Tips Bila Terjadi Kebakaran di Gedung Perkantoran

Terjadi Kebakaran Gedung Perkantoran Kecelakaan Kerja

Tips Bila Terjadi Kebakaran di Gedung Perkantoran

GAPURA – Hai sobat Gapura! Bekerja di gedung perkantoran merupakan hal yang lumrah bagi masyarakat Ibu Kota. Namun, kewaspadaan perlu dimiliki oleh setiap orang yang bekerja di gedung tersebut. Hal ini karena gedung perkantoran memiliki resiko tersendiri seperti gempa atau kebakaran.

Bicara soal kebakaran, apa yang akan Anda lakukan bila terjadi kebakaran di kantor tempat Anda bekerja? Berikut tips selamatkan diri apabila terjadi kebakaran di gedung perkantoran yang wajib Anda perhatikan.

1. Dengarkan Instruksi

Bila Anda bekerja di perkantoran, biasanya terdapat instruksi jika terjadi suatu bencana seperti kebakaran. Dengarkan instruksi tersebut baik-baik, dan ikutilah petunjuk yang diberikan.

Namun, jika tidak ada instruksi terdengar dari speaker, ikutilah instruksi dari seseorang yang memandu ketika terjadi bencana. Seseorang tersebut bisa security ataupun person in charge yang telah ditunjuk dan di­-training sebelumnya.

Atur barisan dengan rapi dan jangan berhamburan atau berebut menuju tempat evakuasi. Dahulukan ibu hamil, anak-anak, penyandang disabilitas, serta orangtua dan wanita.

2. Menenangkan Diri

Bila Anda melihat asap, dan mendengar sirine tanda kebakaran, waspadalah dan sikapilah dengan serius. Namun, Anda juga harus tetap tenang. Kepanikan hanya akan membuat pikiran Anda kacau, serta dapat mengganggu proses evakuasi yang terjadi.

Dengan pikiran yang tenang, Anda akan dapat membaca situasi yang terjadi serta langkah apa yang harus dilakukan. Termasuk pula dengan ketenangan, Anda dapat membantu menyelamatkan orang – orang lain yang berada di lantai tersebut.

3. Hindari Lift dan Gunakan Tangga Darurat

Jangan menuju ke arah lift ketika kondisi darurat. Biasanya, lift langsung dimatikan karena dapat membahayakan keselamatan Anda. Tangga darurat merupakan standar wajib yang harus dimiliki oleh gedung perkantoran, dimana pintu tangga darurat berlapis material khusus yang tahan api.

Melajulah ke sana dengan tenang dan tidak berebut. Panik ketika menuruni anak tangga darurat hanya akan menimbulkan permasalahan tersendiri. Anda maupun orang lain dapat terjatuh saat sedang menuruni tangga darurat. Turunilah tangga darurat dengan langkah yang teratur, gerakan cepat, namun tetap berhati-hati.

4. Lindungi Saluran Pernapasan

Bayangkan bila Anda di dalam gedung yang sudah terbakar. Anda berada dalam posisi dimana titik kebakaran cukup dekat dengan Anda, maka pastinya asap tebal tidak mungkin bisa dihindari.

Cara terbaik adalah sesegera mungkin melindungi pernafasan Anda. Lindungi hidung dan mulut Anda dengan menggunakan tisu kering ataupun tisu basah. Bisa juga gunakan sapu tangan atau baju atasan yang Anda gunakan.

Jika terjebak dalam kondisi yang ramai, lebih baik tetap berada di tempat dan bungkukkan badan. Tetap menutup hidung dan mulut, serta bernafaslah dengan perlahan.

5. Mendekat ke Jendela

Sebisa mungkin ketika melakukan tindakan penyelamatan diri, mendekatlah ke jendela. Hal ini karena jika api maupun gumpalan asap telah menyebar dan Anda terjebak api, Anda dapat merasakan udara luar. Dari sini, Anda bisa mendapatkan hirupan udara segar. Selain itu, Anda juga mempermudah tim pemadam kebakaran untuk menyelamatkan Anda.

Dinas kebakaran memiliki kendaraan bernama Bronto Skylift, lengkap dengan tangga penyelamat dan alat pemadam. Anda dapat segera turun dari tangga tersebut dan mendapatkan penanganan yang tepat dari pihak yang telah berpengalaman menangani kondisi darurat. Namun, jika Anda berada di ketinggian gedung tingkat atas, disarankan untuk secepat mungkin menyelamatkan diri terlebih dahulu melalui tangga darurat.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari ruangan kantor yang memiliki lingkungan yang nyaman dan kondusif, serta dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berlokasi di beberapa tempat strategis di Jakarta dan Tangerang, Gapura Office dijamin menjadi tempat yang cocok dan tepat untuk perusahaan Anda. Pasalnya, kehadiran Gapura Office sudah sesuai dengan karakteristik pekerja muda millenial, yang sebagian besar memiliki kemampuan dan minat di berbagai bidang.

Fasilitas yang ditawarkan Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya akan sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member Gapura Office.

Fasilitas ekslusif yang diberikan di antaranya adalah ruangan private ukuran 3×3 M dengan 2 meja dan 3 kursi, Listrik, Parkir, Papan Nama, ruangan meeting terbuka dan tertutup, line telephone, dan masih banyak lagi fasilitas yang akan Anda dapat.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor impian Anda sekarang juga hanya di Gapura Office. Anda dapat Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses website official Gapura Office di virtualofficeku.co.id. Dan jangan lupa untuk kunjungi Instagram dan Facebook kami juga ya!