Blog Post

Tahapan dan Biaya Pengurusan SIUJK

Pengurusan SIUJK

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Tahukah Anda, bahwa untuk bisa mendapatkan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) tidaklah sulit. Namun, untuk mendapatkan SIUJK ini tidaklah sama seperti mengurus surat-surat izin lainnya.

Ya, bagi perusahaan yang ingin mendapatkan surat legal jasa kontruksi ini, maka dibutuhkan lolos tiga tahap yang sudah ditetapkan, yaitu :

  • Sertifikasi Tenaga Ahli atau tenaga trampil.
  • Sertifikasi Badan Usaha.
  • Mengurus SIUJK.

Biaya Pengurusan SIUJK Tidak Mahal

Sesuai yang telah dijelaskan tadi, ada tiga tahap yang harus dilalui oleh perusahaan jika ingin mendapatkan SIUJK. Namun, sebelum memasuki ketiga tahap tersebut, perlu juga dipastikan beberapa hal.

Pertama, pastikan perusahaan sudah memiliki dokumen dokumen yang sesuai dengan aturan seperti SIUP, TDP, Akta Pendirian PT, SK Menteri Hukum dan HAM, dan lain sebagainya.

Kedua, yang tidak kalah penting adalah soal kualifikasi nilai proyek. Ada 3 klasifikasi yang membedakan nilai proyek yang diperbolehkan, yaitu :

  • K untuk nilai yang Kecil di bawah Rp 500 juta.
  • M untuk Menengah, yaitu Rp 500 juta hingga 10 miliar.
  • B untuk Besar, yaitu nilai proyek di atas Rp 10 miliar.

Untuk K sendiri memiliki tiga sub klasifikasi, yaitu K1, K2, dan K3. Hal ini juga sama untuk kelas M, dan hanya ada 1 dan 2 untuk kelas B.

Mengapa hal ini sangat penting? Karena ini akan berkaitan dengan pengurusan di tahap pertama.

Untuk perusahaan yang pemula, dikategorikan atau hanya diperbolehkan untuk memiliki proyek dengan dengan kelas kecil atau menengah saja. Jika menangani proyek yang lebih besar atau di atas Rp 10 miliar, maka perlu upgrade pengajuan ke LPJK.

Tahapan dan Biaya Pengurusan SIUJK

Ada 3 tahap untuk bisa mendapatkan SIUJK. Hal ini juga akan dijelaskan mengenai kisaran biaya pengurusan SIUJK yang harus dikeluarkan :

Tahap Pertama

Tahap ini merupakan pengurusan surat tenaga ahli, yaitu SKA atau juga tenaga trampil, yakni SKT. Keduanya memiliki persyaratan yang berbeda. Untuk bisa lolos tahap ini, perusahaan harus bisa membuktikan tenaga ahlinya telah tersertifikasi. Untuk kelas proyek Kecil, cukup dengan SKT.

SKT ini berupa sertifikasi tenaga trampil yang minimal lulusan SMA atau SMK saja. Berbeda dengan kelas menengah dan besar yang harus mengurus SKA, yaitu tenaga ahli yang minimal adalah Sarjana. Berapa jumlah tenaga ahli atau trampil yang harus diurus tidaklah ada aturan pasti, semua tergantung dengan bidang proyek yang ditangani.

Jadi, semakin banyak SKA atau SKT yang diperlukan, maka akan semakin besar pula total biaya pengurusan SIUJK.

Tahap Kedua

Masuk ke tahap kedua, yaitu tahap sertifikasi badan usaha. Jika sudah lolos mengurusi SKA atau SKT, barulah bisa mengurus SBU. Ditahap ini, perusahaan harus bergabung pada asosiasi yang terdaftar di LPJK. Asosiasi yang dipilih harus sesuai dengan bidang yang digeluti.

Di sini, akan ada biaya khusus  untuk mengurus SBU hingga terdaftar Asosiasi dan termasuk bagian total dari biaya pengurusan SIUJK. Yang tidak kalah penting, banyak dokumen yang harus dipersiapkan.

Tahap Ketiga

Di tahap ini, perusahaan akan merasa lega karena sudah selangkah lagi mendapatkan SIUJK. Syarat untuk bisa mengurus SIUJK tentunya adalah lolos tahap pertama dan kedua.

Sementara untuk syarat-syarat di tahap ini, kurang lebih berupa pemenuhan dokumen penting yang sama seperti di tahap kedua.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan Jasa Pengurusan SIUJK, telah banyak ditawarkan paket-paket yang dapat Anda pilih. Sedangkan untuk biaya pengurusan SIUJK pun bersaing. Anda hanya perlu berkonsulitasi terlebih dahulu dan menyepakati harga yang ditentukan.

Gapura Office Adalah Biro Jasa Pengurusan SIUJK

Untuk mengurus SIUJK, bisa diserahkan ke Jasa Pengurusan SIUJK yang sudah banyak dan bisa digunakan jasanya. Salah satunya adalah seperti Gapura Office atau Virtual Officeku.

SIUJK sendiri merupakan salah satu surat Izin Usaha yang wajib dimiliki oleh perusahaan jasa konstruksi. Dimana jasa konstruksi itu meliputi berbagai bidang seperti Konsultan, Arsitektur, bidang Mekanikal, bidang Telekomunikasi, bidang Elektrik, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan SIUJK, maka wajib memiliki sertifikat tenaga ahli dalam bidang Konstruksi dan SBU (Sertifikat Badan Usaha) yang diperoleh dari LPJK. Agar pengurusan SIUJK tidak rumit, maka bisa diserahkan semua prosesnya pada Jasa Pengurusan SIUJK, yakni Gapura Office, kami adalah ahlinya.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan ketika menggunakan jasa pengurusan SIUJK kami. Salah satunya adalah Anda tidak akan dipusingkan dalam mengikuti semua prosedur yang ada.

Perusahaan hanya tinggal menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk mengurus SIUJK seperti fotocopy NPWP Perusahaan, fotocopy KTP Direktur Utama perusahaan, foto Kantor Perusahaan, dan masih banyak lagi. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup beragam.

Berikut ini adalah beberapa sertifikasi yang diperlukan jasa pengurusan SIUJK untuk bisa mendapatkan SIUJK.

Pertama, harus memiliki sertifikat keahlian maupun keterampilan. Yang membedakan antara keduanya adalah untuk sertifikat keahlian bisa diberikan kepada jasa konstruksi, jasa perencanaan, jasa pelaksanaan konstruksi, dan pengawas konstruksi. Sedangkan untuk sertifikat keterampilan bisa diberikan kepada jasa pelaksanan konstruksi saja.

Kedua, diharuskan untuk menjadi anggota dari Asosiasi Konstruksi yang telah terakreditasi oleh LPJK.

Ketiga, perusahaan jasa konstruksi tersebut harus memiliki sertifikat badan usaha. Setelah itu, baru bisa mengajukan untuk pembuatan SIUJK atau Surat Ijin Usaha Konstruksi.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam proses pembuatan SIUJK. Anda bisa Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.