Blog Post

Syarat Administrasi Mengurus Izin Anggota Kadin

Anggota Kadin

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia adalah sebuah organisasi yang merupakan payung untuk dunia usaha di Tanah Air. Kadin Indonesia merupakan satu-satunya organisasi yang mewadahi seluruh pengusaha yang berada di Indonesia, dan merupakan landasan operasional dari kegiatan yang ada di bawah pedoman pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Kadin. Hal ini pun telah disahkan dengan adanya Keputusan Presiden RI, yaitu Kepres Nomor 17 Tahun 2010.

Karena merupakan wadah dari para pengusaha yang ada di Indonesia, maka diharapkan Kadin dapat membantu untuk membangun perekonomian di Indonesia untuk mewujudkan adanya kehidupan ekonomi yang sehat, berdasarkan Pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945.

Kadin Indonesia memiliki anggota yang merupakan pengusaha Indonesia, perseorangan, persekutuan, atau juga Badan Hukum, yang berusaha untuk mendirikan dan menjalankan usaha mereka secara terus menerus.

Anggota lain yang tergabung adalah Organisasi Perusahaan (OP), dimana anggotanya terbuka untuk Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Koperasi, Badan Usaha Swasta, Badan Usaha Milik Daerah, dan Organisasi Pengusaha. Keseluruhannya itu didirikan dengan dasar ketentuan pada peratuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Nah, jika Anda merupakan salah seorang pengusaha yang sedang menjalankan sebuah usaha yang cukup besar, maka sebaiknya Anda ikut bergabung menjadi anggota Kadin. Sebab, dengan menjadi anggota Kadin, maka akan ada lebih banyak kesempatan yang bisa Anda dapatkan. Namun, bila Anda ingin menjadi anggota Kadin, maka ada baiknya Anda mengurus izinnya terlebih dahulu.

Kadin sendiri membuat layanan online dengan website yang mereka miliki. Dengan begitu, masyarakat Indonesia secara luas lebih mudah dalam mengakses dan mendapatkan informasi.

Terdapat beberapa jenis anggota yang bisa Anda daftar, di antaranya :

1. Anggota Biasa (AB), yaitu Anggota Kamar Dagang serta Industri dengan status keanggotaannya adalah penuh. Dimana seseorang memiliki hak serta kewajiban sebagai seorang anggota biasa yang terdiri dari pengusaha serta perusahaan.

2. Anggota Tercatat (AT), yaitu anggota Kadin yang statusnya adalah tercatat. Namun mereka belum memiliki hak serta kewajiban seperti anggota biasa. Anggota Tercatat ini terdiri dari pengusaha atau juga perusahaan.

3. Anggota Luar Biasa (ALB), yaitu anggota Kadin yang bentuknya adalah Organisasi Perusahaan atau Organisasi Pengusaha.

4. Anggota Luar Biasa Tercatat (ALBT), yaitu merupakan Organisasi Perusahaan serta Organisasi Pengusaha yang belum memenuhi syarat untuk menjadi ALB.

Syarat-Syarat Pengurusan Kadin

Anda bisa memilih salah satu dari keanggotaan di atas. Hanya saja, untuk bisa menjadi anggota, maka terlebih dahulu harus memiliki izin dari Kadin. Dan untuk mendapatkan izinnya, berikut ini adalah syarat administrasi yang harus dipenuhi :

1. Fotocopy Akta Pendirian Perusahaan serta Perubahan yang disertakan dengan SK Kehakiman.

2. Fotocopy KTP Direktur Perusahaan.

3. Fotocopy Surat NPWP Perusahaan.

4. Fotocopy SIUP serta TDP.

5. Fotocopy Laporan Keuangan, dimana telah disahkan oleh Pimpinan Perusahaan.

6. Fotocopy Laporan Pajak Bulanan dan Tahunan.

7. Pas photo berwarna dengan ukuran 3×4 sebanyak tiga lembar.

Setelah memenuhi syarat di atas, maka Anda dapat mendaftarkan diri sebagai anggota Kadin. Jika Anda masih bingung pada persyaratan atau prosedur yang harus dilakukan, maka sebaiknya Anda melihat kembali website dari Kadin, atau Anda juga bisa mendatangi kantor Kadin yang ada di daerah Anda.

Selain itu, untuk memiliki izin dari Kadin, solusinya juga bisa diserahkan ke Biro Jasa Pengurusan Izin Usaha yang sudah banyak dan bisa digunakan jasanya. Untuk itu, agar pengurusan izin dari Kadin ini tidak rumit, maka Anda bisa menyerahkan semua prosesnya pada Biro Jasa Pengurusan Izin dari Kadin pada Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami adalah ahlinya.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan ketika menggunakan Biro Jasa kami. Salah satunya adalah Anda tidak akan dipusingkan lagi dalam mengikuti semua prosedur yang ada. Anda hanya tinggal menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk mengurus Izin dari Kadin tersebut.

Silahkan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam mengurus izin anggota Kadin.