Blog Post

Tips Memilih Laptop Yang Cocok Untuk Pekerja Kantoran

memilih laptop

GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! Bagi pekerja kantoran, terkadang dituntut untuk dapat menyelesaikan laporan atau pekerjaannya dengan cepat. Bahkan tak jarang pula mereka yang membawa pulang pekerjaannya agar bisa lebih cepat diselesaikan. Pekerja seperti ini tentu akan membutuhkan laptop untuk mempermudah urusannya.

Nah, buat Anda yang bingung dalam memilih laptop yang cocok digunakan untuk menunjang pekerjaan, pada artikel kali ini kami dari tim Gapura Office atau Virtual Officeku akan memberikan panduan singkat yang mungkin bisa menjadi acuan utama sebelum Anda membelinya.

1. Laptop Mainstream.

Laptop mainstream bisa menjadi pilihan untuk meminimalisir budget. Umumnya, laptop mainstream yang cocok untuk pekerja kantoran berada di kisaran harga Rp 6 juta hingga Rp 10 jutaan, tergantung spesifikasi yang dipilih.

Pilihlah laptop dengan layar 14 inch agar lebih mudah dibawa. Dan usahakan untuk memilih laptop yang sudah terinstal (bundling/sepaket) dengan OS Windows 10 sejak masih di dalam dus-nya.

2. Kapasitas RAM Yang Ideal.

Untuk kapasitas RAM, carilah laptop dengan RAM minimal berkapasitas 4GB atau 8GB. Perlu diingat bahwa spesifikasi CPU dan RAM dengan kapasitas 4GB hingga 8GB ini hanya akan sanggup untuk penggunaan ringan saja. Dalam arti, akan cukup jika Anda tidak membuka sebuah file Excell yang punya ukuran sekitar 1GB.

3. Pilih Penyimpanan Yang Ideal.

Soal kapasitas penyimpanan, silakan disesuaikan dengan kebutuhan. Namun usahakan untuk mencari laptop yang sudah menggunakan SSD (bukan HDD) sebagai penyimpanannya. Karena pengaruhnya pada performa akan sangat signifikan.

4. Ultrabook Kelas Premium.

Jika Anda lebih sering melakukan aktivitas pekerjaan di luar kantor, dan tidak punya waktu untuk melakukan charging pada laptop, maka laptop jenis Ultrabook di kelas Premium adalah yang paling cocok.

Perlu diketahui bahwa Ultrabook sendiri punya beberapa kategori pembeda, yaitu Ultrabook di kelas mainstream, dan juga Ultrabook di kelas premium.

Namun umumnya di tahun 2023 ini, rata-rata laptop baru yang beredar di pasaran sudah masuk dalam kategori Ultrabook. Yang membedakan adalah, ultrabook kelas Premium memiliki bobot yang lebih ringan, lebih kecil, dan memiliki daya tahan baterai yang lebih baik. Dan tentu saja, harganya juga lebih mahal.

Ultrabook jenis ini umumnya memiliki penyimpanan berjenis SSD dengan kapasitas mulai 512GB hingga 1TB. Harga dari laptop jenis ini pun umumnya berada di kisaran Rp 13 jutaan hingga Rp 20 juta, dan bisa lebih tergantung kurs dollar dll.

5. Laptop Yang Powerful.

Apakah Anda membutuhkan laptop yang powerful untuk membuka file Excell yang punya ukuran sekitar 1GB? Jika iya, maka Anda wajib memilih laptop dengan CPU minimal Intel Core i7 generasi 10 atau 11. Atau AMD Ryzen 7 4000 series atau 5000 series sebagai pilihan alternatif.

Sementara untuk kapasitas RAM, sebaiknya gunakan laptop dengan RAM minimal berkapasitas 32GB, atau kalau perlu 64GB agar lebih lancar.

Biasanya, hanya laptop bisnis saja yang punya kapasitas RAM bawaan 32GB, dan bisa di-upgrade hingga 64GB. Sedangkan untuk laptop mainstream, sangat jarang ada laptop yang punya kapasitas RAM bawaan 32GB. Sehingga, Anda perlu untuk melakukan upgrade RAM dengan menambahkan satu atau mengganti dua keping RAM yang ada di dalam laptop.

Jika tidak mempermasalahkan soal konsumsi daya listrik dan juga bobot, maka laptop gaming juga bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif.

6. Laptop Tipis Untuk Desain Ringan.

Bagi Anda yang berurusan dengan konten multimedia, termasuk untuk urusan social media dan juga promosi, maka ada baiknya jika menggunakan laptop tipis yang menggunakan kartu grafis tambahan alias dedicated GPU.

Biasanya, dedicated GPU yang digunakan oleh laptop tipis adalah NVIDIA MX series. Laptop dengan konfigurasi ini bakal cocok untuk penggunaan pengolahan grafis yang (sedikit) lebih berat. Misalnya, untuk pembuatan gambar-gambar flyer digital, pengeditan video, atau apapun yang berkaitan dengan pengolahan grafis.

Namun, laptop tipis dengan GPU macam NVIDIA MX series ini tidak akan kuat untuk editing menggunakan Adobe After Effects, Davinci Resolve, ataupun Blender.

Jika memang kantormu sangat rajin dan aktif untuk melakukan promosi secara online di social media atau yang lainnya, maka ada baiknya jika Anda menggunakan laptop gaming, agar urusan pengolahan gambar/grafis/video bisa berjalan jauh lebih lancar dan cepat.

7. Laptop Dengan Konektivitas 4G/5G.

Jika Anda adalah pekerja yang sangat sering mobiling dan selalu membutuhkan koneksi internet, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih laptop yang sudah dibekali dengan konektivitas 4G atau 5G.

Memang, tidak semua laptop akan bisa dipasangkan kartu SIM dan terhubung ke jaringan 4G atau 5G. Dan biasanya, kita baru bisa meminta (request) untuk dibuatkan laptop bisnis yang dilengkapi dengan konektivitas tersebut, jika kita melakukan order laptop bisnis secara B2B/dalam jumlah banyak.

Untungnya, saat ini kita sudah bisa menemukan laptop bisnis dengan konektivitas 4G dan 5G yang bisa dibeli secara satuan.

Itulah tips memilih laptop yang cocok untuk pekerja kantoran. Terimakasih telah berkunjung di website kami, Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami adalah perusahaan Jasa Pengurusan Izin Usaha yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dan didukung pula oleh tim ahli yang bekerja secara profesional.

Di Gapura Office, Anda bisa dengan mudah membuat dokumen-dokumen penting dengan cepat dan murah. Perusahaan kami melayani berbagai pengurusan Izin Usaha dengan proses cepat tanpa ribet.

Semua pengurusan pastinya akan dilakukan sesuai dengan prosedur, sehingga dapat dilaksanakan dengan baik dan cepat selesai serta dengan hasil yang memuaskan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir, karena kami selalu melayani konsultasi selama pengurusan Izin Usaha Anda.

Apapun Izin Usaha yang ingin Anda urus, jangan ragu untuk menggunakan Biro Jasa kami. Karena kami siap membantu pengurusan berbagai dokumen yang Anda butuhkan.

Nah, jika Anda tertarik menggunakan jasa dari Gapura Office, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk konsultasi secara GRATIS. Kami memberikan konsultasi bagi orang-orang yang ingin mengurus Izin Usaha menggunakan jasa kami. Kami akan sangat senang bisa membantu Anda.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu khawatir. Karena kami sudah mengantongi Izin resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Jadi, Anda juga tidak perlu ragu untuk menjadikan kami sebagai partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha.

Ada banyak layanan yang kami tawarkan di sini. Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, Anda bisa langsung mengakses situs resmi kami. Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Segera legalitaskan perusahaan Anda hanya di Gapura Office! Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional bersama kami. Suatu kebanggaan pula bagi kami jika dapat terlibat dalam pengembangan usaha Anda yang tengah meniti tangga kesuksesan.

Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena kami adalah perusahaan terpercaya. Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda dengan cepat dan berpengalaman.

Ayo langsung hubungi kami untuk konsultasi! So, start your business right bersama Virtual Officeku!

PT Garuda Perkasa Putra Angkasa (virtualofficeku.co.id) terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0043399.AH.01.01.Tahun 2016
?>