Blog Post

Tips Berpuasa Di Bulan Ramadhan Bagi Pekerja Kantoran

Bulan Ramadhan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Seperti diketahui, bulan Ramadhan selalu menjadi bulan yang amat spesial bagi umat Muslim. Selain karena menjadi momen untuk semakin mendekatkan diri kepada Sang Pecipta, bulan Ramadhan juga selalu identik dengan momen berkumpul bersama keluarga.

Namun, dalam dunia kerja, biasanya bulan Ramadhan ini seringkali membuat para karyawan jadi lemas, kurang bertenaga, dan juga menjadi lebih sering mengatuk. Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya waktu istirahat, karena digunakan untuk menyantap hidangan sahur, sehingga mengurangi jam istirahat dan bahkan terkadang membuat sebagian orang mengantuk dan terlambat tiba di kantor.

Untuk itu, simak berbagai tips di bawah ini agar tetap semangat bekerja selama bulan Ramadhan.

1. Hindari Begadang

Kebiasaan buruk yang satu ini mungkin sering kita lakukan di hari-hari biasanya. Namun, ketika memasuki bulan Ramadhan, hendaknya dihindari. Sebab, kebiasan begadang ini bisa mengganggu kesehatan dan kondisi tubuh Anda, dan pastinya rasa kantuk dan lelah juga akan menghantui selama Anda bekerja.

Selain itu, jika Anda tidur terlalu larut malam, maka akan membuat Anda merasa berat untuk bangun dan mempersiapkan makanan serta minuman untuk sahur. Sehingga terkadang kita melewatkan makan sahur yang sangat penting untuk kita melaksanakan puasa di siang hari.

Oleh sebab itu, sebaiknya jagalah kesehatan tubuh Anda dengan beristrirahat yang cukup dan tidak melakukan kebiasaan begadang. Sehingga tubuh Anda tetap bugar selama menjalankan puasa sehari penuh.

2. Makan Sahur

Sahur, ketika akan memulai berpuasa, sangatlah penting sebagai bekal kita untuk melaksanakan ibadah puasa di siang harinya. Dengan memakan makanan yang bergizi di saat sahur, maka akan membuat tubuh tidak akan merasa lelah, karena mendapatkan energi dari makanan tersebut.

Berbeda ketika kita melewatkan waktu sahur, tidak ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, sehingga akan membuat Anda merasa lelah saat berpuasa. Bahkan, akan membuat kita tidak akan sanggup menjalani puasa, hingga akhirnya kita berbuka sebelum waktunya.

3. Banyak Minum Air Mineral

Ketika berbuka atau sahur, biasanya kita akan dihadapkan pada berbagai macam makanan dan minuman sesuai dengan selera yang kita inginkan. Terkadang saking hausnya, ketika berbuka kita langsung meminum minuman yang manis, bersoda, teh, atau bahkan kopi. Kita seakan-akan melupakan betapa pentingkan air mineral bagi tubuh kita selama berpuasa. Sebab, selama berpuasa, tubuh akan sangat kekurangan cairan.

Nah, dengan banyak minum air mineral akan menjaga tubuh Anda agar tidak dehidrasi saat di siang hari hingga berbuka tiba. Selain itu, air mineral juga sangat dibutuhkan bagi kesehatan organ tubuh, terutama ginjal.

Sebaiknya hindari minum kopi, teh, apalagi minuman yang bersoda. Sebab, hal tersebut tidak akan ada manfaatnya ketika kita berpuasa.

4. Manfaatkan Waktu Istirahat

Selama bekerja penuh, tentunya tubuh perlu beristirahat. Nah, bagi Anda pekerja kantoran, biasanya ada waktu istirahat atau waktu sholat. Manfaatkan waktu istirahat yang diberikan tersebut sebaik mungkin untuk menjaga kondisi tubuh Anda.

Tidur yang berkualitas, meskipun hanya sebentar dapat membuat tubuh Anda kembali fit dan siap untuk bekerja kembali.

5. Sibukan Diri

Dengan menyibukkan diri, maka Anda tidak akan merasakan berapa lama lagi waktu berbuka akan tiba. Justru dengan menyibukkan diri, maka Anda tidak akan sadar bahwa sebentar lagi waktu berbuka akan tiba.

Nah, bagi Anda pekerja kantoran, mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan yang tertunda adalah salah satu cara untuk membunuh waktu, sehingga Anda tidak akan merasakan lelahnya berpuasa.

Selain itu, disela-sela waktu, Anda juga dapat membaca Al Qur’an atau sekedar menonton atau membaca cerita-cerita Islami.

6. Jangan Duduk Terlalu Lama

Bagi Anda yang pekerja kantoran, duduk terlalu lama selama jam kerja akan membuat kinerja ginjal Anda akan semakin optimal. Namun, jika Anda kekurangan asupan cairan, maka akan sangat mengganggu kondisi kesehatan ginjal Anda.

Untuk itu, minum air mineral yang cukup selama berbuka puasa dan sahur akan membuat kinerja ginjal Anda semakin baik dan tidak akan kekurangan cairan selama berpuasa.

Tak ada salahnya, setelah beberapa lama bekerja dengan posisi duduk, Anda melakukan pemanasan (meluruskan pinggang) dengan cara berdiri atau merubah posisi.

Demikianlah beberapa tips bagi Anda pekerja kantoran agar tetap merasa bugar dan semangat bekerja selama berpuasa di bulan Ramadhan.

Sewa Virtual Office Dengan Fasilitas Layaknya Kantor Hanya di GAPURA

Gapura Office atau Virtual Officeku adalah penyedia Virtual Office ini menyediakan berbagai fasilitas seperti meeting room, internet access, lounge, printing, copier, dan lain-lain.

Selain disediakannya alamat bisnis yang prestisius dan kredibel, kami juga menyediakan resepsionis profesional, nomor telepon, dan fax khusus dengan operator pribadi dan greetings sesuai dengan nama perusahaan penyewa. Nomor telepon yang masuk dari klien juga dapat dialihkan langsung ke ponsel penyewa atau nomor pribadi.

Selain itu, disediakan pula jasa penerimaan dan pengelolaan kiriman surat dan paket yang masuk secara khusus bagi tiap nama perusahaan penyewa.

Gapura Office sendiri berlokasi di beberapa tempat strategis di wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Adanya Virtual Office saat ini sangat membantu bisnis yang dijalankan oleh berbagai masyarakat. Selain murah, penggunaannya pun sangat bermanfaat.

Jadi, bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis atau Startup dan tengah mencari Virtual Office, bisa langsung Hubungi Kami untuk mendapatkan info lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat