Blog Post

Tips Menyusun Rencana Keuangan Pribadi

Keuangan Pribadi

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Setiap orang tentu berharap punya penghasilan yang besar. Namun, sebenarnya yang terpenting adalah Anda bisa menikmatinya.

Alangkah menyedihkan bila kita punya penghasilan atau gaji yang besar, tetapi jumlah hutang dan tagihan lebih dari 70 persen dari penghasilan, dan kita tidak bisa menabung atau berinvestasi.

Penghasilan sebanyak apapun, jika kita tidak pandai mengatur keuangan pribadi dengan baik, tentunya tidak akan menjamin kesejahteraan hidup kita.

Untuk itu, menyusun rencana keuangan merupakan hal yang tidak boleh disepelekan dalam urusan finansial. Terutama bagi Anda yang masih berusia di bawah 25 tahun.

Nah, pada ulasan kali ini, GAPURA akan memberikan tips bagaimana cara menyusun rencana keuangan yang efektif. 

Menyusun rencana keuangan sangatlah penting, agar Anda bisa terhindar dari resiko-resiko finansial yang akan disebutkan berikut ini.

Dengan menyusun rencana keuangan yang baik, juga bisa menjadi bekal bagi Anda di kemudian hari.

1. Menghitung CashFlow Pribadi

Langkah pertama adalah menghitung cashflow pribadi Anda perbulannya. Anda bisa melakukannya dengan cara menyusun pengeluaran Anda setiap bulannya, baik itu pengeluaran tetap maupun pengeluaran tidak tetap.

Setelah itu, alokasikan pemasukan Anda untuk pengeluaran tetap. Dan sesuaikan pula jumlah pengeluaran tidak tetap sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

2. Memilih Instrumen Investasi Yang Tepat

Apabila Anda masih memiliki sisa dana, Anda bisa memanfaatkan sisa dana tersebut untuk investasi. Sebab, terkadang keadaan pasar modal juga tidak stabil.

Anda bisa memilih instrumen investasi yang minim resiko. Contohnya, logam mulia atau emas.

Dengan memilih instrumen investasi yang tepat, kerugian yang Anda dapatkan tidak akan terlalu besar jumlahnya. Dan keuntungan yang Anda peroleh juga menjanjikan.

3. Menyusun Rencana Jangka Panjang

Dalam menyusun rencana keuangan, penting bagi Anda untuk menyusun rencana jangka panjang. Contohnya, membeli rumah sendiri atau kebutuhan lain.

Dengan demikian, Anda bisa mengestimasi berapa kira-kira jumlah dana yang harus disisihkan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Semoga tips keuangan di atas dapat membantu Anda menyusun rencana keuangan pribadi dengan lebih cermat. Namun, bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis atau startup dan tengah mencari Virtual Office atau Coworking Space, bisa langsung kunjungi website kami di virtualofficeku.co.id.

Selain itu, Anda juga dapat Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda. Dan jangan lupa, kunjungi Instagram dan Facebook kami juga ya!