Apa Yang Dimaksud Izin Usaha?

Izin Lingkungan

Izin usaha merupakan bentuk persetujuan atau izin dari pihak berwenang atas penyelenggaraan kegiatan atau kepemilikan usaha. Untuk menjamin kelancaran dari kegiatan usaha, setiap pelaku usaha memerlukan adanya izin usaha. Izin usaha yang dimiliki perusahaan juga harus sesuai dengan bidang usahanya. Misal usaha di bidang perdagangan, maka perusahaan perlu mempunyai izin usaha perdagangan dalam bentuk Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. Perusahaan yang mempunyai lebih dari satu bidang usaha harus mempunyai izin usaha di setiap bidang usahanya juga.

Mempunyai izin usaha dapat memberikan banyak manfaat untuk pemilik usaha. Beberapa manfaat mempunyai izin usaha diantaranya yaitu untuk perlindungan hukum, meningkatkan kredibilitas serta sebagai syarat pengembangan usaha, menjamin keselamatan kerja serta kesehatan lingkungan. Perusahaan yang mempunyai izin usaha artinya kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan tersebut sudah sesuai atau mengikuti hukum yang berlaku.

Perusahaan yang mempunyai izin usaha akan mendapat kepercayaan lebih, baik dari pemerintah, investor maupun pelanggan perusahaan. Perusahaan yang mempunyai izin usaha akan lebih terjamin produk serta jasa yang diberikan karena harus sesuai dengan hukum. Hal ini dapat menjadi nilai plus bagi client karena meningkatkan kepercayaan kepada produk dari perusahaan. Dengan mempunyai izin usaha berarti perusahaan telah legal serta berhak mendapat perlindungan hukum. Selain itu, berbagai pengembangan usaha, seperti pengajuan modal atau peminjaman bank karena memerlukan izin usaha sebagai syarat pendaftaran.

Banyak juga peluang promosi seperti pameran usaha yang diadakan pemerintah yang dapat diikuti oleh perusahaan yang mempunyai izin usaha. izin usaha juga mengatur keselamatan kerja di perusahaan, mengatur penggunaan sumber daya alam, fasilitas umum serta pemeliharaan lingkungan. Izin usaha juga memiliki banyak jenis sesuai dengan bidang-bidang usaha serta tujuan dari perizinan seperti.

1. Izin Prinsip atau IP
2. Izin Usaha Tetap atau IUT
3. Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP
4. Surat Izin Tempat Usaha atau SITU
6. Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi atau SIUJK
7. Izin Usaha Pertambangan atau IUP
8. Izin Usaha Mikro Kecil atau IUMK

Sekian pembahasan mengenai pengertian Izin Usaha, Apabila anda membutuhkan jasa pengurusan izin usaha silahakan hubungi kami Gapura Office.