Blog Post

Trik Memulai Bisnis Jualan Online Bagi Pemula

Usaha di Rumah Jualan Online

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Bagi Anda yang baru ingin terjun ke dunia bisnis online, ada beberapa cara jualan online untuk pemula yang perlu Anda perhatikan.

Tips-tips yang akan kami berikan di sini sangatlah penting untuk diperhatikan dan juga dipraktekkan, karena akan sangat berguna dalam mengelola elemen-elemen yang ada di dalam bisnis online tersebut. Berikut informasi selengkapnya.

1. Mempersiapkan Mental

Yang paling utama dan harus diperhatikan adalah mempersiapkan mental terlebih dahulu. Terutama bila Anda sama sekali belum pernah berbisnis sendiri, baik secara online maupun offline.

Beberapa garis besar yang perlu Anda pelajari adalah sebagai berikut :

  • Mengetahui karakteristik pembeli online.
  • Tampilan toko/media online yang digunakan untuk jualan.
  • Membangun kepercayaan pelanggan atas toko online Anda.
  • Kualitas Customer Service jasa atau barang Anda.

2. Menentukan Barang Yang Akan Dijual

Bisnis memiliki dua macam, yaitu menjual produk dan menjual jasa. Jadi, sebelum Anda memulai untuk jualan online, Anda harus benar-benar mengetahui apa yang akan Anda tawarkan ke konsumen.

Jika Anda ingin menawarkan produk, berarti Anda berjualan barang secara online dengan cara membeli ataupun memproduksi sendiri barang jualan Anda, atau bisa juga menggunakan sistem dropship.

Tak hanya berjualan produk fisik, Anda juga bisa berjualan produk digital seperti menjual tiket online, pulsa, dan sejenisnya. Apapun pilihan jualannya, yang terpenting Anda harus benar-benar menyukai bisnis tersebut.

3. Menyusun Rencana Bisnis

Tips jualan online untuk pemula selanjutnya adalah menyusun suatu rencana bisnis dari yang akan dijalankan. Rencana bisnis ini akan mencakup beberapa hal yang akan kami jelaskan selanjutnya ataupun yang telah kami bahas.

Tetapi secara garis besar, di dalam rencana ini Anda akan menyusun segala hal tentang bisnis online Anda tersebut. Mulai dari sekedar menentukan nama toko, menentukan produk yang akan dijual, rencana harga jual, hingga kepada perhitungan berapa lama modal yang dikeluarkan akan kembali.

4. Mencari dan Menentukan Supplier

Setelah mengetahui produk apa yang akan Anda jual, selanjutnya adalah mencari supplier alias tempat Anda membeli barang jualan yang tepat dan menawarkan harga terbaik.

Pastikan Anda menyisihkan waktu dan mempertimbangkan dengan matang untuk tahapan yang satu ini, karena akan sangat krusial bagi bisnis online yang akan Anda jalankan.

Beberapa faktor yang menentukan pemilihan supplier yang tepat antara lain adalah sebagai berikut :

  • Lokasi supplier.
  • Jarak dari tempat mereka ke tempat Anda.
  • Harga yang mereka tawarkan.
  • Ketersediaan stok barang.
  • Kemudahan dan kelancaran komunikasi dengan supplier tersebut.

5. Menentukan Harga Jual

Selanjutnya adalah menentukan berapa harga jual yang tepat untuk produk yang akan Anda tawarkan. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dari segi ini antara lain adalah :

  • Harga produk di pasaran.
  • Harga yang dipatok oleh supplier.
  • Biaya operasional untuk mendatangkan barang.

6. Mencari dan Menentukan Tempat Jualan

Dalam mencari lokasi jualan online, Anda perlu mengetahui apa saja alternatif lokasi yang ada di pasar, dimana saat ini sudah sangat beragam tersedia di internet.

Ada banyak pilihan tempat jualan online yang dapat Anda pilih berdasarkan kategorinya, antara lain media sosial, marketplace, atau membuka website toko online sendiri.

Dari beragam pilihan tersebut, tentunya ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang perlu Anda ketahui dan sesuaikan dengan gaya bisnis Anda.

7. Membangun Pondasi Media Sosial

Memilih untuk jualan online berarti Anda harus aktif melakukan pemasaran di internet atau media sosial. Sebab, salah satu cara untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda ke khalayak luas dengan gratis adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Di media sosial, Anda dapat membuat akun jualan online di Instagram, Twitter, Facebook, atau bahkan aplikasi e-commerce.

8. Membuat Website Pribadi

Cara selanjutnya adalah membuat website khusus jualan. Pada tahap awal, Anda dapat menggunakan media sosial untuk perkenalan bisnis Anda. Namun, untuk mengembangkan bisnis, sebaiknya Anda memiliki website pribadi yang nantinya dapat digunakan sebagai perkenalan nama usaha Anda dan apa saja produk yang dijual.

9. Melakukan Promosi Barang Jualan

Selanjutnya adalah memilih saluran promosi. Beberapa saluran promosi yang bisa digunakan antara lain adalah :

  • Marketplace, dan menjadi premium member atau official store.
  • Memasang iklan di Facebook atau Instagram Ads.
  • Beriklan di Google Ads atau Adwords Express.
  • Mengoptimalkan SEO khusus bagi Anda yang sudah memiliki website jualan sendiri.

10. Berikan Nilai Tambah

Untuk meningkatkan konsumen, berarti Anda harus bisa memberikan nilai tambah. Agar dapat unggul dibandingkan para pesaing, sebaiknya barang yang Anda jual memiliki nilai tambah.

Nilai tambah yang bisa Anda berikan adalah layanan yang cepat dan mudah, seperti memberikan bonus produk, jasa customer service yang lebih baik, hingga kredibilitas after service yang memadai. Semakin bagus nilai tambah Anda, maka akan semakin banyak pembeli yang akan mempercayai produk Anda.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang merintis bisnis dan ingin sewa Virtual Office, khususnya di wilayah Jakarta dan Tangerang, Anda bisa sewa kantor virtual di Gapura Office atau Virtual Officeku.

Anda bisa mendapatkan penawaran paket yang menarik dari kami bila sewa kantor virtual di Gapura Office. Dan pastinya Anda akan lebih hemat biaya yang cukup banyak.

Lantas, apa saja keuntungan bila sewa Virtual Office di Gapura Office? Pastinya ada, selain pemangkasan biaya, Anda juga bisa dapatkan banyak keuntungan lainnya, seperti bekerja lebih efektif.

Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk sewa Virtual Office Jakarta, maka Anda dapat mempercayakannya pada Virtual Officeku. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official kami di https://www.virtualofficeku.co.id/.