Blog Post

Sanksi Jika Tidak Memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

Izin Mendirikan Bangunan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Izin Mendirikan Bangunan, atau yang biasa dikenal dengan singkatan IMB, merupakan perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan yang ingin membangun bangunan baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan salah satu produk hukum untuk mewujudkan tatanan tertentu, sehingga tercipta ketertiban, keamanan, keselamatan, kenyamanan, sekaligus kepastian hukum.

Kewajiban setiap orang atau badan yang ingin mendirikan bangunan untuk memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sendiri telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda).

Secara singkat, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) ini dibutuhkan dan sangat bermanfaat untuk beberapa hal, di antaranya :

  • Bangunan mendapatkan kepastian dan perlindungan hukum.
  • Meningkatkan nilai jual bangunan atau rumah.
  • Dapat dijadikan sebagai jaminan atau agunan.
  • Syarat berkas untuk transaksi jual beli dan sewa menyewa rumah.

Sanksi Jika Tidak Memiliki IMB

Sayangnya, sebagian masyarakat masih ada yang beranggapan bahwa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tidaklah terlalu penting. Padahal dengan membangun atau merenovasi bangunan tanpa mengurus IMB dapat dikenakan sanksi yang cukup memberatkan.

Sanksi tersebut dapat berupa sanksi administratif maupun sanksi penghentian bangun atau renovasi sementara, sampai dengan diperolehnya IMB.

Merujuk pada Pasal 115 Ayat 2 Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2005, bahwa setiap pemilik bangunan yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) maka dapat dikenakan sanksi perintah pembongkaran bangunan.

Jadi, jangan sampai kemalasan Anda mengakibatkan masalah hukum di masa depan.

Pengurusan IMB Renovasi Rumah

Tidak hanya untuk membangun rumah saja, proyek renovasi rumah juga harus mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Namun, tidak semua aktivitas renovasi rumah memerlukan IMB ini, karena Anda dapat mengkonsultasikan proyek renovasi rumah Anda terlebih dahulu dengan Konsultan IMB atau Biro Jasa Pengurusan IMB.

Berikut beberapa jenis renovasi yang memerlukan pengurusan IMB :

  • Memperluas rumah, menambah lantai, dan merancang bangunan baru.
  • Mengubah fasad (tampak muka atau tampak depan) rumah.

Adapun renovasi rumah yang tidak memerlukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Pekerjaan yang termasuk dalam kategori pemeliharaan dan perawatan bangunan yang bersifat biasa. Misalnya, melakukan pengecatan ulang dinding rumah, mengganti lantai, atau memperbaiki atap rumah yang bocor.
  • Mendirikan bangunan di halaman belakang yang luasnya tidak lebih dari 12 M2.
  • Membangun bangunan atau ruangan di bawah tanah.

Pengurusan IMB Bangunan Lama atau Bangunan Yang Telah Ditempati

Pengurusan IMB untuk bangunan lama atau bangunan yang telah ditempati telah diatur oleh Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2008 Pasal 48 Ayat 3, yang berbunyi :

Bangunan gedung yang telah berdiri, tetapi belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan pada saat Undang-Undang ini diberlakukan, untuk memperoleh Izin Mendirikan Bangunan harus mendapatkan sertifikat layak fungsi berdasarkan ketentuan Undang-Undang ini. Pengkajian kelayakan bangunan dilakukan oleh pengkaji teknis Pemerintah Daerah secara bertahap sesuai dengan kondisi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat.”

Berdasarkan Undang-Undang di atas, maka Anda wajib mengurus IMB untuk bangunan yang sudah berdiri lama, selagi kondisi bangunannya masih layak dan berada di lingkungan pemukiman penduduk.

Untuk membuktikan kelayakan kondisi bangunan, diperlukan sertifikat layak fungsi yang harus diserahkan ketika mengajukan pembuatan IMB bangunan lama.

Selain itu, prosedur dan dokumen yang dibutuhkan untuk mengurus IMB bangunan lama dan bangunan yang telah ditempati sama persis dengan tata cara membuat IMB baru.

Biaya Mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Perhitungan biaya IMB (Izin Mendirikan Bangunan) memperhatikan beberapa poin, yaitu :

  •   Luas bangunan.
  •   Indeks Konstruksi.
  •   Indeks fungsi.
  •   Indeks lokasi.
  •   Tarif dasar.

Indeks fungsi di atas digunakan untuk membedakan fungsi bangunan, apakah untuk hunian, usaha, atau keagamaan. Karena setiap fungsi pasti memiliki indeksnya tersendiri.

Nah, untuk menghitung berapa biaya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah Bangunan Baru, ada rumus yang digunakan. Rumusnya yaitu, tarif dasar masing-masing daerah X indeks fungsi X indeks lokasi X indeks Konstruksi X luas bangunan.

Sebagai gambaran, tarif dasar pembuatan IMB saat ini sekitar Rp 2.500 per meter persegi dan dihitung berdasarkan luas rumah tersebut.

GAPURA, Biro Jasa Izin Pengurusan IMB Jakarta Tangerang Bekasi

Kami menyadari betapa pentingnya kepercayaan dari pelanggan. Untuk itulah kami sudah mendaftarkan diri sebagai perusahaan Jasa Konsultan dan Perizinan berbadan hukum, demi menjaga kepercayaan pelanggan kami.

Nah, untuk memuaskan pelanggan, maka kami pun bekerjasama dengan instansi terkait termasuk penyedia jasa gambar Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang telah berpengalaman dan telah melewati proses verifikasi yang ketat.

Anda juga tidak perlu lagi repot mengurus berkas yang dibutuhkan atau menginvestasikan banyak waktu untuk bolak-balik mengurus perizinan. Sebab, konsultan IMB kami akan membantu keseluruhan proses tersebut untuk Anda.

Jadi, daripada terus menunda-nunda pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), maka kami dari Gapura Office atau Virtual Officeku siap membantu Anda. Kami adalah Biro Jasa Pengurusan IMB yang terpercaya dan profesional.

Ada banyak alasan mengapa Anda harus memilih Biro Jasa kami. Berikut ini adalah beberapa di antaranya :

  • Terjamin keasliannya.
  • Transparan.
  • Memiliki tenaga ahli yang profesional dan berpengalaman di bidangnya.
  • Sudah melayani 1000 lebih perusahaan dari berbagai jenis usaha.
  • Pekerjaan cepat selesai.
  • Harga yang terjangkau.

Selain alasan di atas, masih ada banyak alasan lain yang membuat Biro Jasa kami banyak dipercayai oleh masyarakat. Sehingga tidak mengherankan mengapa Biro Jasa kami selalu dicari oleh banyak pengusaha dari berbagai kalangan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera urus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Anda hanya di Gapura Office. Kami merupakan Biro Jasa Pembuatan IMB Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, yang sudah berpengalaman sejak lama, sebagai salah satu solusi yang paling jitu bagi Anda yang sedang membutuhkan surat legalitas untuk usaha Anda.

Kami adalah pilihan tepat untuk Anda bagi yang ingin mempermudah perizinan usaha. Kami juga salah satu jasa pembuatan perizinan usaha terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, pengurusan SIUP, hingga pengurusan Akta Notaris dan surat-surat lainnya.

Jadi, konsultasikan segera kebutuhan dan keinginan Anda pada kami. Jika Anda ingin mengurus surat izin lainnya seperti pengurusan SIUP, SIUJK, TDP, TDG, atau TDI, kami siap membantu Anda.

Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan layanan sewa Virtual Office dan Coworking Space yang terdapat di beberapa lokasi di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan Izin Usaha.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat