Blog Post

Syarat Mendirikan Usaha Factory Outlet

Usaha Factory Outlet

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Toko penjualan barang langsung dari pabrik tekstil, atau yang biasa disebut Factory Outlet (FO), kini mulai banyak bermunculan. Apalagi saat ini industri pakaian di Indonesia mulai berkembang seiring maraknya usaha mode di dunia.

Factory Outlet sendiri bisa dikatakan produk toko yang berpihak pada gaya anak-anak muda. Nah, dengan berkembangnya usaha perdagangan saat ini, maka menjadikan bisnis Factory Outlet ini murni hanya sebatas toko pakaian saja.

Jika Anda berminat untuk membuka usaha Factory Outlet, maka Anda harus memiliki Izin Usaha terlebih dahulu, seperti diantaranya :

  • Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT), apabila lokasi usaha seluas 5.000 m2 atau bahkan lebih.
  • IMB Pengalihan peruntukan bangunan tempat tinggal menjadi toko (IMB Bangunan Usaha).
  • Izin Gangguan (HO).
  • Surat Izin Tempat Usaha (SITU), bila diperlukan.

Sedangkan syarat-syarat pengajuan untuk permohonan Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT) adalah sebagai berikut :

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik.
  • Fotocopy Akta Pendirian Usaha.
  • Fotocopy Sertifikat atau surat bukti kepemilikan tanah lainnya seperti bukti sewa tanah, dll.
  • Surat Persetujuan dari tetangga sekitar, yang diketahui oleh Lurah dan Camat setempat.
  • Dokumen UPL dan UKL.
  • Gambar rencana penggunaan tanah atau gambar desain bangunan.
  • Proposal peruntukan penggunaan tanah.

Selanjutnya adalah syarat pengajuan permohonan IMB Bangunan Usaha, yakni sebagai berikut :

  • Fotocopy Sertifikat Tanah atau surat bukti pemilik tanah yang lain (surat sewa tanah).
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik.
  • Gambar bangunan dan perhitungan Konstruksi.
  • Izin tertulis dari pemilik tanah apabila bangunan didirikan di atas tanah milik pihak lain atau dalam status sewa/kontrak.
  • Fotocopy surat Izin Gangguan (HO).
  • Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga yang diketahui Lurah atau Camat setempat.

Mengajukan IMB untuk perubahan apabila IMB sebelumnya merupakan bangunan tempat tinggal yang kemudian dialih fungsikan menjadi bangunan toko. Dalam hal ini, Anda harus membawa dokumen-dokumen penting seperti :

  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tempat tinggal yang lama.
  • Gambar Rancangan Bangunan yang baru disertai perhitungan konstruksinya.
  • Fotocopy Surat Izin Gangguan (HO) atau UUG.
  • Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga sekitar tempat usaha dengan diketahui aparat Kelurahan atau Kecamatan setempat.

Nah, untuk persyaratan pembuatan Izin Gangguan (HO), maka Anda perlu membawa dokumen-dokumen sebagai berikut :

  • Fotocopy Izin Mendirikan Bangunan (IMB), site plan beserta gambar denah dan situasi.
  • Keterangan pemilik/pemakai tanah atau fotocopy Sertifikat Tanah;
  • Fotocopy 1 lembar Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Pas foto berwarna dengan background merah ukuran 3×4 sejumlah 3 (tiga) lembar.
  • Surat Pernyataan tidak keberatan dari tetangga yang diketahui oleh aparat Kelurahan atau Kecamatan setempat.
  • Bukti pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) berjalan.

Dan yang terakhir adalah pembuatan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dengan persyaratan sebagai berikut :

  • Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Pas foto hitam putih.
  • Fotocopy Sertifikat Tanah atau surat sewa-menyewa tanah/bangunan (satu rangkap).
  • Fotocopy IMB.
  • Bukti pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun berjalan.
  • Sketsa lokasi atau denah sebanyak satu (1) lembar.

Pendirian Factory Outlet pada dasarnya tidak boleh mengubah bangunan lama dan tanpa merusak pohon. Maka perhatikan betul-betul lokasi pilihan Anda, harus yang strategis dan tidak melanggar aturan. Dengan tanpa melanggar aturan dan senantiasa mematuhi aturan Perdagangan, maka usaha yang Anda jalankan akan berjalan lancar tanpa hambatan.

Anda tinggal membuat konsep tertentu agar usaha Factory Outlet milik Anda menarik banyak pelanggan, terutama di kalangan anak-anak muda. Semakin banyak pelanggan, maka semakin besar pula penghasilan yang Anda peroleh.

Demikianlah informasi mengenai syarat mendirikan usaha Factory Outlet sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah.

Untuk mendapatkan legalitas, mungkin bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus menggunakan layanan dari Biro Jasa Perizinan Usaha. Namun, bagi sebagian orang untuk mendapatkan surat Izin Usaha ini akan terasa sulit jika belum terbiasa berhadapan dengan birokrasi. Oleh sebab itu, keberadaan sebuah Biro Jasa Perizinan Usaha di sini sangatlah membantu.

Gapura Office atau Virtual Officeku hadir untuk Anda, membantu berbagai jenis perizinan usaha, termasuk Izin Usaha untuk mendirikan bisnis Factory Outlet.

Nah, dengan alasan itulah mengapa Anda harus memilih Biro Jasa Perizinan Usaha Gapura Office sebagai salah satu solusi paling jitu bagi Anda yang sedang membutuhkan surat legalitas.

Di Gapura Office, tentu saja akan membuat Anda bisa mendapatkan Izin tanpa perlu Anda merasa repot dengan semua proses yang harus dijalankan. Dengan memilih jasa dari kami, maka Anda hanya perlu mempersiapkan dokumen-dokumen yang Anda perlukan saja.

Mengurus perizinan usaha di Gapura Office, tentu saja Anda tidak perlu repot-repot lagi pergi ke Dinas terkait untuk melakukan pengurusan Izin. Sebab, kami memberikan jasa penjemputan dokumen bagi Anda yang sibuk.

Semua pengurusan pastinya dilakukan sesuai prosedur, sehingga dapat dilaksanakan dengan baik dan cepat selesai serta dengan hasil yang memuaskan. Anda tidak perlu khawatir, karena kami juga melayani konsultasi selama pengurusan surat Izin Usaha.

Apapun Izin Usaha yang ingin Anda urus, jangan ragu untuk menggunakan Biro Jasa kami. Karena kami siap membantu pengurusan berbagai dokumen yang Anda butuhkan.

Nah, jika Anda tertarik menggunakan jasa dari Gapura Office, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk konsultasi secara GRATIS. Kami memberikan konsultasi bagi orang-orang yang ingin mengurus Izin Usaha menggunakan jasa kami. Kami akan sangat senang bisa membantu Anda.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu! Karena kami sudah mengantongi Izin Resmi dari pemerintah dan kami juga telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Jadi, Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami sebagai partner dalam membuat atau mengurus surat Izin Usaha untuk mendirikan bisnis Factory Outlet.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Segera hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar biaya dan layanan pembuatan badan usaha serta perizinannya. Kami menyediakan Konsultasi GRATIS bagi orang-orang yang ingin mengurus Izin Usaha menggunakan jasa kami. Dengan konsultasi ini, diharapkan dapat membantu Anda yang ingin menggunakan jasa kami.

Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam pengurusan Izin Usaha untuk mendirikan bisnis Factory Outlet.

Jangan ragu untuk menghubungi kami, karena kami akan sangat senang dapat membantu Anda memiliki Izin Usaha yang dibutuhkan. Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda.

Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>