Blog Post

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Izin Usaha Peternakan

Peternakan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Beternak merupakan salah satu cara untuk dapat memulai sebuah usaha. Memelihara hewan ternak seperti ikan, sapi, kambing, dan sejenisnya, memang cukup menjanjikan peluang keuntungan yang cukup banyak. Hal inilah yang terkadang menarik perhatian banyak orang untuk memulai usaha dalam bidang peternakan.

Umumnya, hewan ternak dibudidayakan mulai dari bibit. Nah, bibit ternak yang masih berukuran kecil inilah yang kemudian diberikan nutrisi sesuai untuk tumbuh kembang ternak. Kemudian, saat sudah cukup umur dan berat badan, maka ternak dapat dijual atau bahkan dipotong untuk kemudian dijual dagingnya.

Memelihara hewan ternak yang dilakukan dari mulai bibit kemudian dibesarkan hingga cukup umur ini tentunya membutuhkan waktu yang cukup untuk kemudian dapat diperjualbelikan.

Berikut ini adalah hal-hal penting bagi Anda yang ingin melakukan pengadaan bibit ternak untuk usaha Anda :

1. Pengadaan Bibit Ternak Wajib Mengajukan Permohonan Kepada Dinas Peternakan

Bagi para pengusaha yang akan melakukan pengadaan bibit ternak, maka wajib mengajukan permohonan kepada Dinas Peternakan. Khususnya bagi Anda yang akan mengadakan bibit hewan ternak yang berasal dari luar Kabupaten atau luar Provinsi. Hal ini berkaitan dengan program pengawasan terhadap hewan ternak yang dibudidayakan di sebuah daerah.

Maksud dari proses permohonan izin ini agar bibit yang didatangkan tidak memiliki resiko terkena penyakit maupun membawa penyakit yang akan membahayakan masyarakat sekitar. Sebab, hewan sangat rentan membawa bibit penyakit yang berpotensi membahayakan kesehatan orang di sekitarnya.

2. Mengajukan Surat Permohonan Dinas Terkait Untuk Dilakukan Penelitian Oleh Tim Teknis

Pengusaha wajib mengajukan surat permohonan untuk menampung hewan ternak guna dilakukan penelitian oleh tim teknis yang sudah ditunjuk oleh Dinas terkait.

Surat Permohonan Penampungan ini biasanya menyebutkan jenis ternak apa yang akan didatangkan dari luar daerah, kemudian berapakah jumlah ternak yang akan didatangkan. Tujuannya, ketika bibit ternak datang, maka tim dari Dinas terkait dapat melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak yang didatangkan tersebut.

Proses pemeriksaan ini penting untuk menjaga kesehatan dari ternak tersebut, serta memastikan bahwa bibit yang didatangkan benar-benar dalam keadaan sehat. Sehingga ketika bibit yang didatangkan sehat, juga akan menguntungkan dari pengusaha tersebut agar bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda.

3. Menyerahkan Bibit Kepada Balai Karantina Hewan

Pengusaha yang sudah mendapatkan kiriman bibit ternaknya wajib menyerahkan kepada Balai Karantina Hewan. Tujuannya, agar bibit hewan ternak yang didapatkan ini dapat segera diperiksa apakah bibit ternak tersebut membawa penyakit yang berpotensi membawa bahaya untuk peternak yang bersangkutan dan juga warga sekitarnya atau tidak.

Proses karantina ini wajib dilakukan untuk memastikan bahwa bibit ternak tersebut layak dibudidayakan sesuai dengan standar ternak yang berlaku. Bibit yang sudah dikarantina ini akan melalui serangkaian proses pemeriksaan yang cukup panjang, sampai akhirnya bibit tersebut dapat dikembalikan kepada pengusaha dan mulai diternakkan. Dan hal yang paling penting adalah ternak dinyatakan sehat.

Melakukan karantina bibit hewan ternak ini memiliki manfaat yang cukup banyak. Selain untuk memastikan bahwa ternak yang didatangkan tidak mengandung bibit penyakit, namun juga untuk memastikan bahwa bibit ternak tersebut sudah layak untuk dibudidayakan.

Pemeriksaan karantina ini juga bermanfaat untuk mensterilkan hewan ternak dari kemungkinan cemaran selama melakukan perjalanan proses pengiriman tersebut. Tentunya dengan melalui proses karantina ini, maka para peternak juga jauh lebih tenang. Sebab, jika ternak ternyata terbukti terinfeksi penyakit, maka usaha peternak akan menjadi sia-sia.

