Usaha yang harus Anda ketahui. Anda bisa mengurusnya sediri untuk mendapatkan Surat Izin Tempat Usaha di atas. Jika nantinya ada ketidak cocokan atau kurang sesuai, maka petugas akan memberikan pengarahan.

  • SIUP Besar, diberikan kepada Perusahaan yang modal kekayaannya dalam Akta Pendirian di atas Rp 500.000.000.
  • SIUP Sedang, diberikan kepada Perusahaan yang modal dan kekayaannya dalam Akta Pendirian di atas Rp 200.000.000.
  • SIUP Kecil, diberikan kepada Perusahaan yang modal dan kekayaannya dalam Akta Pendirian sampai dengan Rp 200.000.000.

Jika Anda merasa kesulitan dalam pembuatan Surat Izin Tempat Usaha, atau tidak cukup waktu untuk pengurusan tersebut, Anda bisa menggunakan Biro Jasa dalam pengurusan Surat Izin Tempat Usaha ini. Biasanya, dalam pengurusan pembuatan Surat Izin Tempat Usaha, pihak Biro Jasa sudah menyediakan paket lengkap. Mulai dari jasa pengurusan SIUP, Surat Izin Tempat Usaha, dan yang lainnya.

Nah, jika Anda membutuhkan Biro Jasa untuk pembuatan Surat Izin Tempat Usaha ini, maka Anda bisa menggunakan jasa dari kami, Gapura Office atau Virtual Officeku. Dengan senang hati kami akan melayani semua keperluan Anda.

Kami adalah perusahaan terpercaya dan profesional yang sudah lama melayani pengurusan berbagai perizinan usaha, hingga pendirian perusahaan (PT, CV, maupun PMA). Layanan yang kami berikan meliputi berbagai jenis jasa perizinan yang ada di Indonesia. Mulai dari perizinan usaha, izin pribadi, pembuatan PT, CV, hingga pengurusan dokumen perusahaan.

Berdasarkan pengalaman di atas, maka kami jamin setiap pengurusan perizinan Anda akan ditangani dengan cepat, profesional, dan dengan harga yang bersahabat tentunya.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu lagi! Karena perusahaan kami sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah Indonesia dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha lainnya.

Tak hanya itu saja, kami juga memiliki sederet Notaris profesional yang siap membantu Anda mengurus segala dokumen dan perizinan dengan mudah dan cepat. Ditambah dukungan staff yang ahli dan mumpuni di bidangnya masing-masing. Tak heran bila perusahaan kami telah dikenal sebagai perusahaan Jasa Perizinan Usaha paling handal di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Kami juga menyediakan layanan sewa Virtual Office dan Coworking Space yang terdapat di beberapa lokasi di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Legalitaskan perusahaan Anda hanya di Gapura Office. Dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional bersama kami.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI. Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam pembuatan Izin Usaha.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat