Blog Post

Penerbitan Tanda Daftar Usaha Pariwisata dan Klasifikasi Usaha Pariwisata

Izin Sementara Usaha Pariwisata (ISUP) Usaha Travel Agent Bisnis Wisata

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Menurut Perda Provinsi Jakarta Nomor 6 Tahun 2015 tentang Kepariwisataan, bahwa setiap orang berhak memperoleh kesempatan untuk memenuhi kebutuhan wisata, melakukan usaha pariwisata, menjadi pekerja pariwisata, dan/atau berperan dalam proses pembangunan kepariwisataan.

Selain itu, kewajiban, jenis usaha pariwisata, dan waktu penyelenggara, juga telah dijelaskan dalam Perda tersebut. Hanya saja, sebelum Anda memutuskan untuk mendirikan usaha di bidang Pariwisata, maka perlu Anda ketahui terlebih dahulu tentang bagaimana aturan main dari Tanda Daftar Usaha Pariwisata atau TDUP.

Biasanya, dalam pekerjaan lelang barang atau jasa, Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) sering dijadikan sebagai syarat kualifikasi untuk jenis pengadaan seperti penyelenggaran festival, pengadaan konsumsi, pelaksanaan sosialisasi, dan pekerjaan lainnya, yang terkait dengan kualifikasi dalam usaha Pariwisata.

Tanda Daftar Usaha Pariwisata sendiri adalah bukti tanda daftar yang wajib dimiliki oleh berbagai jenis usaha yang berkaitan dengan sektor Pariwisata, seperti misalnya :

  • Usaha Jasa Perjalanan Wisata.
  • Penyediaan Akomodasi.
  • Jasa Penyediaan Makanan dan Minuman.
  • Jasa Pramuwisata.
  • Penyelenggaraan Pertemuan.
  • Dan beberapa jenis usaha lainnya.

Dokumen-dokumen tersebut merupakan bukti resmi bahwa suatu usaha sudah terdaftar dalam Tanda Daftar Usaha Pariwisata, sehingga sudah dapat menyelenggarakan usaha Pariwisata.

Tanda Daftar Usaha Pariwisata ini sangatlah penting bagi pengusaha yang bergerak di bidang Pariwisata. Hal ini dikarenakan salah satu jenis Izin Usaha tersebut merupakan persyaratan dasar dalam pelaksanaan sertifikasi sebuah usaha Pariwisata.

Nah, untuk memperoleh Izin Tanda Daftar Usaha Pariwisata ini, maka pihak pemohon harus melakukan pendaftaran usaha Pariwisata yang dimilikinya, yang ditujukan kepada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten/Kota dimana lokasi usaha Pariwisata tersebut berada.

Meski demikian, apabila usaha Pariwisata tersebut memiliki lokasi lebih dari satu Kabupaten/Kota, maka pendaftaran usaha Pariwisata akan ditujukan kepada PTSP Provinsi sebagai bukti Tanda Daftar Usaha Pariwisata melekat pada lokasi usaha Pariwisata tersebut berada.

Klasifikasi Usaha Pariwisata

Kewajiban pengusaha Pariwisata untuk mendaftarkan usahanya ini telah diatur pada Pasal 15 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Selain itu, ada juga pada Pasal 4 Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 18 Tahun 2016.

Dalam Undang-Undang tersebut juga dijelaskan mengenai klasifikasi Usaha Pariwisata, yang terdiri dari :

  • Daya tarik wisata.
  • Kawasan pariwisata.
  • Jasa transportasi.
  • Jasa perjalanan wisata.
  • Jasa makanan dan minuman.
  • Penyediaan akomodasi.
  • Penyelenggaran kegiatan hiburan dan rekreasi.
  • Penyelenggaran Pertemuan, Perjalanan Insentif, Koneferensi, dan Pameran.
  • Jasa informasi pariwisata.
  • Jasa konsultan pariwisata.
  • Jasa Pramuwisata.
  • Wisata tirta.
  • Spa.