Proses karantina ini biasanya akan dilakukan selama beberapa hari sampai tim pemeriksaan sudah benar-benar mendapatkan kesimpulan bahwa bibit ternak yang didatangkan oleh peternak sudah layak untuk dibudidayakan dan dalam keadaan sehat.

GAPURA OFFICE Siap Membantu Legalitas Usaha Anda

Gapura Office atau Virtual Officeku dibuka untuk mendukung iklim kolaborasi, produktivitas, serta kreativitas para pekerja yang ada di seluruh Jakarta. Selain menyediakan paket Virtual Office dan Coworking Space yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, layanan yang dihadirkan di Gapura Office juga cukup lengkap.

Salah satunya adalah Gapura Office hadir untuk Anda membantu berbagai jenis perizinan usaha, pembuatan CV, PT, dan lain sebagainya. Kami merupakan Biro Jasa Perizinan Usaha Jakarta yang sudah berpengalaman.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan jasa kami :

1. Berpengalaman

Biro Jasa kami sudah cukup berpengalaman untuk membuat sebuah Izin Usaha. Biro Jasa kami termasuk salah satu jenis biro yang sudah cukup terpercaya untuk membantu Anda dalam mendapatkan izin untuk usaha Anda.

Selain itu, Biro Jasa kami juga merupakan salah satu jenis Biro yang wajib Anda kunjungi ketika sedang membutuhkan Izin Usaha untuk menjalankan usaha Anda.

Tentu saja dengan menggunakan jasa dari Biro Jasa kami, maka akan membuat Anda bisa mendapatkan Izin Usaha yang Anda perlukan.

2. Harga Termurah

Biro Jasa kami menawarkan harga jasa untuk pengurusan perizinan dengan jumlah biaya yang cukup bersaing. Biaya yang Anda keluarkan untuk membuat Izin Usaha melalui Biro Jasa kami tidak akan di atas harga normal untuk pengurusan Izin Usaha secara resmi. Namun juga tidak di bawah harga pasaran Biro Jasa sejenis yang menawarkan jasanya kepada Anda.

Biro Jasa kami tentu saja menawarkan harga yang wajar ketika Anda mempercayakan keperluan pengurusan Izin Usaha Anda melalui Biro Jasa kami.

Selain itu, Biro Jasa kami juga tentu saja merupakan Biro Jasa yang akan membantu Anda sampai tuntas semua keperluan perizinan usaha Anda.

3. Memberikan Kemudahan

Mengurus Izin Usaha lewat Biro Jasa Gapura Office, tentu saja Anda tidak perlu repot-repot lagi pergi ke Dinas terkait untuk melakukan pengurusan usaha. Selain itu, Biro Jasa kami juga akan memberikan jasa penjemputan dokumen bagi Anda yang sibuk dengan usaha yang sedang Anda jalankan ini.

Biro Jasa kami tentu saja akan membuat Anda bisa memperoleh sebuah Izin Usaha untuk menjalankan usaha Anda tanpa perlu Anda merasa repot dengan semua proses yang harus Anda jalankan.

Nah, dengan alasan itulah mengapa Anda wajib memilih Biro Jasa Perizinan Usaha di Gapura Office sebagai salah satu solusi yang paling jitu bagi Anda yang sedang membutuhkan surat legalitas untuk usaha Anda.

Kami adalah pilihan tepat untuk Anda bagi yang ingin mempermudah perizinan usaha. Kami juga salah satu jasa pembuatan perizinan usaha terpercaya di Indonesia yang menyediakan jasa lengkap dalam pembukaan bisnis baru. Mulai dari pembuatan Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, pengurusan SIUP dan TDP, hingga pengurusan Akta Notaris dan surat-surat lainnya.

Tentu saja dengan menggunakan Biro Jasa kami, akan membantu Anda untuk mendapatkan legalitas perizinan yang Anda perlukan. Jadi, Gapura Office akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan Izin Usaha Anda.

Tak hanya itu saja, kami juga menyediakan layanan sewa Virtual Office dan Coworking Space yang terdapat di beberapa lokasi di Jakarta dan sekitarnya, yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan Hubungi Kami, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda.

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat