Blog Post

Besaran Modal dan Klasifikasi Ukuran PT

klasifikasi ukuran PT

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Jika Anda sudah berpengalaman dalam pembuatan Perseroan Terbatas (PT), pastinya Anda juga sudah paham bahwa klasifikasi ukuran PT dibagi menjadi tiga (3) jenis. Hal ini berdasarkan modal setoran awal untuk perusahaan.

Perbedaan klasifikasi ini akan tertera di SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan), serta bisa menentukan jangkauan akses bisnis Anda.

Namun, bagi Anda yang belum mengerti bagaimana caranya untuk membuat PT, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Modal Setoran

Sebelum memahami tentang klasifikasi PT, ada baiknya bagi Anda untuk memahami bahwa dalam proses pembuatan PT, maka Anda harus memberikan modal awal, atau yang disebut dengan istilah Modal Setoran.

Modal Setoran adalah salah satu elemen terpenting dalam pembuatan PT. Karena hal ini menjadi syarat yang esensial untuk memulai proses pembuatan PT. Modal inilah yang nantinya untuk disetor ke rekening Bank atas nama perusahaan Anda.

Selain itu, nantinya Modal Setoran Anda adalah 25 persen dari modal dasar perusahaan, yaitu total jumlah saham yang bisa diterbitkan oleh perusahaan.

Klasifikasi Ukuran PT

Sementara untuk klasifikasi ukuran PT Anda, maka nantinya akan disesuaikan dengan besar Modal Setoran yang diberikan ke Bank. Klasifikasinya adalah sebagai berikut :

  • Kecil: Di atas Rp 50 Juta sampai dengan Rp 500 Juta.
  • Menengah: Di atas Rp 500 Juta sampai dengan Rp 10 Miliyar.
  • Besar: Di atas Rp 10 Miliyar.

Perbedaan kelas PT tersebut nantinya akan tercantum di dalam SIUP dan juga TDP, yang akan diterbitkan oleh Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Perbedaan kelas ini nantinya akan berhubungan dengan proyek tender. Ditambah lagi beberapa proyek tender dari pihak pemerintah atau swasta terkadang hanya akan menerima tender dari PT dengan ketentuan memiliki SIUP Menengah atau Besar untuk proyek besar.

Namun, tidak sedikit pula proyek tender dari pihak pemerintah atau swasta yang terkadang ada yang menerima PT dengan hanya SIUP Kecil untuk proyek-proyek lainnya.

Selain itu, untuk menentukan ukuran perusahaan, tentunya tidak hanya mempertimbangkan faktor tender saja. Namun juga faktor modal beserta pertimbangan lainnya.

Kebanyakan pengusaha pemula sudah bisa menikmati segala kelebihan PT dengan modal minimal menggunakan PT dengan ukuran perusahaan Kecil.

Biaya Pembuatan PT

Perlu diketahui bahwa biaya pembuatan PT bisa berbeda-beda, tergantung dimana domisili usaha Anda didirkan atau Biro Jasa Perizinan yang Anda gunakan. Meski begitu, jika dilihat dari segi biaya pembuatan PT baru di wilayah Jakarta, harganya sangatlah terjangkau.

Jadi, Anda patut mencobanya, terutama bagi Anda yang tidak memiliki modal besar. Sebab, jika berdasarkan peraturan sebelumnya tadi, maka sebuah PT dibangun dari dana sekitar Rp 50 Juta, dan itu bukanlah merupakan modal yang sedikit.

Dalam masalah biaya pembuatan PT baru, pemerintah telah berusaha memberi kemudahan. Fasilitas ini diberikan agar tidak hanya pengusaha kelas menengah ke atas saja yang berkembang, namun juga bagi pelaku usaha yang mulai merintis karir dari nol pun juga bisa turut andil di dalamnya.

Nah, bila saat ini Anda kesulitan dalam mengatur atau mengelola biaya pembuatan PT, maka Anda bisa menggunakan jasa dari kami, Gapura Office atau Virtual Officeku.

Kami adalah salah satu solusi untuk menjawab kebutuhan Anda terkait pembentukan badan usaha di Jakarta, Tangerang, dan juga Bekasi. Kami menyediakan layanan jasa Pembuatan PT hingga jadi. Layanan tersebut sudah meliputi Akta Perseroan, SK KEMENKUMHAM, NPWP, SKDU, SIUP, dan TDP.

Tersedianya paket di atas untuk menjawab kebutuhan pengusaha atau pebisnis untuk dapat memiliki bentuk badan usaha yang sesuai dan juga mudah.

Jadi, segera konsultasikan masalah dan kendala pada kami. Kami siap membantu menangani semua masalah Anda!

Kami menawarkan pembuatan PT lengkap. Tidak hanya Akta yang Anda peroleh, melainkan perizinan lengkapnya juga.

Untuk wilayah Jakarta, kami menawarkan prosesnya akan selesai dalam waktu 4 (empat) minggu atau sebulan. Dengan ini, Anda juga sudah mendapatkan Akta Perseroan, Pendaftaran di Pengadilan, NPWP, SKDU, SIUP, dan TDP. Menarik, bukan?

Tentu ini sangat sepadan dan bisa dipertanggungjawabkan, karena di sini kami mempertaruhkan pengalaman sukses kami di bidang pelayanan yang sama. Tersedianya paket di atas untuk menjawab kebutuhan pengusaha atau pebisnis untuk dapat memiliki bentuk badan usaha yang sesuai dan juga mudah.

Soal kualitas dan kredibilitas, Anda tidak perlu ragu lagi! Karena perusahaan kami sudah mengantongi Izin resmi dari pemerintah dan telah bekerja sama dengan banyak pengusaha. Jadi, Anda juga tidak perlu khawatir untuk menjadikan kami sebagai partner dalam membuat atau mengurus Izin Usaha.

Tak hanya itu saja, kami juga memiliki sederet Notaris profesional yang siap membantu Anda mengurus segala dokumen dan perizinan dengan mudah dan cepat. Ditambah dukungan staff yang ahli dan mumpuni di bidangnya masing-masing.

Dan tentu saja tim kami akan memberikan solusi terbaik untuk pengurusan Izin Usaha milik Anda. Maka tak heran bila perusahaan kami telah dikenal sebagai perusahaan jasa perizinan usaha paling handal, diantaranya :

  • Terpercaya.
  • Terjangkau.
  • Berpengalaman.
  • Dikelola oleh tim yang handal dan bersertifikat.
  • Mudah diakses secara online.

Yang perlu Anda ketahui apabila Anda menggunakan jasa dari kami adalah Anda perlu ketahui dulu jenis Izin Usaha yang akan Anda gunakan. Hal ini menyangkut dengan syarat dan dokumen yang harus Anda penuhi untuk membuat Izin Usaha dan waktu pengurusannya.

Setiap jenis Izin Usaha tersebut juga berbeda-beda biayanya. Sehingga, bagi perusahaan yang belum memiliki Izin Usaha, sebelum menggunakan jasa Gapura Office, maka pastikan terlebih dahulu kebutuhan Izin Usaha Anda agar pengurusannya lebih cepat.

Jadi, jika saat ini Anda hendak mengurus Izin Usaha, jangan tunda lagi! Segera hubungi tim Marketing kami DI SINI atau kunjungi webiste kami sebagai penyedia jasa konsultan yang berpengalaman. Dan sampaikan keinginan Anda kepada kami. Kami siap melayani Anda dengan layanan professional dan terbaik.

Sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan staff kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda agar Anda bisa mengutarakan keinginan bentuk legalitas bisnis Anda, bidang usaha yang dijalani, dan kemungkinan adanya kendalanya.

Dengan demikian, maka staff kami bisa memberikan penjelasan secara akurat dan memberikan jalan keluar apabila terjadi kendala tertentu.

Oleh sebab itu, segera urus legalitas bisnis Anda. Jangan sampai ada pihak lain yang mendahuluinya. Tentunya yang bisa juga menjadi kompetitor berat bagi keberlangsungan usaha Anda.

Ingat, persiapkan segala persyaratan dalam membuat Izin Usaha agar pengurusan bisa berjalan dengan lancar dan mudah. Daftarkan usaha Anda dan jadilah pengusaha yang sukses suatu saat nanti.

Ada banyak yang dihadirkan oleh Gapura Office. Informasi lengkap terkait dengan layanan yang kami berikan bisa Anda simak langsung di website resmi kami.

Semua layanan dicantumkan dalam website resmi kami, lengkap dengan penjelasan singkat dan biaya yang dibebankan kepada klien.

Silahkan menghubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan perizinan usaha.

Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman.

Gapura Office jasa Pendirian PT dengan syarat pembuatan yang mudah “One Stop Bussiness Solution”. So, start your business right bersama Virtual Officeku!

PT Garuda Perkasa Putra Angkasa (virtualofficeku.co.id) terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0043399.AH.01.01.Tahun 2016
?>