Blog Post
3 Poin Penting Untuk Konsep Kantor Modern

GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! Kantor dengan konsep open space kini semakin banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan yang karyawannya kebanyakan didominasi oleh para pekerja muda milenial.
Konsep kantor open space sendiri adalah penataan area ruang kerja yang dibuat secara terbuka dengan tempat duduk yang fleksibel. Biasanya, pada kantor dengan konsep open space ini, meja kerja karyawan tidak jauh dengan meja bar dan juga tempat bermain.
Banyak yang meyakini bahwa konsep kantor open space ini mampu membuat karyawan betah serta dapat menurunkan tingkat stres mereka. Selain itu, komunikasi antar atasan dan bawahan serta antar divisi pun menjadi semakin lebih mudah, karena tidak ada batasan ruang di kantor.
Meski begitu, seperti dilansir dari BBC, Chris Nagele, bos dari perusahaan pengembang software Wildbit memutuskan untuk memindahkan kantornya. Dari yang awalnya berkonsep open space, kini menjadi kantor yang lebih tertutup, lengkap dengan pembatas antar karyawan.
Menurut Chris, konsep kantor open space membuat ia dan karyawannya jadi kurang produktif. Mereka merasa sulit untuk berkonsentrasi, dan menjadi dua kali lebih sering jatuh sakit. Oleh karena merasa tidak produktif itulah maka mereka jarang bisa menyelesaikan pekerjaan di kantor dan terpaksa harus melanjutkan pekerjaannya di rumah.
Hal senada juga diungkapkan oleh seorang ahli saraf, Dr Jack Lewis. Dilansir dari laman Genius Beauty, Dr Jack Lewis menemukan aktivitas otak yang seharusnya fokus pada pekerjaan menjadi teralihkan akibat banyaknya aktivitas pegawai dalam satu ruang. Para pegawai mudah mendapat banyak gangguan dibandingkan bila memiliki ruangan sendiri.
Lalu, konsep kantor seperti apa yang sebaiknya diterapkan? Nah, konsep kantor yang sebaiknya diterapkan adalah sebagai berikut.
3 Poin Penting Untuk Konsep Kantor Modern
1. Semakin Fokus Semakin Baik.
Fokus, merupakan alasan utama kenapa ruang dengan pembatas dan pintu yang tertutup menjadi lebih baik dibanding kantor open space. Gangguan kecil bisa menyebabkan seseorang kehilangan fokus selama 20 menit, sehingga karyawan tidak bisa melakukan banyak tugas.
Terlebih lagi, beberapa konsep open space seperti hot desk memiliki dampak negatif pada memori karyawan. Hot desk adalah konsep kantor open space dimana setiap orang bisa duduk di mana pun yang mereka inginkan.
Seseorang mampu menyimpan lebih banyak informasi ketika duduk di tempat yang sama dalam waktu lama. Sebaliknya, informasi akan mudah dilupakan ketika seseorang sering berpindah-pindah tempat ketika bekerja.
2. Ruangan Private Mampu Mencetuskan Ide-ide Kreatif.
Banyak orang menerapkan konsep open space dengan tujuan untuk membuat proses brainstorming atau diskusi antar karyawan semakin mudah. Namun nyatanya, menurut seorang psikolog lingkungan dan desain, Sally Augustin, obrolan antar karyawan justru lebih sering tidak berhubungan dengan pekerjaan.
Proses brainstorming justru lebih sering dilakukan di ruangan-ruangan meeting yang bersifat lebih private. Ide-ide brilian sangat jarang tercetus jika brainstorming dilakukan di keramaian. Karena setiap orang membutuhkan total fokus untuk bisa menghasilkan pekerjaan terbaiknya.
3. Biarkan Karyawan Berkontribusi, Namun Tetap Punya Privasi.
Sebagian besar karyawan tidak merasa nyaman untuk meninggalkan tim dan menyendiri ketika bekerja. Banyak yang merasa terbebani ketika mereka tidak hadir di antara yang lain.
Solusinya, perusahaan harus bisa menciptakan ruang tertutup untuk jumlah tim yang lebih kecil. Dengan begitu, maka karyawan bisa tetap berkolaborasi namun masih memiliki privasi, dan tidak terganggu dengan suara orang lain.
Baca juga: Cara Menentukan Kantor Sewa Yang Tepat di Jakarta
Gapura Office atau Virtual Officeku menyediakan ruang kantor untuk berbagai jenis tim yang siap untuk memiliki kantor di Jakarta dan sekitarnya. Tak hanya di Jakarta saja, bahkan kami juga telah hadir di Tangerang, Depok, dan juga Bekasi.
Ruang kerja fleksibel yang kami tawarkan ini bertujuan untuk memberdayakan tim Anda agar terus produktif, dan menciptakan maha karya mereka berikutnya.
Dan perlu Anda ketahui, bahwa fasilitas yang kami tawarkan sangatlah beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Tak hanya high speed internet saja, namun juga banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member.
Selain fasilitas lengkap yang kami tawarkan di atas, kami juga memiliki lingkungan yang sangat kondusif dan tentunya dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.
Bagaimana Kami Dapat Membantu Anda?
Sebagai pemilik perusahaan, tentu saja Anda ingin mempertahankan dan terhindar dari kebangkrutan. Nah, salah satu cara terbaik pastinya adalah dengan memangkas pengeluaran. Pengeluaran pun bermacam-macam jenisnya. Mulai dari gaji karyawan, biaya listrik dan air, biaya telepon dan internet, biaya sewa gedung, dan lain sebagainya.
Pastinya Anda harus memutar otak bagaimana bisa memangkas pengeluaran, namun juga tetap bisa menjalankan perusahaan dengan baik. Solusi terbaiknya tentunya dengan menyewa Shared Office dari Gapura Office.
Shared Office yang ada di Gapura Office juga lebih mudah untuk dijangkau oleh pihak-pihak yang berkepentingan, dan menjadi tempat pertemuan dan titik temu multi disiplin, sehingga banyak yang bisa dicampuradukkan di sana.
Patut untuk dicermati dengan baik, bahwa dengan pemakaian kantor di Gapura Office pastinya Anda akan lebih hemat biaya yang cukup banyak.
Biaya sewa kantor atau gedung? Sudah pasti terpotong. Lalu biaya air, listrik, telepon dan internet? Sudah pasti juga turut terpangkas. Dan masih banyak biaya lainnya yang juga bisa terpangkas dengan penggunaan jasa sewa kantor.
Lalu, apakah ada keuntungan lainnya dengan menyewa Shared Office yang ada di Gapura Office? Pastinya ada, selain pemangkasan biaya, Anda juga bisa dapatkan beberapa keuntungan seperti bekerja lebih efektif.
Selain itu, kami juga memberikan fitur room meeting secara fisik, dimana ruangan ini terdapat di lokasi-lokasi yang sangat strategis dan pastinya akan sangat mudah dijangkau oleh para karyawan dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Dan kapasitasnya pun juga biasanya terbilang cukup memadai.
Lalu, bagaimana jika ada klien yang ingin menghubungi? Hal tersebut juga biasanya sudah teratasi, karena kami juga memberikan jasa penjawab telepon yang profesional. Panggilan masuk dari calon klien atau rekan bisnis akan langsung diteruskan ke nomor telepon yang sudah terdedikasi untuk pihak perusahaan masing-masing. Pastinya interaksi dengan klien maupun rekan bisnis tidak akan terabaikan dengan fitur tersebut.
Tak hanya Shared Office saja, kami juga menyediakan Virtual Office untuk Anda yang saat ini memerlukan tempat untuk bekerja yang nyaman dan murah.
Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI. Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam pembuatan Izin Usaha Pertambangan.
Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Gapura Office!