Blog Post

Syarat Administrasi Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mendirikan Koperasi

Mendirikan Koperasi

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata Koperasi. Karena memang sampai sekarang ini telah banyak orang yang bergabung dan menjadi anggota di salah satu koperasi tertentu. Namun, apakah Anda sudah tahu apa pengertian dari Koperasi?

Nah, Koperasi merupakan salah satu badan usaha yang terdiri dari beberapa anggota, baik itu perseorangan maupun badan hukum Koperasi yang didirikan dengan melandaskan berbagai macam kegiatan yang telah didasarkan atas prinsip Koperasi sekaligus berperan sebagai gerakan ekonomi dalam suatu rakyat berdasarkan oleh suatu asas kekeluargaan.

Salah satu dasar hukum yang mengatur tentang Koperasi ini adalah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992. Dengan adanya dasar hukum tersebut, maka kegiatan yang berlangsung dalam Koperasi tidak sembarangan dilakukan. Hal ini karena memang pada dasarnya sudah diatur sendiri dalam dasar hukum.

Selain itu, jika Anda berniat ingin membuka atau mendirikan Koperasi, maka Anda harus meminta Izin Mendirikan Koperasi kepada lembaga tertentu.

Namun, bagaimana prosedur serta persyaratan yang harus dipersiapkan untuk Izin Mendirikan Koperasi ini?

Nah, jika Anda belum mengetahuinya, jangan merasa khawatir! Karena pada artikel kali ini akan dibahas beberapa syarat administrasi serta prosedur yang bisa dilakukan untuk Izin Mendirikan Koperasi.

Adapun syarat administrasi yang harus dipersiapkan untuk mendirikan Koperasi di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Terdiri dari anggota sekurang-kurangnya minimal 20 orang untuk membuka Koperasi Primer. Sedangkan untuk Koperasi Sekunder sekurang-kurangnya minimal terdiri dari 3 orang anggota. Koperasi Primer adalah Koperasi yang dapat didirikan oleh/serta beranggotakan orang per orang. Sedangkan yang dimaksud dengan Koperasi Sekunder adalah Koperasi yang dapat didirikan oleh/serta beranggotakan terdiri dari koperasi-koperasi.

2. Memiliki tempat kedudukan yang berada di wilayah Indonesia.

3. Memiliki Anggaran Dasar (AD) Koperasi sekurang-kurangnya berupa :

  • Daftar nama Pendiri Koperasi.
  • Nama serta tempat kedudukan Koperasi.
  • Maksud serta tujuan didirikannya Koperasi dan bidang usaha.
  • Ketentuan keanggotaan.
  • Ketentuan mengenai prosedur rapat anggota.
  • Ketentuan pengelolaan.
  • Ketentuan permodalan.
  • Ketentuan jangka waktu berdirinya Koperasi.
  • Ketentuan tentang bagi sisa Hasil Usaha Koperasi.
  • Ketentuan tentang sanksi.
  • Fotocopy AD/ART Koperasi.
  • Berita acara mengenai Rapat Pembentukan Koperasi.
  • Daftar hadir rapat pembentukan.
  • Susunan pengurus Koperasi.
  • Fotocopy KTP para pengurus Koperasi.
  • Surat bukti mengenai modal yang memiliki jumlah sekurang-kurangnya minimal sebesar simpanan wajib yang dapat dilunasi oleh Pendiri Koperasi.
  • Rencana kegiatan Koperasi dalam waktu 3 tahun ke depan.
  • Surat Keterangan Domisili yang dibuat oleh Kelurahan.
  • NPWP Koperasi.

Itulah beberapa persyaratan administrasi yang wajib dipenuhi pada saat Anda ingin mendirikan Koperasi. Selain mempersiapkan beberapa syarat administrasi seperti di atas, Anda juga harus menjalani beberapa prosedur-prosedur di bawah ini :

1. Anggota yang sebelumnya sudah terkumpul serta memenuhi syarat jumlah minimal yang telah ditentukan harus melakukan rapat untuk proses pembentukan mengenai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) Koperasi.

2. Koperasi yang ternyata apabila tidak disahkan sebagai salah satu badan hukum bisa menjalankan segala kegiatannya dengan memiliki status Koperasi tercatat.

3. Jika Koperasi tersebut ingin dijadikan sebagai salah satu koperasi berbadan hukum, maka harus mendaftarkan Akta Pendirian Koperasi tersebut kepada Notaris dengan cara melampirkan persyaratan administrasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Seperti itulah beberapa prosedur dan persyaratan administrasi yang diperlukan apabila Anda ingin mendirikan Koperasi.

Nah, salah satu Biro Jasa Perizinan yang dapat memberikan layanan dalam membuat Surat Izin Mendirikan Koperasi adalah Biro Jasa Perizinan Gapura Office atau Virtual Officeku. Sesuai dengan ketentuan dari pemerintah, Biro Jasa Perizinan kami dijalankan sesuai dengan Undang-Undang.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan ketika menggunakan Biro Jasa kami. Salah satunya adalah Anda tidak akan dipusingkan lagi dalam mengikuti semua prosedur yang ada. Anda hanya tinggal menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk mengurus Permohonan Izin Usaha Koperasi.

Kami juga merupakan salah satu jasa pembuatan perizinan usaha terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, pengurusan SIUP dan TDP, hingga pengurusan Akta Notaris dan surat-surat lainnya.

Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan layanan sewa Virtual Office dan Coworking Space yang terdapat di beberapa lokasi di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Silahkan hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi tentang legalitas dan juga promo-promo dari kami dan juga untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami juga siap untuk membantu Anda dalam mendapatkan perizinan usaha.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat