Blog Post

Syarat Membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU) atau Izin Lokasi

Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Apakah saat ini Anda sedang berencana untuk melakukan pengurusan pembuatan Surat Izin Tempat Usaha? Apakah Anda sudah mengetahui cara, syarat, dan prosedur dalam pengurusannya? Jika belum, apakah Anda ingin mengetahui lebih jelas mengenai bagaimana prosedur pembuatan Surat Izin Tempat Usaha yang akan Anda urus?

Nah, pada artikel kali ini kami akan sedikit menjelaskan tentang Surat Izin Tempat Usaha (SITU) untuk memudahkan Anda. Kami akan berbagi informasi mengenai syarat-syarat apa saja yang diperlukan untuk pengurusan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) ini.

Namun, sebelum Anda mengetahui tentang bagaimana prosedur pengurusan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) tersebut, ada baiknya bila Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa Surat Izin Tempat Usaha (SITU) merupakan surat izin yang sangat diperlukan. Terutama bagi Anda yang ingin mendirikan tempat usaha yang akan dijalankan secara teratur dalam suatu bidang tertentu dengan maksud mencari keuntungan.

Dengan adanya Surat Izin Tempat Usaha (SITU) ini, tentu saja sangat penting. Karena digunakan untuk mengurus dokumen-dokumen perusahaan lainnya dalam rangka pendirian.

Di samping itu pula, Surat Izin Tempat Usaha (SITU) juga berfungsi sebagai dokumen legalisasi yang menunjukan bahwa tempat atau lokasi yang Anda gunakan sebagai tempat usaha benar-benar telah mendapatkan izin untuk berdiri sebagai tempat usaha.

Lalu, apa saja syarat-syarat dalam membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU)?

Syarat Membuat Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Berdasarkan informasi yang berlaku saat ini, bagi Anda yang akan mengurus Surat Izin Tempat Usaha (SITU), maka Anda perlu mengumpulkan berbagai dokumen seperti berikut ini.

  • Surat Permohonan yang bersangkutan.
  • Surat Keterangan Rekomendasi Kepala Desa/ Lurah.
  • Rekomendasi Camat.
  • Surat Izin Gangguan (HO).
  • Denah Situasi/ Sketsa Lokasi.
  • Berita Acara Pemeriksaan Lokasi.
  • Fotocopy Setoran Retribusi Izin Gangguan (HO).
  • Fotocopy Pajak Reklame.
  • Fotocopy Lunas PBB.
  • Surat Keterangan Fiskal Daerah (Dispenda).
  • Akta Sertifikat Tanah, Surat Bukti Pemilik.
  • Surat Kuasa/ Sewa Bangunan/ Kontrak.
  • Akta Pendirian Perusahaan.
  • Rekomendasi dari instansi teknis yang berhubungan dengan bidang usaha.
  • Fotocopy IMB.
  • Fotocopy KTP yang dilegalisir dari Camat.
  • Pas foto 4 lembar ukuran 2 x 3 cm (warna).

Namun sebelumnya perlu diketahui, bahwa di masing-masing Daerah memiliki Peraturan Daerah (Perda) yang berbeda-beda, sehingga tiap Daerah memiliki persyaratan tersendiri.

Meski demikian, yang perlu Anda ingat adalah di beberapa Daerah terdapat Perda yang mengatur penerbitan Surat Izin Tempat Usaha (SITU). Sehingga bisa lebih ataupun kurang dari daftar persyaratan yang disebutkan di atas.

Untuk itulah, dalam hal ini sangat diperlukan ketelitian dalam memeriksa Peraturan Daerah (Perda) di tempat Perusahaan Anda berada saat ini.

Prosedur Pengurusan Pembuatan Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Nah, setelah Anda sudah mengumpulkan seluruh dokumen-dokumen untuk pengurusan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) di atas, maka selanjutnya adalah Anda sudah bisa mengurus SITU.

Berikut ini adalah prosedur penerbitan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) :

1. Mengajukan permohonan kepada Bupati melalui Bagian Pemerintahan Sekretariat Kabupaten dengan melampirkan seluruh dokumen di atas.

2. Selanjutnya, Permohonan Izin yang diterima dilakukan pencatatan secara administratif dan apabila dipandang perlu dilakukan peninjauan lokasi tempat usaha oleh suatu tim.

3. Hasil peninjauan dituangkan dalam Berita Acara yang disampaikan bersama dengan berkas persyarataan izin yang diajukan kepada Bupati atau Pejabat yang ditunjuk.

4. Untuk usaha tertentu sebelum SITU diterbitkan wajib mendapatkan rekomendasi dari instansi teknis yang berhubungan dengan bidang usaha pemohon;

5. Bupati atau Pejabat yang ditunjuk setelah dilakukan pemeriksaan kelengkapaan persyarataan permohonan izin, peninjauan lokasi tempat usaha, dan menganggap tidak ada permasalaan segera menerbitkan izin yang diajukan oleh pemohon;

6. Permohonan izin dikabulkan dengan penerbitan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) apabila semua Persyarataan telah dipenuhi.

Lama Proses Pengurusan Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Dalam pembuatan Surat Izin Tempat Usaha (SITU), tidak ada standar jangka waktu tertentu untuk prosesnya. Namun, dalam prakteknya, Surat Izin Tempat Usaha (SITU) ini akan diterbitkan dalam jangka waktu 4 hingga 6 hari setelah permohonan lengkap diterima.

Biaya Pengurusan Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Ketika Anda akan mengurus Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Anda perlu ketahui bahwa masing-masing Daerah memberikan biaya yang berbeda-beda. Namun, umumnya rata-rata menarik biaya Per meter sebesar Rp 5000.

Nah, jika Anda sudah mengetahui tentang Surat Izin Tempat Usaha (SITU), dokumen yang diperlukan untuk SITU dan jumlah biaya yang diperlukan, namun Anda masih menemui kendala. Maka Anda bisa mengkonsultasikannya kepada kami Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami adalah ahlinya.

Banyak keuntungan yang didapatkan perusahaan ketika menggunakan Biro Jasa kami. Salah satunya adalah Anda tidak akan dipusingkan lagi dalam mengikuti semua prosedur yang ada. Anda hanya tinggal menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk mengurus Surat Izin Tempat Usaha (SITU) tersebut.

Kami adalah pilihan tepat untuk Anda bagi yang ingin mempermudah perizinan usaha di Jakarta dan sekitarnya. Kami juga salah satu jasa pembuatan perizinan usaha terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, pengurusan SIUP dan TDP, hingga pengurusan Akta Notaris dan surat-surat lainnya.

Tentunya dengan menggunakan Biro Jasa kami, akan membantu Anda untuk mendapatkan legalitas perizinan usaha yang Anda perlukan. Selain itu, Biro Jasa kami juga merupakan Biro Jasa yang akan membuat Anda bisa mendapatkan banyak kemudahan saat Anda ingin mengurus perizinan.

Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan layanan sewa Virtual Office dan Coworking Space yang terdapat di beberapa lokasi di Jakarta dan sekitarnya, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Silahkan Hubungi Kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Kami akan membantu Anda untuk mengurus berbagai keperluan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dengan cepat dan mudah.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat