Blog Post

Prosedur Untuk Mendapatkan Izin Usaha Rekreasi dan Hiburan

usaha rekreasi dan hiburan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Salah satu jenis usaha yang sedang populer saat ini adalah bisnis rekreasi dan hiburan. Seperti diketahui, ada banyak usaha rekreasi dan hiburan di berbagai daerah di Tanah Air.

Sebagai informasi, bisnis rekreasi dan hiburan ini dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah panti pijat yang menyediakan fasilitas dan layanan untuk pemijatan, dimana biasanya dilengkapi dengan jasa pelayanan minuman dan makanan.

Selain itu, bisnis hiburan juga meliputi tempat permainan biliar, permainan anak, wahana permainan ketangkasan, gelanggang renang, diskotik atau klub malam, sauna, pemandian air panas dan lain sebagainya.

Bila melihat besarnya peluang untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis rekreasi dan hiburan, maka tidak mengherankan jika banyak orang yang bertanya tentang prosedur dan persyaratan perizinan usaha rekreasi dan hiburan ini.

Namun yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah, apakah semua bisnis yang berkaitan dengan rekreasi dan hiburan memiliki harus izin usaha?

Nah, untuk lebih jelasnya, Anda harus memahami kriteria usaha apa saja yang harus memiliki izin. Sebab, ada beberapa usaha yang mendapatkan pengecualian agar tidak perlu memiliki SIUM atau bisa juga dimasukkan dalam SIUM Mikro.

Berikut ini adalah beberapa kriteria usaha yang diberikan pengecualian untuk memiliki izin usaha, di antaranya :

1. Kantor Perwakilan atau kantor Cabang.

2. Perusahaan yang melakukan suatu kegiatan usaha, tetapi tidak termasuk sektor perdagangan.

3. Perusahaan Perdangan Mikro yang masuk ke dalam kriteria usaha persekutuan atau perorangan, kegiatan usaha yang dijalankan, dikelola atau diurus oleh anggota keluarga atau pemiliknya serta memiliki kekayaan bersih maksimal Rp 50 juta tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha.

Selain memiliki SIUP, usaha rekreasi dan hiburan juga harus memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP). SIUP dan TDUP ini memang sangat bermanfaat untuk para pengusaha, agar memperoleh kepastian hukum dalam menjalankan usahanya.

Tak hanya itu saja, perizinan yang dilakukan tersebut juga bermanaat bagi para pengembang usaha agar selama beroperasinya usaha tidak mengalami ganguan apapun terkait dengan izin usaha.

Izin Usaha hiburan dan rekreasi pada dasarnya adalah izin yang dilakukan oleh pebisnis untuk membuka dan menjalankan suatu usaha yang bersifat komersial. Dimana kegiatannya adalah untuk memberikan kenyamanan dan kesegaran rohani dan jasmani kepada masyarakat.

Dasar hukum terkait dengan proses perizinan usaha rekreasi dan rohani ini termuat dalam Peraturan Daerah.

Namun, untuk bisa mendapatkan izin, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya :

  • Fotocopy KTP dari Pemohon.
  • Fotocopy HO atau Izin Gangguan.
  • Fotocopy Akta Pendirian dari perusahaan ataupun perubahannya yang telah dilegalisir.

Setelah memenuhi semua persyaratan tersebut, tentunya akan lebih mudah bagi Anda yang hendak menjalankan usaha untuk mendapatkan perizinan dari pihak terkait. Dalam hal ini, perizinan dikeluarkan oleh PTSP masing-masing daerah sesuai dengan tempat Anda menjalankan usaha.

Untuk mempermudah, berikut ini adalah prosedur yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan perizinannya.

1. Tahap pertama, pemohon bisa mengambil Formulir terkait dengan permohonan di loket PTSP daerah pengembangan usaha masing-masing.

2. Pemohon harus mengisi formulir dengan data yang sebenar-benarnya, untuk kemudian ditandatangani serta diajukan pada Bupati dan instansi pemerintah seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang telah dilampiri dengan berbagai persyaratan yang sudah ditentukan saat Anda mengambil formulir di loket pendaftaran.

3. Kemudian sekretariat KPP akan meneliti lalu meregister dan membuat surat pengantar yang ditujukan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

4. Tahap selanjutnya adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan menerima lalu meneliti berkas permohonan, cek lokasi, dan terakhir menyiapkan surat jawabannya.

5. Terakhir, pemohon tinggal mengambil Surat Izin di loket pengambilan.

Untuk mendapatkan izin usaha rekreasi dan hiburan ini, sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus menggunakan Biro Jasa Perizinan. Hanya saja, mungkin bagi sebagian orang akan terasa sulit jika belum terbiasa berhadapan dengan birokrasi. Oleh karena itu, keberadaan sebuah Biro Jasa Perizinan di sini sangatlah membantu.

Gapura Office atau Virtual Officeku hadir untuk Anda, membantu berbagai jenis perizinan di Jakarta dan sekitarnya. Kami merupakan Biro Jasa Perizinan yang sudah berpengalaman.

Mengurus Izin Usaha lewat Biro Jasa Gapura Office, tentu saja Anda tidak perlu repot-repot lagi pergi ke Dinas terkait untuk melakukan pengurusan Izin. Selain itu, Biro Jasa kami juga akan memberikan jasa penjemputan Dokumen bagi Anda yang sibuk dengan usaha yang sedang Anda jalankan ini.

Biro Jasa kami tentu saja akan membuat Anda bisa memperoleh sebuah Izin tanpa perlu Anda merasa repot dengan semua proses yang harus Anda jalankan. Dengan memilih Biro Jasa kami, Anda hanya perlu mempersiapkan dokumen-dokumen yang Anda perlukan saja.

Nah, dengan alasan itulah mengapa Anda wajib memilih Biro Jasa Perizinan Gapura Office sebagai salah satu solusi paling jitu bagi Anda yang sedang membutuhkan Surat Legalitas.

Kami adalah pilihan tepat untuk Anda bagi yang ingin mempermudah perizinan usaha di Jakarta dan sekitarnya. Kami juga salah satu jasa pembuatan perizinan usaha terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, pengurusan SIUP dan TDP, hingga pengurusan Akta Notaris dan surat-surat lainnya.

Tentunya dengan menggunakan Biro Jasa kami, akan membantu Anda untuk mendapatkan legalitas perizinan usaha yang Anda perlukan. Selain itu, Biro Jasa kami juga merupakan Biro Jasa yang akan membuat Anda bisa mendapatkan banyak kemudahan saat Anda ingin mengurus perizinan.

Biro Jasa kami hanya membutuhkan dokumen-dokumen penting untuk memperoleh Izin, tanpa perlu Anda merasa repot ke sana kemari untuk mengurusnya. Jadi, Biro Jasa Gapura Office akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan Izin.

Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan layanan sewa Virtual Office dan Coworking Space yang terdapat di beberapa lokasi di Jakarta dan sekitarnya, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Hubungi Kami, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda.