Blog Post

Jenis-Jenis Spare-Part Mobil, Apa Saja?

spare-part mobil

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Ketika Anda memiliki sebuah mobil, tentunya Anda ingin mobil kesayangan Anda tersebut tetap dalam kondisi yang stabil. Upaya menjaga performa mobil ini bisa dilakukan dengan perawatan atau service secara rutin. Selain itu, terkadang ada pula beberapa spare-part penting yang diganti secara rutin.

Service rutin ini sangatlah disarankan untuk dilakukan, karena bisa menghindarkan mobil dari berbagai kerusakan spare-part. Apabila bisa terjaga dengan baik, maka mobil bisa tahan lama dan bisa digunakan dalam berbagai kondisi jalan.

Nah, dalam pembahasan kali ini kami dari tim Gapura Sentra Otopart akan membahas perihal pengertian spare-part dan jenis-jenis dari spare-part mobil.

Pengertian Spare-Part

Berdasarkan KBBI, melihat dari sinonimnya onderdil dan suku cadang, maka spare-part adalah alat-alat di dalam peralatan teknik yang menjadi part dari mesin. Ketika dihubungkan dengan kata mobil, maka spare-part mobil adalah alat-alat di dalam peralatan teknikal yang menjadi unit mesin mobil.

Sehingga, arti dari spare-part adalah bagian mobil yang terdiri atas komponen-komponen yang membuat kesatuan dan punya fungsi spesifik.

Spare-part memiliki kegunaan tersendiri, namun ada yang sistem kerjanya saling terkait dengan spare-part lain. Setidaknya, ada beberapa jenis spare-part yang sangat penting untuk diketahui dan dipelajari sistem kerjanya.

Namun, selain pengertian spare-part di atas, berikut ini adalah penjelasan spare-part lainnya.

Spare-part merupakan sebuah barang yang berisikan berbagai komponen dalam suatu kesatuan dan memiliki fungsi tertentu. Spare-part banyak digunakan di berbagai jenis kendaraan, sehingga jenis-jenisnya juga sangat beragam.

Meski spare-part terdiri atas banyak komponen, namun yang akan kami bahas di sini adalah jenis-jenis spare-part yang sering mengalami kerusakan dan diganti.

Jenis-Jenis Spare Part Mobil

Berikut ini adalah pembahasan mengenai spare-part mobil yang perlu Anda ketahui, yaitu :

1. Orisinil.

Original equipment manufacturer atau OEM merupakan sebuah istilah yang menyatakan produk pabrikan asli atau orisinil. Produk orisinil ini biasanya memiliki kualitas yang bagus dan jenis produk orisinil banyak ditemukan di industri otomotif.

Produk orisinil diproduksi oleh pihak manufaktur asal, atau bisa juga diproduksi perusahaan lain yang ditunjuk oleh pihak manufaktur. Mobil menjadi kendaraan yang dilengkapi dengan ratusan spare-part.

Tidak semua jenis spare-part bisa dibuat atau diproduksi oleh pihak manufaktur. Sehingga ada beberapa jenis spare-part yang pembuatannya dialihkan ke perusahaan lain, dan perusahaan tersebut sudah pasti ditunjuk oleh pihak manufaktur mobil.

Meskipun dikerjakan oleh perusahaan lain, namun spare-part yang dihasilkan termasuk orisinil atau asli, karena pembuatannya telah sesuai dengan standar yang diterapkan manufaktur.

2. Non Pabrikan atau Aftermarket.

Spare-part mobil yang dibuat oleh non pabrikan adalah jenis yang diproduksi oleh perusahaan onderdil untuk kebutuhan segmen tertentu, sehingga spare-part tidak dibuat untuk kebutuhan normal kendaraan.

Non pabrikan menjadi perusahaan yang membuat atau memproduksi spare-part untuk keperluan hobi, kustomisasi, balap dan berbagai keperluan lainnya. Non pabrikan juga bisa membuat spare-part yang sesuai pesanan para klien.

Biasanya, spare-part non pabrikan tidak akan ada hubungannya atau tidak akan berelasi dengan pihak manufaktur mobil. Namun pihak non pabrikan ini biasanya telah memiliki lisensi sebelum melakukan pembuatan spare-part.

Spare-part yang dihasilkan dari non pabrikan ini bisa memiliki kualitas sama bagusnya dengan hasil manufaktur atau bisa juga lebih bagus dibandingkan dengan spare-part yang orisinal dari manufaktur.

3. KW.

KW merupakan salah satu istilah yang sangat familiar dalam dunia otomotif. Biasanya, spare-part yang dinyatakan KW ini terbagi menjadi tiga, yaitu KW 1, KW2, dan KW3. Ketiga kategori KW tersebut hanya memiliki sedikit perbedaan, yaitu pada bagian tampilan atau bahan pembuatan yang digunakan.

Banyak juga yang beranggapan bahwa produk KW termasuk dalam kategori produk yang palsu, sehingga produk KW ini tidak akan diproduksi oleh perusahaan manufaktur mobil. Selain itu, produk KW juga tidak akan memperoleh lisensi dari pihak manufaktur mobil.

Ketika Anda menggunakan spare-part KW, tentu sangatlah membahayakan untuk keamanan kendaraan dan keselamatan Anda. Hal ini karena spare-part KW kualitasnya memang tidak sesuai standar keamanan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian spare-part dan jenis-jenis dari spare-part mobil. Nah, jika saat ini Anda ingin membeli spare-part mobil yang asli, atau ingin meng-upgrade media hiburan di mobil kesayangan Anda, misalnya audio mobil, maka Anda dapat membelinya di Gapura Sentra Otopart atau Virtual Officeku.

Di Gapura Sentra Otopart terdapat banyak pilihan spare-part mobil yang bisa membuat kendaraan Anda tampil lebih keren dan berkualitas dari sebelumnya.

Anda bisa menghubungi tim Marketing kami DI SINI sebagai solusi terbaik yang legal dan tepat untuk mendapatkan spare-part mobil yang asli.

Soal kualitas, jangan pernah khawatir! Perusahaan kami telah didukung dengan tenaga ahli yang berpengalaman dan tentunya juga profesional. Anda akan mendapatkan pelayanan yang sangat memuaskan dan terjamin kualitasnya.

Silahkan hubungi tim Marketing kami DI SINI untuk mendapatkan informasi tentang dunia otomotif dan promo-promo menarik lainnya yang kami tawarkan, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda dengan cepat dan berpengalaman.

×

Hello!

Selamat datang di Gapura Office silahkan kirim pesan WhatsApp ke kontak yang tersedia di bawah ini atau email ke sales@virtualofficeku.co.id untuk informasi lanjut mengenai layanan kami, Terimakasih!

× Live Chat
?>