Tips & Trick Mengatur Keuangan Di Saat Pandemi

Kas Perusahaan Mengatur Keuangan Pandemi

Tips & Trick Mengatur Keuangan Di Saat Pandemi

GAPURA – Hai sobat Gapura! Pandemi virus Corona dampaknya semakin terasa di setiap aspek kehidupan. Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan manusia saja, virus Corona ini juga berdampak pada perekonomian sebuah negara. Banyak bisnis yang kesulitan, bahkan terancam bangkrut karena pandemi ini.

Pandemi virus Corona juga berimbas pada para pekerja atau karyawan. Tidak sedikit yang terpaksa dirumahkan tanpa dibayar (unpaid leave), ada yang gajinya dipotong, bahkan ada juga yang lay-off karena kondisi perusahaan memang sudah separah itu. Hal tersebut tentunya berakibat pada terhambatnya pemasukan yang menyebabkan kondisi keuangan menjadi bermasalah.

Jika saat ini Anda sedang menikmati Work From Home (WFH) perlu bersyukur dan waspada. Terlebih lagi di saat kondisi penuh ketidakpastian seperti sekarang ini, apapun bisa saja terjadi. Dengan demikian, mengatur keuangan di saat pandemi virus Corona saat ini harus jadi prioritas.

Berikut tips & trick mengatur keuangan di saat pandemi virus Corona menghadang.

1. Hemat

Berhubung kondisi keuangan Anda belum stabil dalam beberapa waktu ke depan, Anda harus berhemat dengan membedakan mana barang yang memang diperlukan dan mana yang hanya diinginkan.

Pastikan, Anda sudah tahu dalam sebulan harus keluar uang berapa dan untuk apa saja. Karena pertanyaan berikutnya adalah, mana pengeluaran yang bisa Anda kurangi atau hindari?

Jika pengeluarannya memang wajib, tidak harus Anda berhentikan total, cukup dikurangi saja. Di sini Anda perlu membedakan antara kebutuhan dengan keinginan.

Ingat, dalam kondisi krisis seperti sekarang, Anda harus bisa mengatur keuangan dengan bijak. Simpan baik-baik uang yang Anda miliki agar Anda punya pegangan kalau skenario terburuk terjadi. Termasuk hindari utang konsumtif yang akan menjadikan kondisi keuangan Anda semakin sulit.

2. Atur Kembali Anggaran Keuangan

Dalam situasi krisis ini, Anda harus pintar mengatur anggaran keuangan jika tidak ingin kondisi keuangan Anda bermasalah. Kondisi yang penuh serba ketidakpastian ini memaksa kita untuk meninjau kembali alokasi anggaran dengan memangkas anggaran yang tidak perlu. Anda bisa mulai mengatur keuangan dengan meninjau kembali alokasi anggaran, lalu lakukan penyesuaian.

Nah, untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan pola tambahkan, kurangi, hilangkan, dan adakan. Sebagai contoh, dikarenakan aktifitas work from home, alokasi anggaran transportasi bisa Anda kurangi untuk direalokasikan biaya untuk kesehatan seperti membeli hand sanitizer dan multivitamin.

3. Pentingnya Memiliki Dana Darurat

Kondisi kirisis saat ini, tidak sedikit karyawan yang mengalami unpaid leave hingga lay off, yang berdampak pada hilangnya pemasukan. Oleh sebab itu, dalam perencanaan keuangan penting untuk memiliki dana darurat yang bisa digunakan di saat kondisi terdesak, khususnya saat kondisi pandemi seperti sekarang ini, yang belum jelas kapan berakhirnya.

Namun, bagaimana jika Anda belum memiliki dana darurat? Tentunya mau tidak mau Anda harus mulai mempersiapkannya, dengan cara menyisihkan ekstra dari penghasilan atau memindahkan alokasi anggaran yang dinilai tidak perlu untuk mengisi saldo dana darurat. Tabungan ini sebaiknya disimpan di rekening tabungan terpisah.

4. Perbanyak Menabung

Meskipun kondisi sedang sulit, bukan berarti harus berhenti berinvestasi. Bahkan, sebaliknya sebisa mungkin usahakan untuk perbanyak menabung dengan cara menyisihkan penghasilan secara ekstra atau mengehemat beberapa anggaran keuangan yang dinilai tidak perlu.

5. Cari Tambahan Penghasilan

Pekerjaan seseorang belum tentu tetap aman dalam kondisi krisis sekarang ini, terlebih freelancer atau wirausahawan. Tapi, siapa yang bisa memastikan semua bisnis di semua industri akan tetap aman jika situasi tetap tidak membaik?

Ya, bisnis yang berhubungan dengan penyelenggaraan acara (event organizer) hingga tourism seperti biro perjalanan dan hotel adalah yang paling terdampak akibat pandemi virus Corona ini.

Salah satu solusi agar kondisi keuangan Anda tetap stabil, khususnya yang tidak memiliki penghasilan tetap, adalah dengan mencari uang tambahan. Seperti di social media saat ini banyak orang yang menawarkan berbagai keahliannya untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

6. Manfaatkan Promo

Di masa krisis ini, bukan hal yang salah jika Anda rajin menari promo. Potongan harganya mungkin memang tidak seberapa, namun jika dikumpulkan dan digunakan di satu waktu, efeknya cukup terasa.

Selain potongan harga, promo cashback juga bisa membantu Anda menghemat anggaran. Cek aplikasi-aplikasi yang biasa Anda gunakan untuk belanja online. Jika ternyata ada promo menarik, maka itu bisa Anda manfaatkan untuk menghemat pengeluaran.

Nah, jika saat ini Anda sedang mencari ruangan kantor yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas layaknya sebuah kantor profesional, Gapura Office adalah pilihan yang tepat.

Berlokasi di beberapa tempat strategis di Jakarta dan Tangerang, Gapura Office merupakan tempat yang cocok dan tepat untuk pertemuan berbagai komunitas. Pasalnya, kehadiran Gapura Office sudah sesuai dengan karakteristik pekerja muda millenial, yang sebagian besar memiliki kemampuan dan minat di berbagai bidang.

Jadi, bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan bisnis startup dan ingin menggunakan ruangan kantor dengan harga yang murah, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat. Kenapa? Karena fasilitas yang ditawarkan Gapura Office sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang.

Tidak hanya internet super cepat, namun banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member Gapura Office. Fasilitas ekslusif yang diberikan di antaranya adalah ruangan private ukuran 3×3 M dengan 2 meja dan 3 kursi, Listrik, Parkir, Papan Nama, ruangan meeting terbuka dan tertutup, line telephone, dan masih banyak lagi fasilitas yang akan Anda dapat.

Selain fasilitas yang ditawarkan di atas, Gapura Office juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif, dan tentunya akan meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.

Gapura Office sendiri memberikan pilihan harga sewa yang murah, mulai dari harga Rp 2 Jutaan per tahun. Sangat terjangkau, bukan?

Tunggu apa lagi? Segera dapatkan kantor Virtual Office Anda sekarang juga di Gapura Office. Anda dapat Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses website official Gapura Office di virtualofficeku.co.id. Dan jangan lupa, kunjungi Instagram dan Facebook kami juga ya!