Blog Post

Punya Usaha UMKM, Apakah Harus Membayar Pajak?

Usaha UMKM

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita perlu membayar pajak. Tak hanya pribadi, perusahaan atau badan usaha pun wajib membayar pajak. Sebab, berdasarkan Undang-Undang nomor 6 tahun 1983, bahwa pajak merupakan kontribusi wajib ke negara yang terhutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa.

Lalu, bagaimana dengan jenis usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)?

Nah, sebagai bentuk dari badan usaha, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga wajib untuk membayar pajak. Berdasarkan Undang-Undang nomor 36 tahun 2008, tentang Pajak Penghasilan (PPh), bahwa setiap orang yang memiliki warisan belum terbagi dan bentuk usaha, maka tetap terkena PPh.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang Anda miliki, sebelumnya juga perlu didaftarkan terlebih dahulu ke Kantor Pelayanan Pajak untuk mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Nah, pada Surat Keterangan Terdaftar (SKT) inilah disebutkan tentang pajak apa saja yang akan dikenakan dan yang harus Anda bayar.

Pajak yang akan dikenakan tergantung dari jenis bisnis, omzet, serta transaksi UMKM selama setahun. Adapun PPh yang dikenakanan antara lain :

  • PPh Pasal 15, 19, 22, 23 (transaksi pembelian jasa), 26, dan 29.
  • PPh Pasal 21, untuk penghasilan karyawan.
  • PPh Pasal 4 ayat 2 yang biasa disebut PPh Final atau PPh UMKM.

PPh Final/ UMKM

Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 46 tahun 2013, PPh Final merupakan pajak atas omzet usaha. Nah, PPh UMKM ini berlaku untuk Wajib Pajak yang memiliki penghasilan bruto di bawah Rp 4,8 Miliyar selama setahun, dan menggaji karyawan kurang dari Rp 32 juta per tahun. Sedangkan untuk tarif pajak untuk UMKM, sejak 2018 hingga sekarang, maka dikenakan sebesar 0,5 persen.

Sebagaimana dikutip dari laman Pajak.go.id, tarif Pajak UMKM ini dipicu oleh fakta bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian negara. Untuk itu, pajak ini sekaligus mengurangi beban Pajak UMKM dan diharapkan dapat lebih mampu mengembangkan usahanya.

Adapun cara menghitung Pajak UMKM cukup mudah, Anda hanya cukup mengkalikan penghasilan bruto setiap bulannya dengan tarif pajak sebesar 0,5 persen.

Untuk mempermudah pencatatan keuangan, Anda bisa langsung menghitung pajak dari penghasilan bruto UMKM yang Anda miliki setiap bulannya. Anda bisa menyetor langsung menggunakan kode billing melalui ATM/EDC, bank persepsi, pos, maupun internet/mobile banking.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cara dipotong atau dipungut. Namun, sebelumnya Anda harus mengajukan permohonan terlebih dahulu ke KPP untuk mendapatkan Surat Keterangan.

Mengurus Izin Usaha Untuk UMKM

Bila saat ini Anda berniat ingin terjun ke dunia Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah memiliki jenis izin SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan). Dan untuk mengurus SIUP ini, Anda bisa melakukannya sendiri atau bisa diwakilkan orang lain (Biro Jasa) bila memang tidak memiliki waktu yang cukup.

Nah, bagi Anda yang saat ini berencana ingin membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), dan Anda membutuhkan bantuan untuk legalitasnya, maka Anda bisa menyerahkannya pada Gapura Office atau Virtual Officeku.

Kami adalah salah satu konsultan penyedia jasa perizinan dan legalitas yang terpercaya di Indonesia. Dengan proses yang cepat, kami siap membantu Anda membuatkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Keunggulan dari layanan yang kami tawarkan adalah, peizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, dan kosultasi hukum pada orang yang ahli.

Semua pelayanan tersebut bisa Anda dapatkan hanya dalam satu paket biaya Jasa Pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), yang hanya Rp 1 Jutaan saja. Sangat terjangkau, bukan?

Segera legalitaskan bisnis usaha Anda hanya di Virtual Officeku, dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan bisnis usaha Anda dengan cepat dan profesional. Caranya? Silahkan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha perdagangan Anda.

Ingat, persiapkan segala persyaratan dalam membuat SIUP agar pengurusan bisa berjalan dengan lancar dan mudah. Daftarkan usaha Anda dan jadilah pengusaha yang sukses suatu saat nanti.

So, start your business right bersama Gapura Office!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat