Persyaratan Izin Edar BPOM Untuk Pangan Olahan

GAPURA – Hai sobat Gapura! Pangan olahan adalah makanan atau minuman hasil proses dengan metode tertentu. Dan setiap pangan olahan yang akan diperdagangkan di wilayah negara Indonesia, maka wajib mendapatkan Izin Edar.

Izin Edar sendiri adalah persetujuan hasil penilaian kriteria keamanan, mutu, dan gizi suatu pangan olahan untuk melakukan peredaran di Indonesia. Perolehan Izin Edar ini dilakukan dengan cara melakukan pendaftaran produk pangan olahan ke BPOM.

Ketentuan perundang-undangan membolehkan penambahan pangan olahan dengan Bahan Tambahan Pangan (BTP). Tentunya pengusaha perlu memeriksa jenis BTP apa saja yang diizinkan dalam pengolahan produk pangannya sesuai Permenkes 033/2012.

Pendaftaran pangan olahan dapat dilakukan secara manual maupun elektronik. Tentunya, berbagai persyaratan dan kriteria pangan olahan sesuai peraturan BPOM 26/2018 dan Peraturan BPOM 27/2017 tentang Pendaftaran Pangan Olahan.

Pangan olahan di sini bisa berupa pangan olahan Produksi Dalam Negeri maupun hasil impor dari Luar Negeri, dengan jenis nomor Izin Edar yang berbeda tentunya, yaitu :

1. Nomor Izin Edar Pangan Olahan Produksi Dalam Negeri diawali dengan kode “BPOM RI MD”.

2. Nomor Izin Edar Pangan Olahan Produksi Luar Negeri diawali dengan kode “BPOM RI ML”.

Syarat Pendaftaran Pangan Olahan Dalam Negeri

Berdasarkan Pasal 15 ayat 2 BPOM 26/2018 dan Lampiran I Peraturan BPOM 27/2017, persyaratan untuk memperoleh Izin Edar Pangan Olahan Dalam Negeri terdiri atas pemenuhan dokumen administratif dan dokumen teknis.

Dokumen Administratif, terdiri dari :

Dokumen Teknis, terdiri dari :

Persyaratan Pendaftaran Pangan Olahan Hasil Impor

Berdasarkan Pasal 15 ayat 3 BPOM 26/2018 dan Lampiran Persyaratan Peraturan BPOM 27/2017, persyaratan untuk memperoleh Izin Edar Pangan Olahan Hasil Impor adalah sebagai berikut.

Dokumen Administratif, terdiri dari :

Dokumen Teknis, terdiri dari :

Dengan demikian, perhatikan kriteria dan persyaratan pendaftaran sesuai peraturan perundang-undangan terkait sebelum mendaftarkan produk pangan olahan Anda.

Nah, bagi Anda yang saat ini ingin mengajukan persyaratan Izin Edar BPOM untuk Pangan Olahan, bisa langsung mengunjungi website kami di virtualofficeku.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera Hubungi Kami untuk mendapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional.

Gapura Office
×

Hello!

Selamat datang di Virtual Officeku (Gapura Office) silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke info@garudaoffice.com untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat