Blog Post

Tren Coworking Space Yang Semakin Berkembang

Coworking Space

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Ketika seseorang hendak memulai dan menjalankan bisnis, maka satu hal yang pasti terpikirkan olehnya adalah ruangan untuk bekerja. Umumnya, pebisnis akan berpikir untuk menyewa sebuah kantor, lengkap dengan segala peralatannya.

Namun saat menyewa kantor atau rumah, kendalanya bisa saja memakan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi jika harus menyediakan alat-alat kantor seperti meja, kursi, printer, komputer, fax, dan lain sebagainya.

Pilihan lainnya yang lebih realistis, yakni bekerja di rumah. Memang dari segi biaya, bekerja di rumah lebih hemat, karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa kantor.

Namun kelemahannya, bekerja di rumah membatasi ruang gerak untuk berinteraksi dan bersosialisasi. Hambatan lainnya, yakni rasa bosan yang bisa saja melanda, karena suasana di rumah terkadang tidak dinamis dan cenderung monoton.

Kehadiran Coworking Space pun seakan menjadi solusi bagi para pelaku startup, entrepreneur, maupun freelancer yang membutuhkan ruang kerja yang fleksibel dan nyaman.

Selain itu, Coworking Space juga menawarkan beragam kemudahan yang tidak bisa didapatkan di kantor konvensional. Di antaranya yakni fleksibilitas, suasana kerja yang menyenangkan, kesempatan menjalin networking, dan tentunya harga yang lebih terjangkau.

Kesadaran Masyarakat Tentang Coworking Space

Berdasarkan laporan “Coworking Space Awareness in Indonesia” yang dipublikasikan oleh DailySocial bersama JakPat Mobile Survey, sebanyak 67 persen responden cukup akrab dengan istilah Coworking Space.

Sementara itu, riset yang respondennya berasal dari pulau Jawa dan Bali ini mengungkapkan fakta bahwa 78 persen pernah mengunjungi Coworking Space.

Mayoritas responden yang merupakan pengguna smartphone, sebanyak 90 persen menyatakan bahwa mereka bisa menyelesaikan pekerjaannya di Coworking Space. Dan sebanyak 82 persen di antara mereka menganggap Coworking Space sebagai tempat bekerja.

Dalam riset tersebut juga disebutkan akan kebutuhan pengguna Coworking Space, yakni koneksi internet (75 persen), ruang kerja (66 persen), ruang rapat (46 persen), makanan dan minuman (30 persen), networking (26 persen), Virtual Office (16 persen), self-development event (15 persen), dan loker (3 persen).

Adapun sebagian besar responden (79 persen) lebih mengutamakan aspek lokasi sebagai pertimbangan dalam memilih Coworking Space. Pertimbangan lainnya, yakni fasilitas (67 persen), biaya (69 persen), ambience (42 persen), networking (21 persen), kolaborasi (5 persen), dan investasi (5 persen).

Tren Coworking Space Semakin Berkembang

Bisa dikatakan, Coworking Space telah menjadi budaya baru bagi para pekerja profesional di perkotaan. Lewat Coworking Space pula, para pebisnis maupun pekerja dapat menjalankan aktivitasnya tanpa harus terbatas waktu maupun sekat-sekat dinding.

Dengan konsep open-space mereka dapat berinteraksi dengan lebih leluasa, sehingga memiliki keseimbangan antara kebutuhan bekerja dan sosialisasi.

Coworking Space diartikan sebagai ruang kerja yang digunakan secara bersama oleh orang-orang dengan latar belakang yang berbeda-beda dan waktu yang fleksibel. Dari definisi atau pengertian tersebut, Coworking Space yang disewakan harian, mingguan, bulanan ataupun tahunan, memungkinkan para anggotanya untuk berkolaborasi satu sama lain.

Tarif Coworking Space

Lantas, bagaimana dengan tarif menjadi member Coworking Space? Setiap penyedia jasa layanan Coworking Space tentunya memiliki kebijakannya masing-masing.

Perihal tarif, ada yang per jam, harian, bulanan, hingga tahunan. Semakin lama durasi kita menyewa, maka biaya yang dikerluarkan pun setara dengan layanan atau fasilitas yang kita dapat, seperti yang ditawarkan Gapura Office atau Virtual Officeku.

Fasilitas yang ditawarkan Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda untuk berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member.

Fasilitas ekslusif yang diberikan di antaranya adalah ruangan private ukuran 3×3 M dengan 2 meja dan 3 kursi, Listrik, Parkir, Papan Nama, ruangan meeting terbuka dan tertutup, line telephone, dan masih banyak lagi fasilitas yang akan Anda dapat.

Selain fasilitas yang ditawarkan, Gapura Office juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif dan tentunya dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal. Hal tersebut karena Gapura Office merupakan perusahaan yang memiliki visi mendukung segala ekosistem bisnis di Indonesia.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan penawaran lengkap dari kami, Anda bisa langsung menuju ke halaman pricing kami di virtualofficeku.co.id untuk mendapatkan promo dan penawaran menarik lainnya.

Silahkan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk mendapatkan kantor Coworking Space Anda.