Penerbitan Tanda Daftar Usaha Pariwisata

Jika permohonan pendaftaran usaha Pariwisata telah dinyatakan lengkap, maka PTSP akan segera menerbitkan Tanda Daftar Usaha Pariwisata bagi pelaku usaha yang telah melakukan pendaftaran.

Setelah mendapatkan Tanda Daftar Usaha Pariwisata, jika dalam usahanya terdapat perubahan, maka pelaku usaha yang bersangkutan wajib mengajukan permohonan pemutakhiran Tanda Daftar Usaha Pariwisata kepada PTSP secara tertulis.

Tanda Daftar Usaha Pariwisata yang telah diterbitkan untuk suatu usaha Pariwisata juga dapat dicabut jika pelaku usaha terkena sanksi pembatasan kegiatan usaha atau penghentian tetap kegiatan usaha. Atau pelaku usaha tidak menyelenggarakan kegiatan usaha secara terus menerus selama 6 bulan. Atau pengusaha pariwisata menyampaikan dokumen yang dipalsukan pada saat proses pendaftaran usaha pariwisata atau pemutakhiran Tanda Daftar Usaha Pariwisata.

Nah, jika Anda mengalami kesulitan dalam mengurus pembuatan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), atau Anda merasa tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusnya, tenang saja dan tidak perlu khawatir! Karena kami, Gapura Office atau Virtual Officeku, siap membantu Anda dalam mengurus Tanda Daftar Usaha Pariwisata.

Kami adalah salah satu perusahaan perizinan yang melayani berbagai pengurusan Izin Usaha dengan proses cepat tanpa ribet. Kami merupakan konsultan perizinan dan pendirian usaha yang berpengalaman. Dengan pelayanan yang lebih baik, waktu pengerjaan yang lebih cepat, dan biaya yang lebih hemat, kami akan dengan senang hati membantu Anda mengurus pembuatan Tanda Daftar Usaha Pariwisata dalam waktu singkat!

Di Gapura Office, Anda bisa dengan mudah membuat dokumen-dokumen penting, termasuk juga Tanda Daftar Usaha Pariwisata, dengan cepat dan murah. Karena kami adalah perusahaan Jasa Pengurusan Izin Usaha yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dan didukung pula oleh tim ahli yang bekerja secara profesional.

Kami sangat memahami bahwa Izin Usaha merupakan salah satu syarat yang perlu dimiliki oleh para pelaku usaha. Dan kami sangat senang dapat membantu para pemilik usaha untuk memiliki dokumen penting sebagai syarat kepemilikan usaha.

Sebagai perusahaan Jasa Pengurusan Izin Usaha yang berpengalaman, kami sudah membantu banyak klien di seluruh wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Sudah banyak pelaku bisnis yang puas dengan pelayanan yang kami berikan.

Semua pengurusan pastinya dilakukan sesuai dengan prosedur, sehingga dapat dilaksanakan dengan baik dan cepat selesai serta dengan hasil yang memuaskan. Anda tidak perlu khawatir, karena kami selalu melayani konsultasi selama pengurusan Izin Usaha Anda.

Apapun Izin Usaha yang ingin Anda urus, jangan ragu untuk menggunakan Biro Jasa kami. Karena kami siap membantu pengurusan berbagai dokumen yang Anda butuhkan.

Nah, jika Anda tertarik menggunakan jasa dari Gapura Office, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk konsultasi secara GRATIS. Kami memberikan konsultasi bagi orang-orang yang ingin mengurus Izin Usaha menggunakan jasa kami. Kami akan sangat senang bisa membantu Anda.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu! Karena kami sudah mengantongi Izin Resmi dari pemerintah dan kami juga telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Jadi, Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami sebagai partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Segera hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar biaya dan layanan pembuatan badan usaha serta perizinannya. Kami menyediakan Konsultasi GRATIS bagi orang-orang yang ingin mengurus Izin Usaha menggunakan jasa kami. Dengan konsultasi ini, diharapkan dapat membantu Anda yang ingin menggunakan jasa kami.

Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam pengurusan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

Jangan ragu untuk menghubungi kami, karena kami akan sangat senang dapat membantu Anda memiliki Izin Usaha yang dibutuhkan. Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda.

Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>