Blog Post

6 Etika Yang Harus Diperhatikan Saat Bekerja di Coworking Space

Coworking Space Sewa Perkantoran Laporan Keuangan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Di jaman dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat saat ini, khususnya internet, memungkinkan para pekerja untuk tidak lagi hanya dapat melakukan pekerjaan mereka di lokasi tertentu saja. Para pekerja kini memiliki fleksibilitas menyoal lokasi yang lebih baik. Bahkan, kini para pekerja juga dikenal lebih berani dalam mengambil keputusan untuk mendirikan usaha rintisan atau startup.

Generasi inilah yang kini mulai mendominasi demografi pekerja di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Namun, mengingat usaha rintisan secara umum diawali dengan modal kecil, maka sebagian besar startup biasanya kesulitan untuk membayar biaya dalam jumlah besar hanya untuk menyewa ruang kantor.

Hal inilah yang kemudian mendorong kemunculan startup, yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan ini, berupa ruang kerja bersama atau lebih dikenal sebagai Coworking Space.

Akan tetapi, saat bekerja di Coworking Space yang berkesan santai, Anda tetap harus ingat bahwa ada pengguna lain yang menggunakan ruangan yang sama. Karena tempat bekerja digunakan bersama, maka ada beberapa etika yang harus diperhatikan.

1. Ingat Batas Meja Kerja

Umumnya, meja kerja di Coworking Space memiliki desain panjang. Artinya, Anda menggunakan meja yang sama dengan pengguna lain. Maka, Anda harus tahu batasan meja yang Anda sewa.

Perhatikan pula barang bawaan Anda, seperti laptop atau alat tulis agar tidak melewati batasan ini. Jaga juga kerapian meja Anda agar tidak berantakan dan mengganggu kenyamanan pengguna lain.

2. Rapi dan Bersih

Meski Coworking Space mengizinkan Anda untuk makan dan minum di meja kerja, Anda tetap harus menjaga kebersihan. Singkirkan bekas makanan dan minuman Anda, jaga pantry selalu bersih dengan membuang sisa makanan ke tempat sampah.

Selain itu, jika Anda menggunakan fasilitas seperti papan tulis, hapus tulisan setelah selesai digunakan.

3. Gunakan Fasilitas Secukupnya

Fasilitas seperti kertas dan printer biasanya tersedia gratis bagi penyewa Coworking Space. Gunakan fasilitas ini secukupnya, jangan karena gratis Anda jadi boros kertas dan tinta. Tarif yang Anda bayarkan, tentunya sudah diperhitungkan sedemikian rupa untuk dapat menutupi biaya operasional standar.

Jika memang kebutuhan Anda lebih dari yang disediakan dalam paket, ada baiknya menyatakan hal ini kepada pengelola untuk mengetahui kebijakan mereka.

4. Jaga Ketenangan

Karena di Coworking Space Anda menggunakan ruang bersama-sama, maka Anda wajib menjaga suasana ruang kerja agar tetap kondusif untuk bekerja.

Bila Anda harus menerima telepon, usahakan pergi ke ruangan yang lain agar tidak mengganggu yang lain. Gunakan headset atau earphone bila ingin mendengarkan musik sambil bekerja. Juga pastikan nada dering yang Anda gunakan bukanlah nada ramai yang dapat menarik perhatian sekitar.

5. Ramah

Bekerja di Coworking Space juga jadi cara ampuh untuk tambah networking yang bisa menjadi bibit-bibit kolaborasi. Seru, kan?

Memang, tidak ada salahnya berkenalan dengan orang yang duduk di samping kanan-kiri Anda. Namun, lakukan hal ini secara sopan dan profesional. Ingat, bahwa Coworking Space ini bukanlah klub atau restoran.

6. Status Langganan Tidak Menjadikan Anda Sebagai Tuan Rumah

Anda menyewa tempat secara permanen selama lebih dari 3 bulan dan menganggap diri sebagai pelanggan teladan karena selalu membayar tepat waktu. Good for you! Tapi hal ini tidak menjadikan diri Anda sebagai tuan rumah. Artinya, Anda tidak dapat mengatur posisi duduk orang lain.

Aturan umum bekerja di Coworking Space adalah siapa cepat, dia dapat. Mereka yang datang lebih dulu, bisa memilih posisi yang masih kosong.

Tidak hanya sebagai tempat bekerja, Coworking Space juga memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk memperluas networking melalui perkenalan dengan pengguna lain.

Bahkan, beberapa Coworking Space juga ada yang rutin mengadakan seminar dan pelatihan yang bisa diikuti para penyewa ruang. Jadi, selain menambah relasi, Anda juga bisa menambah ilmu di tempat yang sama. Namun, selama membangun usaha dan relasi tersebut, jangan lupa untuk melindungi diri dengan perlindungan yang tepat ya!

Berbicara soal Coworking Space, jika saat ini Anda sedang mencari Coworking Space mana yang cocok dan tepat untuk perusahaan Anda yang baru berdiri, maka Gapura Office atau Virtual Officeku dapat menjadi pilihan utama Anda.

Berlokasi di beberapa tempat strategis di Jakarta dan Tangerang, fasilitas yang ditawarkan Gapura Office sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung perusahaan Anda berkembang. Tidak hanya high speed internet saja, tetapi banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member.

Silahkan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lengkap dan konsultasi GRATIS untuk mendapatkan kantor Coworking Space impian Anda.