Pemerintah Larang 5 Jenis Usaha Ini Menggunakan Virtual Office

Tips Memilih Virtual Office di Jakarta Bekerja di Virtual Office

GAPURA – Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin pesat, turut mendorong melonjaknya tren bekerja di luar kantor atau bahkan sama sekali tidak perlu memiliki kantor.

Hal itu karena masih banyak perusahaan rintisan yang tidak memiliki cukup biaya untuk sewa ruang kantor. Namun di sisi lain, mereka juga butuh kantor fisik untuk membantu urusan administrasi.

Ekosistem pekerjaan seperti ini biasanya banyak dilakoni oleh kalangan pekerja millenial.

Konsep virtual office atau kantor virtual ini mengakomodasi perusahaan yang memang tidak terlalu membutuhkan kantor dari segi operasional atau kegiatan usaha yang dilakukannya. Sehingga, virtual office ini banyak membantu perusahaan-perusahaan kecil, di mana umumnya mereka adalah perusahaan rintisan dan start up yang memang tidak membutuhkan ruang kantor dalam operasionalnya.

Meski memiliki keuntungan yang sangat signifikan, namun perlu diperhatikan pula jenis-jenis usaha apa saja yang tidak diperbolehkan menggunakan virtual office. Karena terdapat beberapa jenis usaha yang memang tidak dapat didirikan hanya dengan menggunakan kantor virtual.

Lantas, apa saja jenis usaha yang tidak diperbolehkan menggunakan virtual office? Simak ulasan berikut ini.

Gapura Virtual Office

1. E-Commerce

Berkembangnya perekonomian digital telah menarik minat para pengusaha untuk melakukan bisnis online seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain.

Selain pengusaha, minat konsumen juga sangat besar untuk belanja secara online. Konsumen dapat menghemat waktu dan biaya, karena tidak perlu menyisihkan uang dan waktunya untuk datang secara langsung ke pusat perbelanjaan.

Meskipun memiliki minat pasar yang cukup besar, toh pengusaha yang bergerak di bidang bisnis online ini dilarang menggunakan virtual office. Larangan ini dilakukan pemerintah sebagai upaya perlindungan konsumen untuk mencegah bertambahnya kasus penipuan online.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, juga memiliki dampak mudahnya melakukan kejahatan dengan bantuan teknologi tersebut.

2. Event Organizer

Suatu perusahaan yang bergerak di bidang Event Organizing, memiliki tanggung jawab yang besar untuk menyelenggarakan acara.

Selain itu, penyelenggaraan acara tersebut akan berkaitan dengan banyak pihak seperti pengisi acara, susunan kegiatan, transportasi, konsumsi, dan lain-lain.

Sama halnya dengan bisnis e-commerce, lokasi yang jelas dan nyata menjadi penting untuk memantau proses penyelenggaraan acara yang dirancang Event Organizer.

3. Transportasi

Usaha di bidang transportasi harus memiliki lokasi perusahaan yang jelas dan nyata. Hal ini karena usaha di bidang transportasi berkaitan dengan wakil kepentingan pemilik barang dalam hal penerimaan dan pengiriman barang.

Oleh sebab itu, bidang usaha ini tidak dapat menggunakan virtual office untuk menjalankan kegiatan usahanya.

4. Properti

Usaha properti seperti real estate tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit, serta tempat untuk menjalankan bisnisnya. Aktivitas jual-beli properti seperti apartemen, real estate, atau penyewaan gedung, akan memakan biaya dalam jumlah besar.

Dengan demikian, usaha properti tidak dapat didirikan hanya dengan virtual office.

5. Pariwisata

Sama halnya dengan usaha jasa konstruksi, usaha di sektor pariwisata juga mensyaratkan izin khusus, yaitu Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

Berdasarkan peraturan Menteri pariwisata terbaru tentang penerbitan TDUP (Permenpar 10/2018), lokasi usaha pariwisata merupakan salah satu hal yang menjadi syarat mutlak penerbitan TDUP.

Contoh bidang usaha pariwisata adalah usaha jasa perjalanan wisata, transportasi wisata, kawasan pariwisata, penyelenggaraan kegiatan hiburan dan rekreasi, dan lain sebagainya.

Semua bidang usaha pariwisata tersebut tidak dapat lepas dari lokasi usaha pariwisata yang jelas dan nyata. Selain itu, TDUP hanya diterbitkan apabila telah memenuhi komitmen prasyarat perizinan terkait lainnya.

Gapura Virtual Office

Bicara soal virtual office, bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan bisnis atau start up dan sedang mencari virtual office ataupun coworking space, bisa langsung kunjungi website kami di virtualofficeku.co.id.

Selain itu, Anda juga bisa Hubungi kami untuk mendapatkan info lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda. Dan jangan lupa, kunjungi Instagram dan Facebook kami juga ya!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera Hubungi kami untuk mendapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan dan pendirian perusahaan dengan cepat dan profesional.