Blog Post

Yang Harus Diperhatikan Dalam Memulai Bisnis Apotek

Bisnis Apotek

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Saat ini, mendirikan Apotek merupakan salah satu pilihan bisnis yang memiliki peluang kesuksesan yang tinggi. Apotek sendiri adalah tempat dilakukannya pekerjaan kefarmasian dan penyaluran ketersediaan kefarmasian serta perbekalan kesehatan lainnya kepada masyarakat.

Melihat dari definisi tersebut, maka dapat kita ketahui bahwa Apotek bertugas untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Mendirikan Apotek memang cukup mudah, namun tetap diperlukan strategi dan perhitungan yang matang agar pendirian Apotek ini bisa dengan mudah mendapatkan Izin dari Dinas Kesehatan dan sukses di pasaran.

Dalam menjalankan bisnis Apotek, ada hal lain yang perlu diperhatikan agar Apotek milik Anda dapat bertahan dan tentunya juga sukses, diantaranya adalah :

1. Pemasaran

Agar Apotek ramai pembeli, maka gunakanlah strategi pemasaran yang baik. Misalnya, mencari supplier obat di media cetak atau online, membuat brosur, pamflet, atau iklan radio dan koran lokal. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan papan tanda Apotek di depan toko agar mudah dilihat.

Selain dari segi pemasaran, manajemen harga obat juga turut menentukan kesuksesan Apotek Anda. Tentukan harga yang sesuai dan relatif terjangkau. Perhatikan pula pesaing Anda dari Apotek lain dalam mematok harga.

2. Waspadai Obat Palsu

Kemungkinan masuknya obat-obatan palsu ke Apotek juga harus Anda waspadai. Belilah obat-obatan langsung ke pihak produsen. Karena jika Anda ketahuan menjual obat palsu, maka Izin Apotek milik Anda akan dicabut, dan Apotek Anda akan kehilangan kepercayaan dari masyarakat.

Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan dalam mendirikan Apotek adalah :

1. Lokasi

Lokasi yang strategis menentukan kesuksesan Anda dalam membangun Apotek. Misalnya, tentu saja Apotek akan lebih produktif jika didirikan di dekat Rumah Sakit, Puskesmas, dan Praktek Dokter, atau di sekitar perumahan yang padat penduduknya.

2. Pengetahuan Tentang Obat-obatan

Setelah lokasi sudah ditentukan, maka hal berikutnya yang perlu dipersiapkan adalah pengetahuan mengenai obat-obatan. Jika Anda tidak memiliki latar belakang pendidikan farmasi, maka Anda harus mempersiapkan seorang Apoteker yang bertanggung jawab dalam menjalankan Apotek.

Umumnya, gaji untuk seorang Apoteker rata-rata berada di rentang Rp 2 Juta hingga Rp 4 Juta per bulan.

3. Izin

Hal yang juga harus diselesaikan adalah mengurus Surat Keterangan Izin Tempat Usaha. Setelah itu, mengajukan permohonan surat Izin Mendirikan Apotek. Jika lolos uji kelayakan, maka Apotek siap untuk dijalankan.

Persyaratan dan tata cara pendirian Apotek ini dapat Anda pelajari di dalam Kepmenkes RI Nomor 1332 Tahun 2002. Adapun biaya yang dikeluarkan untuk perizinan tersebut tergantung oleh kota masing-masing.

4. Pengadaan Obat

Sediakan berbagai macam obat-obatan untuk kelengkapan Apotek Anda dan pastikan pula ketersediaan obat-obatan yang dibutuhkan masyarakat.

Biaya yang dikeluarkan untuk membeli obat tergantung dari varian dan jenis obatnya. Untuk kategori sedang, biaya yang diperlukan berkisar Rp 40 Jutaan.

Namun, sebelum membeli obat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain :

  • Melakukan tinjauan terhadap masalah kesehatan yang sering terjadi.
  • Menyesuaikan macam obat yang akan dibeli dengan anggaran.
  • Pilihlah obat yang standar mutunya tinggi.
  • Sediaan kombinasi dipilih jika potensinya lebih baik daripada sediaan tunggal.

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam menjalankan bisnis Apotek. Nah, jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan untuk membuka toko obat dan ingin mendapatkan surat Izin Mendirikan Apotek, di Gapura Office atau Virtual Officeku Anda bisa mendapatkannya dengan mudah, cepat, dan juga pastinya dengan harga yang terjangkau.

Keunggulan dari kami adalah perizinan yang tidak sulit, Izin Usaha yang lengkap, mudahnya mendapatkan perizinan, dan Konsultasi Hukum pada orang yang ahli dan berpengalaman. Semua pelayanan tersebut akan Anda dapatkan hanya dalam satu paket Biaya Pengurusan Izin Usaha Mendirikan Apotek.

Adapun layanan yang kami berikan meliputi berbagai jenis jasa perizinan yang ada di Indonesia. Dimulai dari perizinan usaha, izin pribadi, pembuatan PT, CV, hingga pengurusan dokumen perusahaan. Berdasarkan pengalaman, maka dapat menjamin setiap pengurusan perizinan Anda ditangani dengan cepat, profesional, dan dengan harga yang bersahabat tentunya.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu lagi! Karena kami sudah mengantongi izin resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha lainnya.

