Blog Post

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang NIB dan OSS

NIB

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! NIB (Nomor Izin Berusaha) adalah sistem perizinan terbaru yang diberlakukan di Indonesia berdasarkan Perpres Nomor 91 Tahun 2017. Meskipun sudah dikeluarkan pada tahun 2017 lalu, namun implementasi Undang-Undang ini baru secara efektif berlaku di pertengahan tahun 2018 melalui PP Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Sistem NIB (Nomor Izin Berusaha) ini menggantikan beberapa perizinan yang sudah ada sebelumnya, dan juga berintegrasi dengan tahapan sistem perizinan dari instansi lain.

Ada beberapa hal yang penting untuk dipahami dalam pengurusan NIB. Berikut di antaranya :

Fungsi NIB (Nomor Izin Berusaha)

Mirip dengan NIK bagi penduduk Indonesia, NIB (Nomor Izin Berusaha) adalah nomor identitas bagi sebuah perusahaan. Fungsi NIB ini menggantikan beberapa izin sebelumnya. Izin yang digantikan dengan NIB adalah TDP (Tanda Daftar Perusahaan), API (Angka Pengenal Impor), dan juga akses kepabeanan sebagai eksportir dan importir.

NIB (Nomor Izin Berusaha) dapat diperoleh secara online menggunakan platform terbaru pemerintah yaitu OSS (Online Single Submission).

Dengan adanya NIB (Nomor Izin Berusaha) ini, maka setiap pelaku usaha dengan bentuk badan usaha atau non badan usaha kini memiliki nomor identitas nasional sebagai pengenal.

Adapun pelaku usaha yang bisa mendaftarkan NIB (Nomor Izin Berusaha) melalui OSS adalah sebagai berikut :

  • Perseroan Terbatas (PT).
  • Perusahaan Umum.
  • Perusahaan Umum Daerah.
  • Badan Hukum Lainnya yang dimiliki oleh Negara.
  • Badan Layanan Umum.
  • Lembaga Penyiaran.
  • Badan Usaha yang didirikan oleh Yayasan.
  • Koperasi.
  • Persekutuan Komanditer (Commanditaire Vennootschap), atau yang biasa disebut CV.
  • Persekutuan Firma (Venootschap Onder Firma).
  • Persekutuan Perdata.

OSS (Online Single Submission)

OSS (Online Single Submission) merupakan sistem baru berskala Nasional yang dikembangkan pemerintah, yang digunakan untuk pendaftaran Izin Usaha dan juga Izin Komersil. Melalui portal OSS (Online Single Submission) ini, maka kita bisa mendapatkan Izin Usaha yang dibutuhkan untuk beroperasi di Indonesia.

OSS (Online Single Submission) sendiri dapat diakses melalui portal: https://oss.go.id/oss/.

Platform OSS (Online Single Submission) ini bisa digunakan untuk berbagai jenis badan usaha seperti CV, PT, usaha perorangan ataupun PMA (Perusahaan Modal Asing). OSS (Online Single Submission) juga berintegrasi dengan berbagai Kementrian, seperti misalnya Kementerian Hukum dan HAM. Sehingga data yang ada di instansi lain terhubung dan bisa diakses untuk percepatan pengurusan perizinan.

Misalnya, jika pelaku usaha menggunakan badan hukum seperti PT (Perseroan Terbatas), maka nomor Akta dan SK yang sudah dikeluarkan dan terdaftar di database Kemenkumham akan terintegrasi di OSS (Online Single Submission).

Pemenuhan Komitmen

Berbeda dengan perizinan sebelumnya, dimana persyaratan harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum dikeluarkan, maka Izin Usaha langsung dikeluarkan oleh OSS (Online Single Submission).

Namun, setelah izin dikeluarkan, akan ada komitmen yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha. Komitmen ini harus dipenuhi dalam tenggat waktu yang berbeda tergantung izin yang diajukan. Jika komitmen belum dipenuhi setelah tenggat waktu berakhir, maka izin yang sudah dikeluarkan akan secara otomatis dibatalkan oleh sistem.

Contoh komitmen yang harus dipenuhi adalah :

  • Izin Lokasi.
  • Izin Perairan.
  • Izin Lingkungan ataupun IMB bagi usaha yang memerlukan pra sarana.

Izin Usaha dan Izin Komersil

OSS (Online Single Submission) sendiri mengeluarkan dua (2) tahapan izin, yaitu :

  • Izin Usaha.
  • Izin Komersial.

Izin Usaha adalah izin perdagangan dan jasa yang pada umumnya tidak memerlukan izin tambahan ataupun melakukan kegiatan produksi sendiri. Sementara Izin Komersial adalah izin yang perlu didaftarkan untuk keperluan operasional tertentu.

Contoh Izin Komersial adalah izin BPOM bagi pelaku usaha yang mendistribusi dan memproduksi makanan. Namun, tidak semua usaha memerlukan izin komersial.

Meski begitu, bagi yang membutuhkan Izin Komersial ini harus mendapatkan Izin Usaha dahulu sebelum mengajukan Izin Komersial.

 

Menggunakan sistem yang terintegrasi tentunya memerlukan semua data untuk ikut terintegrasi. Oleh karena itu, sangat penting bagi pelaku usaha untuk memastikan bahwa data pribadi yang terdaftar baik di sistem Dukcapil (Pencatatan Sipil) dan juga laporan terkait kewajiban membayar pajak sudah selesai dan sudah sesuai.

Adapun data yang tidak sesuai akan membuat penggunaan sistem OSS (Online Single Submission) menjadi tidak berjalan.

Gapura Office atau Virtual Officeku sudah berpengalaman menangani klien dalam mendaftarkan NIB (Nomor Izin Berusaha).

Nah, jika Anda membutuhkan bantuan untuk mendaftarkan usaha Anda melalui platform OSS (Online Single Submission) atau ingin berkonsultasi langsung, silahkan Hubungi Kami di nomor yang sudah disediakan atau mengisi formulir agar kami dapat langsung menghubungi Anda. Semoga bermanfaat!

×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat