Belum Memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha)?

Nomor Induk Berusaha (NIB)

GAPURA – Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah kebijakan baru dari pemerintah untuk mempermudah pengusaha dalam mengurus dan mendapatkan izin usaha.

Demi memudahkan para pengusaha di Indonesia untuk mendapatkan perizinan usaha atau dagang, pemerintah pun kini mengeluarkan kebijakan baru dalam hal pembuatan perizinan usaha melalui Perpres Nomor 91 Tahun 2017, yaitu dengan pembuatan NIB atau Nomor Induk Berusaha.

Aturan ini secara resmi telah diberlakukan terhitung sejak Mei 2018. Diharapkan, dengan adanya NIB ini, setiap investor maupun pelaku usaha akan menjadi lebih mudah dalam melaksanakan proses usaha.

Adanya NIB ini tentunya akan semakin mempermudah para pengusaha dalam mendapatkan perizinan usaha. Pasalnya, pengusaha kini tidak perlu repot lagi mengurus segala surat izin usaha. Belum lagi dengan prosedurnya yang terbilang memakan waktu.

Sederhananya, NIB adalah pengganti surat izin terdahulu yang diwajibkan pemerintah untuk dimiliki oleh para pengusaha. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Pasal 25 ayat 1 yang membahas tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) menyebutkan bahwa NIB merupakan identitas berusaha dan digunakan oleh para pelaku usaha untuk mendapatkan izin usaha dan izin komersial atau operasional.

Tidak hanya menggantikan semua perizinan usaha sebelumnya, eksistensi dan kepemilikan NIB ini pun berfungsi sebagai Angka Pengenal Importir atau API berikut memudahkan akses kepabeanan.

Namun sayangnya, masih banyak pengusaha yang belum mengetahui tentang persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin mengajukan permohonan Nomor Induk Berusaha ini.

Gapura Office

Nah, jika Anda kesulitan atau tidak tahu cara untuk membuat NIB dan membutuhkan bantuan ahlinya, maka percayakan pada Gapura Office.

Melalui tenaga profesional dan paham hukum, segala proses pengurusan perizinan Anda, termasuk pembuatan PT dan CV akan menjadi lebih mudah.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi website kami di virtualofficeku.co.id atau Hubungi Kami untuk mendapatkan info lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda. Dan jangan lupa, kunjungi Instagram dan Facebook kami juga ya!

Semoga bermanfaat.