Blog Post

Mengelola Keuangan Bisnis Sampingan Bagi Karyawan

Merintis Bisnis Sampingan

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Salah satu tujuan keuangan seorang karyawan yang paling besar adalah mempersiapkan masa pensiun yang sejahtera. Untuk tujuan ini, beberapa karyawan pun lantas memberanikan diri untuk memulai bisnis sampingan.

Banyak tantangan harus dihadapi, salah satunya bagaimana bisa mengelola keuangan bisnis sampingan yang efektif demi menyambut masa pensiun tersebut.

Nah, bila Anda adalah seorang karyawan yang saat ini ingin merintis bisnis sampingan sebagai bekal pensiun, coba lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Hal ini sangat penting, agar Anda dapat memenuhi target untuk mengamankan masa pensiun Anda.

1. Pisahkan Rekening Pribadi dan Bisnis

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis sampingan yang sedang Anda rintis. Anda bisa melakukannya dengan cara membuat rekening yang terpisah, yakni satu rekening untuk keperluan pribadi dan untuk menerima gaji Anda sebagai karyawan, dan satu rekening yang lain Anda fungsikan untuk operasional bisnis sampingan.

Dengan pemisahan rekening ini, Anda dapat membuat laporan keuangan lebih mudah.

2. Buat Laporan Keuangan Secara Teratur

Buatlah laporan keuangan bisnis secara teratur dan detail setiap bulannya. Laporan keuangan inilah yang membedakan, apakah Anda sudah lancar berbisnis ataukah masih hanya berdagang saja. Karena keduanya adalah hal yang berbeda, dan memberikan hasil yang berbeda pula bagi pemiliknya.

Dengan laporan keuangan bisnis yang rapi, Anda akan bisa menentukan berapa gaji yang seharusnya Anda terima sebagai pemilik bisnis. Ini penting, karena Anda berhak atas allowance dari usaha Anda sendiri.

Selain itu, dengan membuat laporan keuangan bisnis yang rapi, Anda akan dengan mudah memantau berapa besar aset bisnis yang sudah Anda miliki, dan juga tahu seberapa besar keuntungan yang sudah Anda hasilkan. Sehingga Anda tahu bagaimana perkembangan bisnis Anda dari waktu ke waktu.

Jadi, buatlah laporan keuangan bisnis secara teratur, meski hanya sesederhana buku arus kas keluar dan buku arus kas masuk.

3. Kendalikan Cash Flow

Seperti halnya keuangan pribadi yang kesehatannya bisa dilihat dari arus kas yang baik, begitu pun dengan pengelolaan keuangan bisnis sampingan. Bisnis yang sehat bisa dilihat dari cash flow yang lancar. Oleh karena itu, laporan keuangan sangat dibutuhkan, agar Anda bisa mengecek dan mengendalikan cash flow.

Cash flow dalam keuangan bisnis meliputi posisi modal, hutang piutang, dan persediaan. Keseimbangan uang masuk dan keluar harus bisa dijaga dengan baik. Jangan sampai posisi modal menipis. Usahakan penjualan sebaik mungkin untuk menjaga keseimbangan ini.

4. Komitmen dan Disiplin

Untuk mengelola keuangan pribadi saja kita butuh kedisiplinan yang tinggi, apalagi untuk mengelola keuangan bisnis. Maka harus punya tekat dan komitmen yang tinggi pula.

Pastinya akan banyak kesulitan yang muncul seiring berjalannya bisnis sampingan yang Anda rintis. Namun, dengan komitmen yang tinggi, Anda pasti dapat mencari alternatif solusi yang baik pula.

Disiplin juga menjadi kunci sukses Anda menjalankan bisnis sampingan tersebut. Tetaplah pada tujuan membangun bisnis sampingan ini, demi mencapai tujuan keuangan Anda.

5. Pertimbangkan Kemungkinan Untuk Dikembangkan Lagi

Selain mengalokasikan allowance untuk diri sendiri, pertimbangkanlah juga untuk menggunakan laba yang diraih untuk mengembangkan bisnis sampingan Anda tersebut.

Buatlah rencana jangka panjang untuk pengembangan bisnis, lengkapi dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunitues, Threats) pula.

Terlepas dari tips di atas, jika saat ini Anda sedang mengembangkan bisnis rintisan atau startup, dan sedang mencari Virtual Office yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas layaknya sebuah kantor profesional, Gapura Office adalah pilihan yang tepat.

Lantas, apa sih keuntungan menggunakan jasa sewa di Gapura Office? Pastinya ada, selain pemangkasan biaya, Anda juga bisa dapatkan beberapa keuntungan lainnya, seperti bekerja lebih efektif.

Virtual Office yang ada di Gapura Office juga lebih mudah untuk dijangkau oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Juga patut untuk dicermati dengan baik, bahwa dengan pemakaian kantor virtual di Gapura Office pastinya Anda akan lebih hemat biaya yang cukup banyak.

Selain itu, Gapura Office juga memberikan fitur room meeting secara fisik. Dimana ruangan ini terdapat di lokasi-lokasi yang sangat strategis dan pastinya akan sangat mudah dijangkau oleh para karyawan dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Dan kapasitasnya pun juga biasanya terbilang cukup memadai

Lalu, bagaimana jika ada klien yang ingin menghubungi? Hal tersebut juga biasanya sudah teratasi, karena Gapura Office juga memberikan jasa penjawab telepon yang profesional. Panggilan masuk dari calon klien atau rekan bisnis akan langsung diteruskan ke nomor telepon yang sudah terdedikasi untuk pihak perusahaan masing-masing. Pastinya interaksi dengan klien maupun rekan bisnis tidak akan terabaikan dengan fitur tersebut.

Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk sewa Virtual Office Jakarta, maka Anda dapat mempercayakannya pada Gapura Office atau Virtual Officeku.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh melalui website official kami di https://www.virtualofficeku.co.id/.