Blog Post

Jangan Menyerah! Ini Tips Agar Bisa Bangkit Dari Kebangkrutan

Kebangkrutan Karyawan Swasta Masa Pandemi

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Resiko bangkrut adalah hal yang tidak bisa terhindarkan lagi, terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai pengusaha. Dahlan Iskan, pengusaha yang pernah menjabat sebagai Menteri BUMN, pernah mengatakan bahwa untuk menjadi pengusaha, harus merasakan kebangkrutan. Mengapa begitu?

Seperti sebuah titik balik, kadang kebangkrutan adalah bahan bakar yang paling ampuh untuk menempa seseorang menjadi lebih kuat. Ketika Anda membuka usaha dan gagal, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan: menyerah dan membuang cita-cita untuk sukses atau bangkit kembali dan meraih kesuksesan yang lebih dari sebelumnya.

Lantas, bagaimana caranya agar kebangkrutan bisa menjadi bahan bakar yang memompa semangat untuk bangkit kembali? Simak langkah-langkah berikut ini.

1. Terima Keadaan Dengan Lapang Dada

Meskipun terdengar klise, tapi ini merupakan hal paling penting yang harus dilakukan ketika Anda bangkrut. Hal ini akan lebih memudahkan Anda berpikir jernih dalam mengambil langkah selanjutnya.

Ingat, menerima keadaan bukan berarti pasrah. Ibarat sudah terlilit benang kusut, ini adalah waktu yang tepat untuk ‘menggunting’ semua masalah dan menggantinya dengan benang yang baru. Segera temukan jalan keluar dan bersiaplah untuk bangkit kembali.

2. Identifikasi Apa Yang Jadi Penyebab Kegagalan

Setiap peristiwa pasti terjadi karena alasan tertentu. Tidak terkecuali kegagalan yang Anda alami. Cari tahu, di mana letak kesalahan Anda. Dari sini, Anda bisa belajar dan menemukan rangkaian solusi serta inovasi. Ini juga yang kemudian menjadi batu loncatan Anda untuk bangkit dan sukses pasca bangkrut.

3. Melihat dan Memanfaatkan Peluang

Bangkit lagi setelah jatuh memang bukan perkara mudah. Namun, hal ini berhasil dibuktikan oleh Yasa Singgih. Sebelum sukses dengan bisnis pakaian pria yang dibangunnya, pengusaha muda ini sudah pernah mengalami kegagalan dalam bisnis kopi yang dijalankannya. Yasa mengalami kebangkrutan dengan nilai kerugian ratusan juta.

Kegagalan itu tidak lantas membuat Yasa mundur. Dari sinilah dia justru menemukan peluang lain yang ternyata jauh lebih menggiurkan. Menggabungkan konsep brand, e-commerce, dan men’s lifestyle, Yasa lalu membuka bisnis pakaian yang diberi nama Men’s Republic. Kejeliannya inilah yang kemudian membuat Yasa bisa bangkit kembali, bahkan lebih sukses dari sebelumnya.

4. Mampu Beradaptasi Dengan Perubahan

Percaya atau tidak, selama beberapa tahun terakhir ada banyak sekali sektor industri kita yang berubah karena teknologi. Salah satu contohnya adalah bisnis warnet (warung internet) yang terkikis oleh keberadaan smartphone.

Dalam beberapa tahun ke depan, anak-anak mungkin tidak akan menggunakan jasa warnet lagi, karena semua yang mereka butuhkan sudah berada dalam genggaman. Perubahan inilah yang tidak bisa dicegah dan kerap jadi penyebab kegagalan dan kebangkrutan seorang pengusaha.

Dari sinilah kemampuan beradaptasi seorang pengusaha diperlukan. Saat pasar tidak lagi ramah terhadap apa yang mereka tawarkan, mulailah mencari prospek baru yang lebih menjanjikan.

5. Manfaatkan Jaringan Yang Anda Miliki

Bagi seorang pengusaha, jaringan berupa kenalan dan rekan memiliki peran yang sangat penting. Terutama ketika Anda mengalami kegagalan seperti ini.

Tidak harus mencari dukungan materi. Dari mereka, Anda bisa menemukan masukan berharga untuk kembali membangun bisnis yang sudah hancur. Tapi ingat, memanfaatkan jaringan bukan berarti harus membuat mereka merasa terbebani.

6. Tetap Optimis dan Berpikir Positif

Sekali lagi, kegagalan bukanlah sesuatu yang buruk. Ini bahkan bisa mendatangkan dampak positif jika Anda menyikapinya dengan positif pula. Anggaplah ini sebagai kesempatan bagi Anda untuk memperbaiki diri dan strategi yang salah selama ini.

Saatnya membuka lembaran baru dengan rasa optimis. Belajar dari kegagalan-kegagalan pengusaha sukses. Anda harus bisa mengambil hikmah dan pelajaran untuk bangkit kembali.

Terlepas dari persoalan di atas, bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan sebuah bisnis tetapi tidak memiliki alamat kantor, bisa diatasi dengan menggunakan jasa Virtual Office.

Dengan menggunakan Virtual Office, Anda bisa menggunakan alamat kantor virtual tersebut untuk mengurus perizinan dan juga sebagai alamat kantor Anda. Dengan memiliki alamat kantor di zona perkantoran, maka bisnis Anda pun akan terlihat lebih profesional.

Salah satu Virtual Office dengan harga terjangkau serta dengan lingkungan yang kondusif yang dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member Gapura Office.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.