Blog Post

Syarat Pembuatan Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (SIUJPT)

Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (SIUJPT)

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Apakah Anda memiliki bisnis di bidang jasa Transportasi, namun hingga saat ini masih belum mengantongi Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (SIUJPT) sebagai Izin Usaha resmi?

Mungkin alasan Anda menunda pembuatan SIUJPT terbilang sederhana, yakni Anda tidak tahu apa saja syarat-syarat yang harus dilengkapi ketika Anda ingin mengurus pembuatan SIUJPT.

Jika demikian adanya, maka Anda tidak perlu khawatir! Kali ini kami akan menjelaskan secara tuntas apa saja syarat-syarat yang harus Anda lengkapi bila ingin mengurus pembuatan SIUJPT.

Syarat Pembuatan SIUJPT

Secara umum, ketika Anda hendak mengurus pembuatan Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (SIUJPT), maka Anda akan diminta untuk melengkapi beberapa persyaratan seperti berikut ini.

  • Akta Pendirian Perusahaan dan SK Menkumham (di legalisir) dengan Modal Dasar Rp 1,2 Milyar.
  • Bukti setor 25 persen dari Modal Dasar disertai dengan referensi dari Bank.
  • Fotocopy NPWP perusahaan (legalisir penerbit NPWP).
  • Fotocopy Surat Domisili Perusahan (legalisir penerbit Surat Domisili Perusahaan).
  • KTP milik Direktur (legalisir penerbit KTP), di fotocopy.
  • NPWP milik Direktur, di fotocopy.
  • Surat pernyataan sanggup menjadi anggota ALFI/ILFA.
  • Data personil perusahaan (kop surat, tanda tangan Direktur, dan stampel).
  • Fotocopy STNK kendaraan operasional.
  • Sertifikat Tenaga Ahli WNI, minimal D3 Pelayaran/Maritim/Penerbangan/Transportasi/IATA Diploma/Fiata Diploma, S1 Logistik dan Sertifikat Ahli Kepabeanan/Kepelabuhan (legalisir penerbit sertifikat).
  • Surat Kuasa, apabila pemohon yang datang bukan pemilik/Direktur.
  • Cek fisik perusahaan.
  • Surat rekomendasi dari Dinas Perhubungan Provinsi.
  • Fotocopy NIB, Izin Usaha, Izin Lokasi.

Itulah syarat-syarat yang harus Anda lengkapi bila ingin mengurus pembuatan Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (SIUJPT). Mudah sekali bukan?

Sebagian dokumen-dokumen yang tertera di atas harus sudah Anda miliki, sehingga nantinya Anda pun hanya cukup melampirkannya saja pada saat proses pembuatan SIUJPT berlangsung.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa untuk mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (SIUJPT) dari instansi yang berwenang, sebuah perusahaan harus memenuhi beberapa persyaratan seperti berikut ini.

  • Memiliki Akta Pendirian yang telah disahkan oleh instansi yang berwenang.
  • Memiliki modal perusahaan yang disetorkan, yaitu Rp 200 Juta.
  • Saham perusahaan dimiliki oleh Warga Negara Indonesia (WNI) atau Badan Hukum yang berwenang.
  • Apabila terdapat Modal Asing, maka terlebih dahulu harus mendapatkan Izin dari instansi yang berwenang untuk mengatasi.

Jika hal-hal di atas telah disebutkan mengenai beberapa persyaratan untuk mendapatkan SIUJPT dari pihak yang berwenang, maka langkah selanjutnya adalah mengenai langkah atau cara pengajuan permohonan Izin Usaha di bidang Transportasi.

  • Mengajukan permohonan Izin Usaha pengurusan Transportasi, yang kemudian diajukan kepada kepala Dinas Perhubungan.
  • Kemudian Izin Usaha tersebut diberikan oleh Kepala Dinas Perhubungan.
  • Setelah Izin Usaha diberikan, maka proses penerimaan ataupun penolakan atas permohonan Izin Usaha tersebut akan diberikan dalam jangka waktu 14 hari setelah berkas pengajuan permohonan diterima secara lengkap oleh Kepala Dinas.
  • Jika permohonan Izin Usaha ditolak oleh Pejabat, maka langkah selanjutnya adalah memberikan jawaban atas penolakan.
  • Jika Permohonan Izin Usaha ditolak, maka Anda dapat mengajukan kembali setelah melengkapi semua persyaratannya.

