Blog Post

Buka Usaha? Pilih Sewa Perkantoran atau Sewa Virtual Office?

Dalam melakukan bisnis tentu sebuah perusahaan memerlukan sebuah tempat untuk melakukan operasional usaha perusahaan tersebut. Tanpa adanya kantor perusahaan proses operasional perusahaan akan terhambat. Pentingnya kantor membuat banyak penyedia persewaan perkantoran di kota-kota besar di Indonesia. Dengan adanya kantor akan membantu proses bisnis sebuah perusahaan untuk menjadi lebih efektif.

Membuka usaha dengan budget terbatas

Banyak diantara kita beranggapan tanpa modal yang kuat atau besar, maka bisnis tersebut tidak akan bisa mulai. Modal memang menjadi salah satu faktor penting dalam menjalankan sebuah bisnis namun bukan berarti modal adalah faktor penentu. Seorang pebisnis dapat memulai membuka usaha dengan berapapun modal yang dimilikinya.

Yang perlu dilakukan adalah melakukan dan menggunakan modal yang terbatas untuk prioritas kantor yang sesuai dengan kebutuhan usaha tersebut. Dengan adanya urutan prioritas yang harus dilakukan sebagai pelaku usaha pebisnis tersebut dapat mengeleminasi mana kebutuhan yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Masalahnya jika ada seseorang pebisnis atau peggiat startup yang ingin memulai usahanya dengan modal sebesar Rp. 10juta kebutuhan pertama bagi pebisnis tersebut adalah menjalankan proses operasional terlebih dahulu. Mengapa? Karena dengan adanya proses operasional pebisnis dapat mulai melakukan penjualan dan mendapatkan keuntungan yang diputarkan kembali pada usaha tersebut.

Asumsikan jika pebisnis tersebut membutuhkan kantor sebagai alamat resmi perusahaan serta menjalankan proses operasional perusahaan maka dari itu pebisnis tersebut membutuhkan modal puluhan juta hingga milyaran rupiah per tahun untuk hanya menyewa sebuah kantor. Tujuan target awal pebisnis yang membuka usaha tersebut dapat hilang seketika saat melihat kebutuhan pertama yang dibutuhkan memiliki nilai fantastis yang mustahil dicapai oleh seorang pebisnis dengan modal terbatas.

Maka dari itu ada banyak solusi yang ditawarkan untuk menjawab kebutuhan pebisnis tersebut, pebisnis tersebut dapat mulai menyewa sebuah virtual office atau co-working space yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan tempat usaha tersebut namun juga tidak menguras modal.

Bagaimana sewa virtual office dapat menghemat budget anda

Adanya pilihan bagi pebisnis di era saat ini terkait memilih tempat operasional perusahaan akan berjalan menjadikan pebisnis lebih mudah dalam memulai sebuah bisnis dari kecil dengan modal terbatas. Bagaimana sewa virtual office dapat membantu sebuah bisnis menghemat modal yang dimiliki?

Perbandingan Sewa Kantor
Konvensional Virtual Office
Rp 250 juta/ tahun Rp 2 juta/ tahun
 = 125% penghematan

Karena virtual office mengutamakan efektifitas dan efisiensi dimana virtual office akan memangkas biaya-biaya tidak penting pada pembentukan kantor atau perkantoran seperti spaceyang tidak terpakai karena skala bisnis masih terlalu kecil. Maka dari itu jika diasumsikan sebuah perbandingan dalam pebisnis tersebut menyewa sebuah perkantoran konvensional senilai Rp. 250 juta setahun dan sewa virtual office senilai Rp. 2 juta setahun maka nilai pengehematan pebisnis tersebut mencapai 125%. Dimana pada awal berdiri sebuah bisnis efektifitas dan efisiensi dituntut menjadi salah satu faktor penting dalam keberlangsungan bisnis tersebut.

Bagaimana mendapatkan virtual office yang cocok untuk usaha anda

Agar mendapat virtual office yang cocok dan sesuai dengan usaha, sebaiknya dilihat kembali apa saja keuntungan yang didapatkan dari penyewaan virtual office tersebut. Terutama keuntungan-keuntungan yang membantu proses operasional bisnis atau perusahaan kita, seperti :

  • Free wifi dan kebutuhan lain seperti listrik dan air.
  • Tempat nyaman dan kondusif
  • Terdapat alamat jelas untuk melakukan surat menyurat
  • Ruang meeting
  • Tempat parkir
  • Security
  • Alamat kantor mudah dicari
  • dan berbagai keuntungan lain yang dapat membantu proses bisnis kita.

Selain itu sesuai kebutuhan usaha jangan terlalu berlebih dalam menyewa sebuah virtual office, dengan begitu tidak ada biaya-biaya tidak efketif yang dikeluarkan karena alokasi modal dapat digunakan dengan baik.

Pilihan virtual office yang kami berikan

Untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha dan pebisnis dengan modal terbatas namun membutuhkan kantor untuk menjalankan proses operasional bisnis maka kami VirtualOfficeKu menyediakan berbagai layanan penyediaan virtual office di daerah Jakarta Barat dan Tangerang, anda dapat memilih layanan kantor yang kami sediakan sesuai dengan kebutuhan usaha anda mulai dari Rp. 2 juta per tahun hingga Rp. 60 juta per tahun.

Dengan harga yang sesuai dengan kebutuhan, anda dapat menjalankan usaha bisnis anda sesuai dengan kapasitasnya dan lebih efektif serta efisien.