Syarat-Syarat Mendirikan Perusahaan

Pembubaran CV Mendirikan Perusahaan

Syarat-Syarat Mendirikan Perusahaan

Gapura – Hai sobat Gapura! Prosedur mendirikan perusahaan selalu berubah seiring dengan perubahan sistem dan juga peraturan yang berlaku. Saat ini, orang yang ingin mendirikan perusahaan samakin banyak karena peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah pun semakin memudahkan para pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya karaha yang lebih besar.

Sebelum kita menjelaskan tentang persyaratan dalam mendirikan perusahaan, ada baiknya kita harus mengetahui dulu apa itu CV dan PT. Karena kita akan diberikan pilihan untuk mendirikan sebuah CV atau PT.

Perbedaan CV dan PT

CV (Commanditaire Vennootschap) adalah persekutuan yang didirikan oleh minimal 2 (dua) orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seseorang atau beberapa orang untuk menjalankan perusahaan tersebut.

Sedangkan PT (Perseroan Terbatas) adalah sebuah Badan Hukum yang dimiliki oleh minimal 2 (dua) orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi dari pengurus dan pemegang saham perusahaan tersebut.

Di dalam PT, Pemilik Modal (Pemegang Saham) tidak harus memimpin perusahaan dengan cara menunjuk orang lain untuk menjadi Direktur atau Komisaris.

Nah, setelah Anda mengetahui perbedaan antara kedua jenis perusahaan tersebut, sekarang Anda dapat menetukan apakah ingin mendirikan perusahaan yang berupa CV atau PT. Karena persyaratan yang diperlukan untuk mendirikan kedua jenis perusahaan tersebut berbeda.

Untuk pendirian sebuah CV, memerlukan syarat yang lebih mudah dibanding PT. Karena CV tidak memerlukan syarat besaran dana yang akan disetor kedalam perusahaan.

Sedangkan untuk PT, besaran dana yang disetor dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu Kecil (minimal 5 juta), Menengah (minimal 500 juta), Besar (minimal 10 Miliar).

Berikut ini adalah syarat untuk mengurus sebuah CV, yaitu :

1. Copy KTP Pendiri.

2. NPWP Pengurus.

3. Fotocopy PBB.

4. Copy surat kontrak/ sewa kantor.

5. Stempel Perusahaan (menyusul).

Sedangkan untuk syarat-syarat Pendirian PT, yaitu :

1. Copy KTP Pendiri.

2. NPWP Pengurus.

3. Fotocopy PBB.

4. Copy surat kontrak/ sewa kantor.

4. Stempel Perusahaan (menyusul).

Seperti yang dijelaskan di atas, itulah yang diperlukan untuk mendirikan perusahaan atau startup.

Nah, bila Anda merasa repot untuk mengurus itu semua, Anda dapat menggunakan jasa pendirian perusahaan dari virtualofficeku.co.id.

Dan untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat Hubungi Kami atau mengunjungi Instagram dan Facebook kami untuk mendapatkan berbagai informasi menarik dan juga promo-promo dari kami.