Blog Post

Yang Harus Anda Perhatikan Ketika Ingin Membuat PT

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Pembuatan PT di Jakarta Pengertian SIUP Mendirikan PT Akta Pendirian Perusahaan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Dalam beberapa tahun terakhir, badan usaha di Indonesia cukup pesat berkembang. Dimana jumlah perusahaan berbentuk PT baru yang berdiri terus meningkat, dan meliputi berbagai bidang usaha. Hal tersebut disebabkan banyak pengusaha yang tertarik untuk mengembangkan bisnisnya.

Selain itu, prosedur pembuatan PT sekarang ini juga sudah semakin mudah. Kini, untuk membuat PT murah pun sudah tidak lagi mustahil. Terlebih dengan keberadaan Biro Jasa Pembuatan Perusahaan PT yang memudahkan para pengusaha mengurusi izin dan legalitas PT.

Syarat Pembuatan PT

Sebelum memutuskan untuk membuat PT, ada baiknya Anda mencermati syarat-syarat berikut. Dengan begitu, maka proses mendirikan PT secara legal pun dapat berjalan tanpa hambatan.

1. Pendiri perusahaan berjumlah dua (2) orang atau lebih dan memiliki saham di PT tersebut.

2. Adanya Akta otentik terkait pendirian PT yang dibuat oleh Notaris dalam bahasa Indonesia, dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.

3. Penanggung jawab PT terdiri dari minimal satu (1) Direktur dan satu (1) Komisaris.

4. Modal awal pendirian PT minimal Rp 50 Juta, dan 25 persen dari modal tersebut harus disetorkan (sesuai UU Nomor 40 Tahun 2007). Namun, peraturan tersebut diperbarui dengan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2016. Besar modal awal diserahkan pada kesepakatan para pendiri PT dengan harapan dapat mempermudah pengusaha untuk memulai usaha dan mendorong pertumbuhan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

5. Ada Surat Keterangan Domisili Usaha yang menerangkan lokasi tempat usaha. Namun, jika Anda tidak memiliki kantor resmi, maka jasa Virtual Office pun dapat Anda gunakan untuk mendapatkan alamat bisnis.

6. Ada NPWP Perusahaan yang menandakan bahwa PT yang dibuat adalah legal.

7. Ada SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) yang menunjukkan bahwa perusahaan resmi berbadan hukum.

Sebelum mengurus syarat-syarat di atas, Anda harus mempersiapkan kelengkapan-kelengkapan dokumen seperti :

  • Salinan identitas (KTP) pendiri perusahaan.
  • NPWP pribadi.
  • KK (Kartu Keluarga) penanggung jawab.
  • Surat sewa.
  • Surat domisili
  • IMB.
  • Bukti pembayaran PBB terakhir.
  • Pas foto berukuran 3×4 (2 lembar dengan latar belakang merah).
  • Jumlah modal dasar dan modal setor serta komposisi saham.

Biro Jasa Pembuatan PT, Solusi Pembuatan PT Murah dan Cepat

Melihat persyaratan di atas, mungkin Anda bisa saja mengurungkan niat untuk mendirikan perusahaan. Mungkin Anda merasa repot bila berurusan dengan birokrasi. Nah, mulai saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya, banyak Biro Jasa Pembuatan Perusahaan PT yang siap membantu Anda dalam membuat PT murah. Cukup siapkan kelengkapan-kelengkapan syarat dan juga biaya, lalu percayakan saja seluruh urusan perizinan mendirikan perusahaan pada Biro Jasa Pembuatan Perusahaan PT tersebut.

Harga yang ditawarkan oleh setiap penyedia Biro Jasa Pembuatan Perusahaan PT berbeda-beda. Paket murah biasanya terbatas pada pengurusan Akta Pendirian PT dan surat pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM saja.

Sementara itu, proses pembuatan PT lengkap sampai berstatus legal biasanya tercakup pada paket yang harganya lebih mahal.

Untuk waktu pengerjaan, umumnya sebuah Biro Jasa Pembuatan Perusahaan PT membutuhkan waktu sekitar 30 hari. Pengurusan Akta Pendirian Perusahaan sendiri biasanya memakan waktu sekitar 3 hari sampai disahkan.

Waktu ini terbilang sebentar, terutama dibandingkan jika Anda harus mengurus semuanya sendiri. Biayanya pun jelas lebih hemat. Jadi, Biro Jasa Pembuatan Perusahaan PT semacam ini merupakan solusi terbaik bagi pengusaha untuk mendirikan PT.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum membuat PT murah. Jadi, sudah siap membangun PT untuk menunjang usaha Anda?

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk pendirian PT, Anda bisa menghubungi kami di sini. Dan dengan senang hati kami akan membantu Anda secara profesional.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat