Strategi Mengatasi Stres Pada Karyawan Terhadap Pekerjaan

Stres Pada Karyawan

Strategi Mengatasi Stres Pada Karyawan Terhadap Pekerjaan

GAPURA – Hai sobat Gapura! Pada artikel kali ini, Gapura Office akan mencoba memberikan ulasan yang nampaknya cukup bermanfaat bagi perusahaan. Tak bisa dipungkiri, bekerja di kantor dapat menguras banyak energi tubuh. Kerjaan yang menumpuk, dikejar deadline, ditambah berbagai kesalahan yang harus segera diperbaiki.

Menghadapi kenyataan kerja yang demikian, tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami stres, jenuh, dan penurunan tingkat motivasi diri. Terlebih bila perkerjaan yang dihadapi memiliki tingkat kesulitan yang semakin meningkat setiap harinya. Seakan tidak akan selesai dikerjakan dalam jangka waktu yang lama.

Bagi perusahaan, hal ini tentunya bukanlah sesuatu yang bisa didiamkan begitu saja. Apalagi berbagai penelitian menyebutkan bahwa hampir 30 persen pekerja kantoran pernah mengalami masalah stres. Padahal pekerja adalah aset terbesar perusahaan.

Untuk itu, perusahaan harus menerapkan kebijakan bagaimana menangani stres pada karyawan. Berikut strategi mengatasi stres pada karyawan terhadap pekerjaan.

1. Pemeriksaan Kesehatan Berkala

Pemeriksaan ini sangat baik secara fisik dan psikis. Melalui pemeriksaan ini, karyawan akan diketahui apakah dirinya memiliki beban yang berlebih atau menikmati pekerjaan yang sedang dilakukannya.

Pemeriksaan ini dapat dilakukan minimal 2 bulan sekali. Tetapi lebih intens lebih baik, karena demi kelancaran dan kelangsungan perusahaan. Untuk itulah perlu dilakukan langkah tersebut untuk antisipasi.

2. Sesekali Ajak Rekreasi

Soal yang satu ini jangan dianggap sepele. Karena dampak yang ditimbulkan sangat baik untuk tubuh. Rekreasi akan melepas segala penat dalam tubuh akan segala rutinitas diri.

Rekreasi akan mengembalikan motivasi dan kebugaran hati. Rekreasi tidak harus mahal ke wisata berkelas, tetapi ke lokasi wisata yang berbau alam. Rekreasi ini penting untuk dijadikan agenda rutin, paling tidak 6 bulan sekali.

3. Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Nyaman

Tuntutan pekerjaan yang berlebih akan bertambah berat ketika kondisi kerja yang tidak nyaman. Dalam kaitan ini lebih mengarah pada pemilik perusahaan dan jajarannya.

Karyawan memang bekerja untuk perusahaan, namun mereka memiliki hati dan tingkat emosi yang berbeda-beda. Marah kepada karyawan memang hal biasa, tetapi hindari secara berlebih dan berlarut-larut. Karena akan menambah rasa tidak nyaman pada karyawan Anda.

4. Dengarkan Keluhan Karyawan

Karyawan tidak saja untuk disalahkan, tetapi butuh perhatian dari atasan. Wujud perhatian ini tidak selalu soal gaji atau hal lain. Paling utama, bagaimana mampu menjadi pendengar yang baik, sebagai motivasi dan memberikan solusi.

Jika mendengar kasak-kusuk terkait permasalahan karyawan di kantor, Anda harus segara menemui dan ajak ia untuk bicara. Dengarkan keluhan karyawan, dan jangan mudah menyimpulkan terlalu emosi karena memiliki pendapat berbeda.

Mendengarkan keluhan karyawan menjadikan Anda tidak saja dekat dengan karyawan, tetapi menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kekerabatan. Bukan atas dasar atasan dan bawahan semata.

5. Pentingnya Relaksasi

Relaksasi ini dapat dilakukan dengan mendengarkan alunan musik yang pelan dan menggugah motivasi. Cara ini dapat dilakukan ketika jam kerja.

Terobosan di atas dapat memberikan solusi yang cukup efektif bagi perusahaan. Meskipun tetap harus disesuaikan dengan kondisi pekerja itu sendiri.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari ruangan kantor yang memiliki lingkungan sangat kondusif, dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Berlokasi di beberapa tempat strategis di Jakarta dan Tangerang, Gapura Office merupakan tempat yang cocok dan tepat untuk perusahaan Anda. Pasalnya, kehadiran Gapura Office sudah sesuai dengan karakteristik pekerja muda millenial, yang sebagian besar memiliki kemampuan dan minat di berbagai bidang.

Fasilitas yang ditawarkan Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya akan sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member Gapura Office.

Fasilitas ekslusif yang diberikan di antaranya adalah ruangan private ukuran 3×3 M dengan 2 meja dan 3 kursi, Listrik, Parkir, Papan Nama, ruangan meeting terbuka dan tertutup, line telephone, dan masih banyak lagi fasilitas yang akan Anda dapat.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor impian Anda sekarang juga hanya di Gapura Office. Anda dapat Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses website official Gapura Office di virtualofficeku.co.id. Dan jangan lupa untuk kunjungi Instagram dan Facebook kami juga ya!