Tak hanya itu saja, kami juga memiliki sederet Notaris profesional yang siap membantu Anda mengurus segala dokumen dan perizinan dengan mudah dan cepat. Ditambah dukungan staff yang ahli dan mumpuni di bidangnya masing-masing. Tak heran bila perusahaan kami telah dikenal sebagai perusahaan Jasa Perizinan Usaha paling handal di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Berikut ini beberapa layanan jasa Pendirian Usaha yang kami tawarkan, yaitu :

NO JASA LAYANAN PENDIRIAN HARGA
1 PT KECIL ( All In ) Modal Setor 50 Jt– 500 Jt Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 7.000.000
2 PT SEDANG ( All In ) Modal Setor 501 Jt – 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 9.000.000
3 PT BESAR ( All In ) Modal Setor > 5 M Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 12.000.000
4 CV ( All In ) Akta Pendirian, SK. Kemenkumham, NPWP Badan, Izin Usaha, Izin Lokasi, dan NIB.     Rp 5.000.000
5 UD ( Usaha Dagang ) Akta, Domisili, NPWP, SIUP, TDP   Rp 5.000.000
6 YAYASAN Akta Pendirian Yayasan, SK Kemenkumham, Surat Keterangan Domisili, NPWP Yayasan dan SKT, Tanda Daftar Yayasan, Surat Izin Operasional.     Rp 7.000.000
7 KOPERASI Pengecekan Nama Koperasi, SK penyuluhan Koperasi, Akta pendirian Koperasi, NPWP Koperasi, Domisili, SIUP, TDP     Rp 15.000.000
8 PERKUMPULAN Akta Pendirian, Program Kerja, Sumber Pendanaan, Surat Keterangan Domisili, NPWP perkumpulan   Rp 5.000.000
9 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
10 PEMBUBARAN PT / CV / PERUSAHAAN Rp 12.000.000
11 AKTA JUAL BELI SAHAM Rp 2.000.000
12 PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) Rp 2.000.000
13 NPWP BADAN Rp 1.000.000
14 DOMISILI Rp 1.000.000
15 SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) Rp 1.000.000
16 TDP ( Tanda Daftar Perusahaan ) Rp 1.000.000
17 NIB ( Nomor Induk Berusaha ) Rp 3.000.000
18 TDUP ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) Rp 6.000.000
19 SIUJPT ( Surat Izin Usaha Jasa Pengelola Transportasi ) Rp 12.000.000
20 API ( Angka Pengenalan Impor ) Rp 6.000.000
21 IUI ( Izin Usaha Industri ) Rp 12.000.000
22 Izin Klinik Rp 30.000.000
23 Izin Apotek Rp 12.000.000
24 Sertifkat Produksi Alat Kesehatan Rp. 18.000.000
25 Sertifikat Distribusi Alat Kesehatan Rp. 12.000.000
26 Sertifikat Izin Edar Kemenkes Rp. 12.000.000
27 PIRT (Pengusaha Industri Rumah Tangga) Rp. 12.000.000
28 ASK ( Angkutan Sewa Khusus ) Rp 6.000.000
29 NIK ( Nomor Induk Kepabeanan ) Rp 6.000.000
30 TDG ( Tanda Daftar Gudang ) Rp 12.000.000
31 HPM ( Hak Paten Merk ) Rp 6.000.000
32 MICE ( Meeting, Incentive, Conference, Exhibition ) Rp 6.000.000
33 BPOM ( Makanan ) Rp 25.000.000
34 BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Kosmetik ) Rp. 45.000.000
35 Izin Halal / MUI Rp. 25.000.000
36 Uji Lab ( Per Varian ) Rp. 3.000.000
37 SNI ( Standar Nasional Indonesia ) Rp 50.000.000
38 GAPENSI ( Gabungan Pengusaha Nasional Indonesia ) Rp 15.000.000
39 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies ) Rp 25.000.000
40 SIUJK K1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 39.000.000
41 SIUJK M1 ( Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi ) SKT (Sertifikat Keterampilan) KTA (Kartu Tanda Anggota) Asosiasi SIUJK Rp 52.000.000
40 Konsultan Pajak Harga Tergantung Pendapatan Perusahaan

Yuk, jadi pengusaha yang taat hukum sebagai investasi untuk bisnis Anda ke depannya. Masih belum paham soal hukum bisnis, seperti Izin Usaha Mendirikan Apotek? Nah, biarkan kami membantu Anda dalam pengurusannya. Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI.

Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam pembuatan Izin Usaha Mendirikan Apotek.

Suatu kebanggaan pula bagi kami jika dapat terlibat dalam pengembangan usaha Anda yang tengah meniti tangga kesuksesan.

Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena kami adalah perusahaan terpercaya. Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman.

Ayo, langsung hubungi kami untuk konsultasi! So, start your business right bersama Virtual Officeku!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat