Blog Post

Syarat Mendirikan Startup Fintech di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Startup Fintech Startup Terbaik Bisnis Startup

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Di Indonesia, bisnis Startup atau perusahaan rintisan yang berjalan di bidang jasa keuangan berbasis teknologi atau Financial Technology (Fintech) diprediksi masih akan terus tumbuh. Salah satu alasannya dengan semakin berkembangnya perusahaan Startup Fintech ini di Tanah Air adalah karena belum optimalnya peran perbankan di sektor jasa keuangan, dan juga masih banyak masyarakat yang belum bisa mengakses perbankan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri mengklasifikasikan industri Fintech di Indonesia ke dalam dua kategori, yaitu :

  • Fintech 2.0, untuk layanan keuangan digital yang operasikan lembaga keuangan, seperti Mandiri Online besutan Bank Mandiri.
  • Fintech 3.0, untuk Startup Teknologi yang memiliki produk dan jasa inovasi keuangan.

Seperti diketahui, model bisnis Fintech ini sangat banyak dan beragam. Ada yang membutuhkan izin dari Bank Indonesia (BI), ada yang mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan ada pula yang harus melapor ke Kominfo, semua tergantung bisnisnya.

Namun, dalam pengurusan izin ini, tentunya juga ada kesulitan-kesulitan tersendiri antara setiap regulator. OJK misalnya, terbilang lebih mudah dibandingkan Bank Indonesia (BI).

Di OJK, perusahaan bisa jalan dulu, sekaligus di-audit dan diberi waktu hingga jangka tertentu. Misalnya, satu tahun.

Selama ini, pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memang lebih mendahulukan proses perizinannya terlebih dulu, kemudian melihat operasional perusahaan selama satu tahun berjalan. Jika dalam perjalanannya perusahaan tersebut tidak baik, maka izinnya akan dicabut.

Sementara di Bank Indonesia (BI) lebih pre-audit. Jadi, perusahaan akan di-audit terlebih dulu, dan hal itu pun akan memakan waktu yang cukup lama, hingga akhirnya perusahaan tersebut tidak bisa berjalan. Jadi, perusahaan tidak bisa berjalan selama proses audit.

Adapun proses perizinan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah sebagai berikut :

1. Pencatatan kepada OJK untuk perusahaan Startup atau yang non-lembaga jasa keuangan.

2. Proses Regulatory Sandbox, yakni mengkaji kesesuaian kegiatan Fintech yang diajukan apakah berdasarkan ketentuan yang berlaku atau tidak.

3. Penetapan status direkomendasikan, perbaikan, serta tidak direkomendasikan.

4. Penyelenggara diwajibkan melakukan pengawasan secara mandiri dengan menyusun laporan self assessment, yang sedikitnya memuat aspek tata kelola dan mitigasi resiko. Dalam jangka menengah, maka OJK dapat menunjuk pihak lain yang bertugas dalam pengawasan Inovasi Keuangan Digital (IKD).

5. Lebih lanjut, OJK akan mengatur agar lembaga jasa keuangan yang telah mendapat izin atau terdaftar di OJK tersebut tidak bekerja sama dengan lembaga yang belum memiliki izin. Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) juga diwajibkan menyediakan pusat layanan konsumen berbasis teknologi, menerapkan program anti pencucian uang, dan juga pencegahan pendanaan untuk terorisme.

Demikianlah penjelasan mengenai syarat-syarat perizinan mendirikan Startup Fintech di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan beberapa persyaratannya. Jadi, pastikan legalitas Akta Perusahaan Anda mulai dari sekarang. Caranya, Anda bisa menghubungi Gapura Office atau Virtual Officeku saat ini juga!

Mengapa Gapura Office layak untuk menjadi pilihan utama bagi Startup Fintech Anda?

Setidaknya, ada beberapa alasan mengapa Gapura Office menjadi pilihan yang cocok dan tepat bagi setiap pegiat Startup yang baru saja berdiri maupun yang sedang berkembang.

1. Lokasi

Kami memiliki lokasi yang sangat strategis dan mudah diakses. Saat ini, kami memiliki 10 lokasi strategis di berbagai penjuru Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Jadi, dengan menjadi member, Anda sudah bisa bekerja fleksibel di mana pun yang Anda inginkan. Sehingga Anda dapat bekerja sesuai dengan lokasi yang sedang Anda butuhkan.

2. Fasilitas

Fasilitas yang kami tawarkan juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung Startup Fintech Anda berkembang. Tak hanya high speed internet, namun banyak fasilitas ekslusif untuk para member. Misalnya, meeting room dan masih banyak lagi.

3. Suasana Lingkungan Yang Dapat Meningkatkan Produktifitas

Selain fasilitas yang ditawarkan di atas, tempat kami juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif dan tentunya dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal. Dengan memiliki konsep yang cozy and fun, membuat siapapun yang bekerja di dalamnya akan merasa betah dan nyaman untuk bekerja. Kerja semakin produktif dan networking pun semakin luas.

4. Pengalaman

Kami merupakan perusahaan yang sudah berpengalaman sebagai tempat kerja bagi beberapa Startup sukses di Jakarta dan sekitarnya. Juga karena kami adalah salah satu pionir penyewaan kantor di ibu kota, tentu kami memiliki keunggulan tersendiri dibanding perusahaan lainnya.

5. Harga LebihTerjangkau

Semua fasilitas dan benefit di atas sudah dapat Anda rasakan hanya dengan harga sangat terjangkau. Lima alasan di atas itulah yang menjadikan kami sebagai tempat yang cocok untuk Anda para pegiat Startup, khususnya di Jakarta dan sekitarnya.

Tak hanya bagi Startup saja, namun keberadaan kami juga sangat tepat untuk tempat kerja bagi para Freelancer, Digital Nomad, Blogger, Investor, hingga berbagai macam Consultant.

Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan layanan jasa pembuatan perizinan usaha, yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, SIUP, hingga pengurusan Akta Notaris dan surat-surat lainnya.

Nah, jika Anda tertarik untuk bekerja di Gapura Office, bisa langsung Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat