5 Kriteria Lingkungan Kerja Yang Sehat

Untuk Bekerja Lingkungan Kerja

5 Kriteria Lingkungan Kerja Yang Sehat

GAPURA – Hai sobat Gapura! Lingkungan kerja yang baik tentunya menjadi idaman bagi setiap karyawan. Dengan lingkungan kerja yang baik, karyawan menjadi lebih nyaman dan betah dalam bekerja. Selain itu, karyawan juga akan merasa bersemangat dan penuh ide jika bekerja di lingkungan kerja yang baik dan mendukung.

Apakah lingkungan kerja Anda sudah termasuk yang baik dan sehat? Bagaimana cara mengetahuinya?

Nah, berikut akan kami jelaskan lima kriteria lingkungan kerja yang baik. Yuk, simak selengkapnya!

1. Manajemen Yang Baik

Satu hal yang menjadi tolok ukur atau kriteria lingkungan kerja yang baik adalah manajemen. Manajemen menjadi penentu utama apakah karyawan betah bekerja atau tidak.

Jika manajemen sebuah perusahaan tidak baik, hal tersebut akan menghasilkan turnover rate yang tinggi. Karyawan tidak akan betah berlama-lama tinggal di sebuah perusahaan dengan manajemen yang tidak baik dan tidak mendukung.

Namun, jika manajemen sebuah perusahaan termasuk yang baik dan supportif, maka hal tersebut akan memberi dampak bagi karyawan. Manajemen yang baik adalah manajemen yang mampu mengendalikan konflik kerja antar karyawan. Manajemen yang baik juga biasanya terbuka dengan segala pendapat dan gagasan dari para karyawan.

2. Dukungan Antar Rekan Kerja

Di samping manajemen yang baik, hubungan yang supportif antar karyawan juga menjadi kriteria apakah sebuah lingkungan kerja tersebut tergolong baik atau tidak. Setidaknya, lingkungan kerja yang baik bisa mengakomodasi komunikasi dan hubungan pertemanan yang baik antar karyawannya.

Sebagai karyawan ataupun pimpinan, Anda bisa ngobrol santai dengan karyawan atau pimpinan lainnya. Jika tidak ada komunikasi yang akrab di antara karyawan selain masalah bisnis, bisa dikatakan lingkungan kerja tersebut tidak sehat.

Dukungan antar rekan kerja juga bisa dicapai melalui pemberian reward berupa kartu diskon. Karyawan akan merasa senang dengan reward ini, dan hubungan antar rekan kerja pun dipastikan semakin harmonis.

3. Bersih dan Nyaman

Apakah Anda merasa betah dan nyaman dengan ruang kerja yang saat ini Anda tempati? Di mana ruangan tersebut bersih dan nyaman? Ada seseorang yang selalu memastikan ruang kerja Anda bersih, sehingga nyaman untuk Anda gunakan bekerja?

Jika jawaban dari semua pertanyaan tersebut adalah ya, maka lingkungan kerja Anda dipastikan baik. Jika sebaliknya, maka lingkungan kerja Anda bisa dikatakan buruk.

Idealnya, lingkungan kerja yang baik adalah lingkungan yang dibersihkan setiap hari. Ada seseorang yang memastikan Anda bisa bekerja dengan nyaman di ruang tersebut. Tidak ada sampah, tidak ada debu, dan tidak ada serangga di dekat area kerja Anda.

Jika lingkungan kerja Anda kumuh, kotor, dan berantakan, maka hal tersebut tidak baik bagi produktivitas dan kesehatan, karena bisa memicu alergi maupun penyakit.

4. Memiliki Akses Air Bersih

Hal penting lainnya yang tidak boleh terlewat dari lingkungan kerja yang baik adalah akses air bersih. Kebutuhan air bersih di lingkungan kerja adalah hal mutlak yang tidak bisa ditawar, entah itu untuk toilet ataupun konsumsi minum sehari-hari.

Jika lingkungan kerja Anda tidak memiliki akses air bersih untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari, hal tersebut bisa memicu penyakit yang bisa menurunkan produktivitas.

Begitu pula jika tidak ada air bersih di toilet. Virus, kuman, dan bakteri akan berkembang bebas di air kotor. Masihkah Anda mau bekerja di lingkungan kerja seperti ini?

5. Adanya Personal Space

Lingkungan kerja yang baik adalah lingkungan kerja yang menyediakan Personal Space. Karyawan akan merasa lebih penuh ide dan motivasi jika berada di ruang kerja yang memiliki personal space.

Meski kantor Anda tidak terlalu luas dan hanya memiliki sedikit space, namun hal tersebut bisa diakali dengan memberi sekat dan pembatas antar ruang kerja satu dan yang lain.

Menempatkan terlalu banyak karyawan dalam satu ruang hanya akan mempengaruhi personal space dan produktivitas kerja. Mengingat tidak semua orang bisa dengan nyaman bekerja dalam satu ruangan penuh orang. Ada beberapa tipe karyawan yang lebih memilih untuk bekerja di satu personal space sendiri agar produktivitas tetap terjaga. Sebab itulah personal space di sebuah lingkungan kerja adalah penting.

Bagaimana, apakah tempat kerja Anda termasuk dalam kriteria lingkungan kerja yang baik? Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari ruangan kantor yang memiliki lingkungan sangat kondusif dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berlokasi di beberapa tempat strategis di Jakarta dan Tangerang, Gapura Office merupakan tempat yang cocok dan tepat untuk perusahaan startup. Pasalnya, kehadiran Gapura Office sudah sesuai dengan karakteristik pekerja muda millenial, yang sebagian besar memiliki kemampuan dan minat di berbagai bidang.

Fasilitas yang ditawarkan Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member Gapura Office.

Fasilitas ekslusif yang diberikan di antaranya adalah ruangan private ukuran 3×3 M dengan 2 meja dan 3 kursi, Listrik, Parkir, Papan Nama, ruangan meeting terbuka dan tertutup, line telephone, dan masih banyak lagi fasilitas yang akan Anda dapat.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor impian Anda sekarang juga hanya di Gapura Office. Anda dapat Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses website official Gapura Office di virtualofficeku.co.id. Dan jangan lupa untuk kunjungi Instagram dan Facebook kami juga ya!