Blog Post

3 Poin Penting Dalam Persyaratan Mendirikan PT

Mendirikan PT

GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! Sejak awal tahun lalu, Pemerintah berupaya mempermudah syarat dan prosedur dalam memulai usaha. Hal tersebut karena jumlah pengusaha yang ada di Indonesia sangat sedikit dibanding negara-negara di Asia. Untuk itu, Anda juga harus memahami tentang syarat-syaratnya.

Mendirikan usaha baru dapat memberi nilai tambah tersendiri. Sebab, hal tersebut dapat membuka lapangan pekerjaan lebih banyak serta menggerakkan perekonomian lokal. Salah satu inisiatif pemerintah adalah mempermudah pendirian PT.

Modal Mendirikan PT

Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007, mengenai Perseroan Terbatas (PT), maka dapat diketahui bahwa modal dasar PT adalah Rp 50 juta. Persyaratan ini sering menjadi kendala bagi mereka yang ingin mendirikan PT  dengan modal pas-pasan.

Padahal, kita paham dalam mendirikan PT yang memiliki badan hukum bisa mengurangi dampak resiko berbisnis di kemudian hari.

Kini, pemerintah kemudian mengeluarkan sebuah aturan baru, yaitu besaran modal dasar pendirian PT bergantung pada kesepakatan pendirinya. Hal tersebut ada di dalam PP Nomor 29 pada 2016 mengenai Perubahan Modal Dasar Perseroan.

Meski demikian, persyaratan modal tersebut hanya berlaku untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Menentukan Bidang Usaha Sesuai Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI)

Apabila Anda ingin menentukan bidang usaha, poin-poin berikut ini perlu juga untuk diperhatikan :

  • Anda dapat memilih bidang usaha apa saja, kecuali yang dilarang peraturan dan tertutup.
  • Bidang usaha Anda pilih harus tertera dan dimasukkan di Akta Pendirian Perusahaan.
  • Bidang usaha tersebut menentukan Izin Usaha yang harus Anda miliki.
  • Pilihlah bidang usaha yang lebih spesifik serta sesuai KBLI.
  • Perhatikan kode KBLI dengan teliti. Sebab, terkait dengan prosedur izin usaha untuk bisnis Anda.

KBLI merupakan klasifikasi kegiatan ekonomi yang jadi rujukan untuk instansi terkait guna melihat kode bidang usaha. Nantinya, akan digunakan untuk menentukan jenis izin usaha apakah yang sesuai dan Biaya Mengurus PT.

Untuk perdagangan umum, akan dimuat di Surat Izin Usaha Perdagangan kode usahanya dan dicantumkan di Tanda Daftar Perusahaan.

Persyaratan BPJS Ketenagakerjaan

Meski sederhana, persyaratan BPJS adalah prosedur mendirikan PT yang sering menjadi kendala. Pengurusan secara online masih memakan waktu lama daripada secara manual.

Berdasarkan pengalaman, prosedur manual Anda akan diminta langsung datang ke kantor BPJS dan belum tentu bisa diselesaikan pada hari itu juga.

Mengapa BPJS Ketenagakerjaan penting? Karena menjadi persyaratan untuk mengurus Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP). Tanpa SKDP, tentunya akan sulit mendapatkan dokumen yang legal.

Untuk mengurus BPJS Ketenagakerjaan ini diperlukan beberapa dokumen sebagai berikut :

  • Formulir yang telah diisi.
  • Surat pengesahan dari Kementerian Hukum serta HAM.
  • Akta pendirian PT.
  • KTP serta NPWP karyawan PT.

Setelah permohonan terverifikasi, Anda mendapatkan email penetapan besaran iuran yang pertama. Kemudian ada formulir online yang harus diisi sebelum mendapat lembar kode iuran.

Dengan kode iuran tersebut, Anda dapat menyetor iuran pertama BPJS Ketenagakerjaan. Dan akhirnya, Anda dapat mengambil sertifikat BPJS Ketenagakerjaan di kantor BPJS atas nama PT.

Baca juga: Persyaratan Umum Dalam Pendirian PT

Nah, demikianlah persyaratan dalam mendirikan PT. Gapura Office atau Virtual Officeku melalui konsultan-konsultan yang berpengalaman dan profesional di bidangnya siap membantu Anda dalam memberikan bantuan sehubungan dengan persyaratan, proses, dan biaya pendirian PT di area Jakarta dan sekitarnya.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu lagi! Karena kami telah didukung oleh sumber daya yang berpengalaman dan profesional dalam mengurus berbagai dokumen penting yang dibutuhkan untuk mendirikan PT. Selain itu, kami juga sudah mengantongi Izin Resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha lainnya, karena kami terbukti memiliki sederet notaris profesional yang siap membantu Anda mengurus segala dokumen dan perizinan dengan mudah dan cepat.

Ditambah dukungan staff yang ahli dan mumpuni di bidangnya masing-masing. Maka tak heran bila perusahaan kami telah dikenal sebagai perusahaan Jasa Perizinan Usaha paling handal di Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi.

Pendirian PT memang sedikit ribet dan membutuhkan energi untuk mengurusnya, karena Anda harus bolak-balik dalam pengurusannya. Itulah mengapa banyak para pelaku usaha yang lebih memilih Biro Jasa Pendirian PT saat mereka ingin mendirikan PT.

Selain lebih praktis karena semua pengurusan dilakukan oleh penyedia jasa, menggunakan Biro Jasa Pendirian PT juga lebih hemat biaya. Mengapa lebih hemat biaya? Karena semua biaya sudah termasuk transport tim, kami yang harus bolak-balik mengurus dokumen yang diperlukan.

Bayangkan jika Anda mengurusnya sendiri? Mungkin biaya yang harus dikeluarkan akan lebih besar, dan ditambah lagi waktu Anda akan tersita yang seharunya digunakan untuk melakukan kegiatan lain yang lebih penting.

Jadi, memilih menggunakan Biro Jasa Pendirian PT adalah keputusan yang tepat, karena dapat menghemat biaya plus waktu Anda.

Silahkan langsung hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk diskusi terkait badan usaha yang ingin Anda dirikan. Kami siap menjadi partner Anda dalam mendirikan badan usaha yang Anda inginkan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi kami untuk berkonsultasi dengan tim ahli kami. Karena kami menyediakan Konsultasi GRATIS bagi orang-orang yang ingin mengurus Izin Usaha menggunakan jasa kami. Dengan konsultasi ini, diharapkan dapat membantu Anda yang ingin menggunakan jasa kami.

Jangan ragu menggunakan Biro Jasa kami, karena kami adalah perusahaan terpercaya. Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda dengan cepat dan berpengalaman.

Ayo langsung hubungi kami untuk konsultasi! So, start your business right bersama Gapura Office!

PT Garuda Perkasa Putra Angkasa (virtualofficeku.co.id) terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0043399.AH.01.01.Tahun 2016
?>