Blog Post

Syarat Yang Harus Dipahami Sebelum Mendirikan Usaha Travel Agent

Usaha Travel Agent

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Saat ini banyak pengusaha yang ingin memulai usaha di bidang Pariwisata. Bila Anda juga tertarik, peluangnya masih terbuka lebar. Mungkin Anda bisa memulainya dengan mendirikan sebuah Biro Perjalanan Wisata, Konsultan Pariwisata, MICE, hingga ke usaha Restoran.

Nah, pada artikel kali ini kami akan mengulas berbagai macam aspek yang harus diketahui mengenai pendirian perusahaan untuk Travel Agent. Karena ada sejumlah persyaratan yang harus dipahami sebelum membuka usaha Biro Perjalanan Wisata.

Persyaratan Keanggotaan ASITA 

Terdaftar menjadi salah satu anggota dari ASITA (Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies) adalah salah satu persyaratan untuk bisa membuat Izin Usaha Pariwisata.

Keanggotan ASITA terbagi menjadi dua jenis, yaitu Keanggotaan Penuh (Full Member) dan Keanggotaan Peserta (Associate Member).

Izin Usaha Pariwisata merupakan perizinan yang diperlukan oleh setiap pelaku usaha yang bergerak di bidang Pariwisata. Izin akan diterbitkan Lembaga OSS setelah pelaku usaha selesai melakukan pendaftaran dan telah memulai usaha kegiatan serta pelaksanaan komersial atau operasional dengan memenuhi persyaratan.

Namun, sebelum Anda mendaftar menjadi anggota, ada beberapa persyaratan harus dipenuhi agar dapat menjadi anggota ASITA, yaitu :

  • Denah Lokasi Kantor.
  • Riwayat Hidup Pimpinan dan Tenaga Ahli Perusahaan.
  • Status Kantor Tempat Usaha.
  • Struktur Organisasi Perusahaan.
  • Surat Izin Tempat Usaha (SITU).
  • Berkas Permohonan oleh DPD ke DPP.
  • Badan Usaha Berbentuk PT.

Syarat Mengurus Izin Usaha Pariwisata

Izin bisnis untuk usaha Travel harus berbentuk badan hukum CV atau PT.  Aturan ini disebutkan dalam Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor PM.85/HK.501/MKP/2010 Pasal 6 Ayat 1.

Setelah badan hukum terbentuk, ada beberapa persyaratan administratif yang harus dilengkapi untuk bisa membuat Izin Usaha Pariwisata, antara lain :

  • Akta Perseroan Terbatas (khusus Travel).
  • NPWP Perusahaan.
  • Domisili Perusahaan.
  • Surat Izin Tempat Usaha (SITU).
  • Surat Izin Usaha Pariwisata.
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  • Surat Izin Tetap atau Sementara untuk menjadi anggota ASITA.

Prosedur Pembuatan Izin Usaha Pariwisata

Biasanya, untuk proses dan tahapan pembuatan Izin Usaha Pariwisata akan berbeda-beda, tergantung domisili pembuatan. Namun ini adalah garis besar dalam pembuatanya :

  • Mengisi form permohonan di loket BPMPPT.
  • Pengajuan form terhadap bupati atau kepala daerah.
  • Meminta surat pengantar untuk ditujukan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.
  • Pengecekan berkas permohonan.
  • Mengambil surat izin ke loket pengambilan.
  • Penyusunan proposal bisnis usaha.
  • Status tempat usaha (beserta foto).

Manfaat Memiliki Izin Usaha Pariwisata

Mengurus dan memiliki Izin Usaha Pariwisata akan memberikan banyak manfaat untuk perusahaan Anda, antara lain :

  • Membuktikan bahwa usaha tidak melanggar hukum.
  • Sarana promosi.
  • Syarat penunjang usaha.
  • Mempermudah mendapatkan sponsor atau mitra usaha.

Biaya Pengurusan Izin Pariwisata

Mengenai ketentuan biaya pembuatan Izin Usaha Pariwisata sangat bervariasi, tergantung dari produk yang akan didaftarkan.

Nah, jika Anda merasa kesulitan dalam pembuatan Izin Usaha Pariwisata ini, maka Anda bisa menggunakan jasa pengurusan Izin Usaha Pariwisata milik Gapura Office atau Virtual Officeku. Semua proses akan dilakukan dengan cepat oleh tim profesional kami agar Anda dapat segera memiliki perusahaan Travel Agent dan Tour yang kredibel dan valid.

Anda cukup menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk solusi terbaik yang legal dan tepat, maka tim kami yang akan mengurus semua persyaratan tersebut. Mudah, bukan?

Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan surat Izin Usaha Mendirikan Perusahaan Travel Agent dan Tour.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu! Karena kami sudah mengantongi Izin resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami sebagai partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha Mendirikan Perusahaan Travel Agent dan Tour.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Segera legalitaskan perusahaan Anda hanya di Gapura Office! Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional bersama kami. Suatu kebanggaan pula bagi kami jika dapat terlibat dalam pengembangan usaha Anda yang tengah meniti tangga kesuksesan.

Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena kami adalah perusahaan terpercaya. Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman.

Wujudkan mimpi Anda memiliki bisnis Travel Agent dan Tour sekarang juga. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>