Blog Post

Sanksi Jika Usaha Restoran Tidak Memiliki TDUP

Usaha Restoran

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Mendirikan bisnis Restoran tidak bisa sembarangan. Pemilik Restoran harus memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata atau TDUP. Jika tidak, maka pemilik Restoran akan terancam sanksi pembatasan kegiatan usaha berupa penyegelan.

Berdasarkan Pasal 38 Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pendaftaran Usaha Pariwisata (Permenpar DUP), menyatakan bahwa Restoran yang tidak memiliki TDUP maka dikenakan sanksi pembatasan kegiatan usaha atau penyegelan. Hal itu karena Restoran tersebut tanpa TDUP dan tidak memiliki persyaratan adminstratif lengkap.

Usaha atau bisnis Restoran sendiri masuk dalam kriteria usaha Pariwisata. Hal ini berdasarkan Pasal 14 ayat (1) huruf e Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan (UU Kepariwisataan), dimana usaha Pariwisata meliputi jasa makanan dan minuman.

Sedangkan pada Pasal 10 huruf a Permenpar DUP menyatakan bahwa untuk bidang usaha jasa makanan dan minuman ini meliputi jenis usaha Restoran.

Sementara pada Pasal 4 Permenpar DUP mengatur setiap pengusaha Pariwisata dalam menyelenggarakan usaha Pariwisata maka wajib melakukan pendaftaran usaha Pariwisata. Pengusaha Pariwisata ini bisa berbentuk, yaiyu :

  • Perseorangan.
  • Badan usaha atau badan usaha berbadan hukum.

Untuk perseorangan, haruslah merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Sedangkan untuk badan usaha atau badan usaha berbadan hukum, maka harus berkedudukan di Indonesia.

Dengan demikian, untuk dapat beroperasi maka usaha Restoran ini harus mendapatkan TDUP. Sebab, TDUP merupakan dokumen resmi yang diberikan kepada pengusaha Pariwisata untuk dapat menyelenggarakan usaha Pariwisata.

Secara umum, terdapat tiga tahap pendaftaran usaha Pariwisata. Menurut Pasal 19 Permenpar DUP, tahap-tahap tersebut mencakup, yaitu :

  • Permohonan pendaftaran.
  • Pemeriksaan berkas permohonan.
  • Penerbitan TDUP.

Seluruh tahapan tersebut diselenggarakan tanpa biaya, sehingga jika pemilik Restoran tidak mendaftarkan usahanya maka akan dapat dikenai sanksi.

Sanksi tersebut berupa sanksi teguran tertulis pertama sampai teguran tertulis ketiga. Kemudian dalam jangka waktu tiga (3) hari kerja maka akan dikenakan sanksi pembatasan kegiatan usaha.

Sanksi pembatasan kegiatan usaha ini juga akan diberikan kepada pelaku usaha Pariwisata yang tidak menyelenggarakan kegiatan usaha secara terus menerus untuk jangka waktu enam (6) bulan atau lebih.

Nah, jika Anda tidak ingin usaha Restoran milik Anda ditutup atau disegel, dan Anda ingin mengurus legalitas usaha Restoran atau Anda membutuhkan konsultasi hukum, maka Anda dapat konsultasikan langsung dengan kami, Gapura Office atau Virtual Officeku.

Jadi, jika Anda mengalami kesulitan untuk mengurus pendirian usaha Restoran, dapat langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk solusi terbaik yang legal dan tepat. Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan perizinan usaha Restoran.

Proses akan dilakukan dengan cepat dan efisien oleh staff profesional milik kami, agar Anda dapat dengan segera memiliki jasa di bidang kuliner yang kredibel dan valid. Karena kami didukung dengan tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional. Kami akan membantu Anda untuk mendirikan usaha Restoran dengan mudah.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu! Karena kami sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami sebagai partner dalam pembuatan atau mengurus Izin Usaha lainnya.

Apapun yang ingin Anda urus, jangan ragu untuk menggunakan jasa dari Gapura Office. Kami siap membantu berbagai pengurusan Izin Usaha yang Anda butuhkan.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini adalah beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT MENENGAH / SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP     Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan     Rp 7.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan )     Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN     Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM     Rp 2.500.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak )     Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN     Rp 1.000.000
14 SBU ( Sertifikat Badan Usaha )     Rp 12.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan )     Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan )     Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha )     Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata )     Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi )     Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor )     Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri )     Rp 12.000.000
22 Izin Klinik     Rp 30.000.000
23 Izin Apotek     Rp 12.000.000
24 Sertifikat Produksi Alat Kesehatan     Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan     Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes     Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga)     Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus )     Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan )     Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang )     Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk )     Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition )     Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan )     Rp 24.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik )     Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI     Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian )     Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia )     Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia )     Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies )     Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK     Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK     Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Kami menyediakan Konsultasi GRATIS bagi orang-orang yang ingin mengurus perizinan usaha menggunakan jasa kami. Dengan konsultasi ini, diharapkan dapat membantu Anda yang ingin menggunakan jasa kami.

Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena perusahaan kami adalah Biro Jasa Perizinan Usaha yang terpercaya dan profesional yang berada di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>