Perizinan bagi usaha Jasa Pengurusan Transportasi ini akan tetap berlaku selama perusahaan yang bersangkutan masih tetap aktif dalam menjalankan kegiatan usahanya. Dan akan dilakukan program evaluasi yang akan dilakukan setiap dua (2) tahun sekali.

Kemudian perusahaan diwajibkan untuk melaporkan semua kegiatan usahanya secara periodik kepada Kepala Dinas Perhubungan. Dilakukan evaluasi keseimbangan, yaitu antara volume barang dan jumlah perusahaan.

Perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi juga wajib mengetahui serta bertanggung jawab pada semua hal (kebenaran) dan legalitas dari pemilik barang. Tujuannya yaitu untuk mengurangi resiko tanggung jawab serta menjamin pihak yang telah dirugikan dan dapat mengasuransikan tanggung jawabnya.

Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi dapat dicabut apabila telah mendapat peringatan tertulis sebanyak tiga (3) kali berturut-turut dalam kurun waktu satu (1) bulan. Apabila tidak diindahkan, maka akan dilanjutkan dengan pembekuan oleh Kepala Dinas yang bersangkutan.

Jika tidak dilakukan perbaikan, maka SIUJPT akan dicabut. Untuk itu, Anda harus tetap pada peraturan yang berlaku.

GAPURA, Jasa Pembuatan SIUJPT Jakarta Tangerang Bekasi

Nah, jika saat ini Anda mengalami kesulitan dalam mengurus pembuatan Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (SIUJPT), terlebih lagi di masa pandemi ini Anda merasa khawatir untuk keluar dari rumah, maka Anda bisa mempercayakan proses pembuatan SIUJPT Anda pada kami, Gapura Office atau Virtual Officeku.

Gapura Office merupakan konsultan perizinan dan pendirian usaha yang berpengalaman. Dengan pelayanan yang lebih baik, waktu pengerjaan yang lebih cepat, dan biaya yang lebih hemat, maka Gapura Office tentu dengan senang hati akan membantu Anda mengurus pembuatan SIUJPT dalam waktu yang singkat.

Soal harga, jangan khawatir! Karena dapat disesuaikan dari lokasi Anda berdomisili. Dengan harga yang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda dapat menjalankan usaha bisnis Anda sesuai dengan kapasitasnya dan lebih efektif serta efisien.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu lagi! Karena kami telah bekerja untuk membantu urusan perizinan sejak lama, termasuk juga dalam mengurus Surat Izin Usaha Jasa Pengurusan Transportasi (SIUJPT). Kami juga sudah mengantongi Izin Resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha.

Selain itu, kami juga telah didukung oleh sumber daya yang berpengalaman dan profesional dalam mengurus berbagai dokumen penting yang dibutuhkan. Termasuk juga untuk pengurusan SIUJPT.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami sebagai partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha Anda. Karena kami terbukti memiliki sederet tim ahli yang profesional, dan siap membantu Anda mengurus segala dokumen dan perizinan dengan mudah dan cepat.

Diskusikan pada kami terkait badan usaha yang ingin Anda dirikan. Kami siap menjadi partner Anda dalam mendirikan badan usaha yang Anda inginkan.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Segera hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar biaya dan layanan pembuatan badan usaha serta perizinannya. Kami menyediakan Konsultasi GRATIS bagi orang-orang yang ingin mengurus Izin Usaha menggunakan jasa kami. Dengan konsultasi ini, diharapkan dapat membantu Anda yang ingin menggunakan jasa kami.

Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena perusahaan kami adalah Biro Jasa Perizinan Usaha yang terpercaya dan profesional.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>