Blog Post

Usaha Katering Berbadan Hukum, Haruskah?

Usaha Katering

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Jika Anda ingin membuka usaha Katering, terlebih usaha Katering untuk skala yang lumayan besar, maka Anda harus mengurus perizinan terlebih dahulu.

Pemerintah sendiri mensyaratkan higiene sanitasi sebagai upaya pengendalian berbagai penyakit atau gangguan kesehatan yang biasanya berasal dari perlengkapan katering, bahan makanan, hingga pengolah makanan atau tenaga kerja itu sendiri.

Usaha Katering Berbadan Hukum, Haruskah?

Membentuk badan hukum dalam suatu usaha juga tergantung pada besarnya usaha yang akan dijalankan. Jika Anda menginginkan usaha besar dan berkembang pesat, maka ada baiknya membuat badan usaha. Membuat badan usaha ini akan memudahkan Anda untuk mendapat pesanan skala besar seperti dari pemerintahan, instansi, dan pihak swasta.

Nah, mengenai beberapa berkas badan usaha Katering yang perlu Anda urus adalah :

  • Surat Domisili (Lokasi) Usaha.
  • Surat Izin Lingkungan atau HO.
  • Akta Pendirian Perusahaan.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • SIUP dan TDP.
  • Bergabung dengan asosiasi usaha Katering, contohnya seperti Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI).

Adapun untuk mendapat perizinan usaha Katering, maka Anda perlu melengkapi beberapa syarat berikut ini :

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pemohon.
  • Denah dan gambaran dapur.
  • Surat penunjukan penanggung jawab jasa Boga (chef atau koki utama).
  • Fotocopy ijazah/sertifikat tenaga ahli sanitasi yang mengerti seluk beluk higiene sanitasi, khususnya untuk makanan.
  • Fotocopy Sertifikat Kursus dari higiene sanitasi pemohon atau pengusaha (jika ada).
  • Fotocopy Sertifikat Kursus dari higiene sanitasi untuk penjamah makanan paling tidak satu orang yang berhubungan dengan proses pengolahan makanan.
  • Surat rekomendasi dari Asosiasi Jasa Boga (jika ada).

Syarat-syarat di atas harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum Anda melakukan prosedur perizinan usaha Katering. Setelah semua syarat tersebut terpenuhi, maka prosedur yang harus dilewati selanjutnya adalah :

  • Mengajukan surat permohonan Izin Usaha Katering yang ditujukan kepada kepala Dinas Kesehatan tingkat Kabupaten/Kota.
  • Selanjutnya petugas akan merencanakan pemeriksaan dan survei untuk higiene sanitasi dan dibantu oleh beberapa Asosiasi Jasa Boga.
  • Tim yang terbentuk akan melakukan pemeriksaan dan survey secara acak (tidak ditentukan harinya) untuk menilai kelayakan usaha baik secara fisik, kimia, kesehatan serta bakteriologis dari rangkaian produksi makanan hingga ke pelanggan.
  • Penilaian yang dilakukan akan meliputi paling tidak pemeriksaan fisik, laboratorium, dan pemberian kesimpulan.
  • Pemeberian sertifikat yang menyatakan bahwa perusahaan sudah layak higiene sanitasi dari Asosiasi Jasa Boga.
  • Pemberian surat Izin Usaha Katering dari Dinas Kesehatan.

Prosedur yang telah dijelaskan di atas, harus dilakukan secara runtut dan sistematis agar Anda bisa mendapatkan surat Izin Usaha Katering dengan cepat.

Itulah beragam cara mengurus Izin Usaha Katering. Tentunya dengan izin yang lengkap, bukan hanya bisnis Anda menjadi aman, namun juga bisa mendapatkan keuntungan tertentu. Namun jika perizinan Anda tidak lengkap, siap-siap saja menanti sanksi yang diberikan.

Oleh sebab itu, sebelum terjerat sanksi hukumnya, segera urus perizinan bisnis Katering Anda. Dan jika Anda tidak mau ribet mengurusnya, atau tidak punya banyak waktu, serahkan saja kepada kami, Gapura Office atau Virtual Officeku. Kami dapat membantu bisnis Katering Anda menjadi legal.

Di Gapura Office atau Virtual Officeku, Anda bisa mendapatkan surat Izin Usaha Katering dengan mudah, cepat, transparan, dan pastinya dengan harga yang terjangkau.

Adapun keunggulan dari kami adalah perizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, dan konsultasi hukum pada orang yang ahli dan berpengalaman.

Semua pelayanan tersebut akan Anda dapatkan hanya dalam satu paket Biaya Jasa Pengurusan Izin Usaha. Dimana kami menawarkan biaya pengurusan Izin hanya dengan harga yang sangat terjangkau. Ya, biaya jasa pengurusan Izin Usaha Katering di Gapura Office memang lebih murah jika dibandingkan dengan perusahaan jasa perizinan lainnya. Oleh sebab itu, wujudkan impian Anda mendirikan usaha Katering hanya di Gapura Office.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu lagi! Karena kami sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha lainnya.

Selain itu, kami juga memiliki sederet notaris profesional yang siap membantu Anda mengurus segala dokumen dan perizinan dengan mudah dan cepat. Ditambah dukungan staff yang ahli dan mumpuni di bidangnya masing-masing. Tak heran bila perusahaan kami telah dikenal sebagai perusahaan Jasa Perizinan Usaha paling handal di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Dengan segala kelebihannya itu, maka sangat wajar bila kami akhirnya memperoleh kepercayaan oleh banyak klien untuk mengurus seluruh dokumen penting perusahaannya. Kepercayaan itu sebagai bukti akan kredibilitas atas pelayanan kami.

Jadi, jangan buang-buang waktu Anda terlalu lama hanya untuk mengurus keperluan Izin Usaha Katering ini. Karena dengan menggunakan Biro Jasa kami, maka semua urusan dijamin akan beres dalam waktu yang singkat dan proses yang tidak lama.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan, Anda bisa langsung tim Marketing kami DI SINI untuk informasi lebih lanjut. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional dari kami.

Ayo langsung hubungi kami untuk konsultasi! So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat