Blog Post
Mengenal Jenis-Jenis Kantor Untuk Operasional Bisnis
GAPURA OFFICE – Hai sobat Gapura! Dalam menjalankan suatu bisnis, pastinya hal pertama yang Anda butuhkan adalah lokasi untuk kegiatan operasional bisnis tersebut dilakukan. Kantor menjadi hal penting yang sangat dibutuhkan ketika bisnis Anda mulai berjalan.
Namun, menyewa gedung tentunya menjadi hal yang mungkin belum menjadi prioritas bagi bisnis rintisan atau Startup. Dengan modal yang terbatas, saat ini kebanyakan Startup tidak terlalu menganggap bahwa kantor menjadi prioritas utama, dan mereka pun memilih mengalokasikan modalnya untuk mengembangkan produk.
Saat ini, di era teknologi yang tumbuh pesat, jenis kantor pun mulai berkembang. Anda tidak perlu lagi terpaku menyewa suatu unit pada gedung perkantoran, karena Anda dapat bekerja di mana saja.
Berikut beberapa jenis-jenis kantor modern yang cocok Anda gunakan untuk menjalankan bisnis beserta perjanjian sewa menyewa yang harus diperhatikan.
Virtual Office
Ketika bisnis Anda memiliki jam kerja yang fleksibel dan tidak mengharuskan karyawan untuk berada di kantor setiap hari, Virtual Office bisa menjadi pilihan bagi Anda. Virtual Office sendiri merupakan satu kantor bersama yang disediakan oleh penyedia jasa Virtual Office, dimana alamat kantor tersebut dapat digunakan oleh beberapa perusahaan lainnya.
Mengapa hanya alamatnya saja yang digunakan? Karena sesungguhnya tidak terdapat kantor secara fisik yang digunakan oleh perusahaan yang menyewa Virtual Office, melainkan perusahaan hanya menyewa alamat kantor tersebut.
Kegiatan operasional perusahaan pun tidak dilakukan di kantor penyedia jasa Virtual Office. Dalam hal ini, pemerintah juga turut mendukung bisnis-bisnis Startup dengan mengizinkan penggunaan Virtual Office sebagai domisili bisnis Anda.
Sebagai contoh di Jakarta, terdapat Surat Edaran Kepala BPTSP DKI Jakarta Nomor 06/ SE/ 2016 yang mengizinkan pebisnis menggunakan Virtual Office untuk dicantumkan di Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) dengan masa berlaku Virtual Office selama 1 tahun.
Namun, Anda dapat mengajukan perpanjangan SKDP atas Virtual Office ini ke pemerintah terkait. Dengan adanya Virtual Office, maka Anda pun tidak hanya menghemat waktu dan tenaga untuk perjalanan ke kantor saja, namun Anda juga dapat menghemat biaya sewa.
Lalu, apa saja keuntungan Virtual Office bagi bisnis Startup?
- Meningkatkan citra dan branding perusahaan dengan alamat kantor di pusat bisnis.
- Fleksibilitas waktu dan tempat bekerja, bisa dari mana pun dan kapan pun.
- Memiliki domisili perusahaan yang sah, sehingga mempermudah pengurusan pendirian perusahaan dan Izin usaha.
Serviced Office
Berbeda dengan Virtual Office, untuk Serviced Office ini memiliki ruangan kantor yang dapat ditempati secara nyata dan dilengkapi dengan fasilitas kantor pada umumnya. Jadi, jika Anda pemilik bisnis Startup yang ingin memiliki kredibilitas tinggi dengan memiliki kantor di pusat kota, maka Serviced Office bisa menjadi pilihan.
Umumnya, dengan menyewa Serviced Office, Anda tidak perlu lagi membeli perlengkapan kantor seperti meja, lemari, kursi, dan sebagainya. Selain itu, Serviced Office yang lengkap biasanya juga sudah menyediakan nomor telepon, internet, hingga meeting room.
Meski ruang kantor yang disewakan tidak terlalu luas, namun Serviced Office cocok bagi pemilik bisnis Startup yang jumlah karyawannya masih di bawah 8 orang.
Dengan menggunakan Serviced Office ini maka Anda dapat menghemat biaya operasional, karena Anda hanya menyewa ruangan yang memang diperlukan dan harganya yang relatif murah.
Ada banyak keuntungan lagi yang bisa Anda dapatkan dengan menyewa Serviced Office, seperti :
- Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) berlaku lebih dari setahun (sesuai dengan perjanjian sewa yang telah disepakati), sehingga Anda dapat lebih fokus mengembangkan bisnis tanpa perlu mengurus perizinan setiap tahunnya.
- Tidak perlu membeli perlengkapan dan peralatan perkantoran.
- Menyediakan ruangan yang dapat disesuaikan dengan jumlah karyawan.
- Telah dilengkapi resepsionis dan cleaning service serta dilengkapi jaringan internet.
- Tidak membutuhkan biaya maintenance.
- Memiliki layanan meeting room dan event space.
Coworking Space
Coworking Space bukan hanya sekedar ruang kerja, namun juga sebagai tempat membangun komunitas. Dimana jika memilih Coworking Space, maka Anda akan bekerja bersama dengan beberapa orang lain dari perusahaan-perusahaan yang berbeda dalam satu tempat.
Tempat ini mengedepankan konsep sharing (berbagi), sehingga Anda dapat menyewa tempat ini per individu, per tim, ataupun per perusahaan. Dan untuk tempat bekerja, Anda dapat berpindah ke mana pun sesuai yang Anda inginkan.
Ketika Anda menyewa Coworking Space, biasanya pihak penyedia atau pemilik sudah menyediakan fasilitas untuk bekerja, seperti internet, meeting room, makanan ringan, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga akan dibantu resepsionis professional untuk menjawab telepon ataupun menerima surat dan paket yang masuk.
Tak hanya itu saja, jika Anda membutuhkan domisili untuk pengurusan legalitas bisnis, beberapa Coworking Space juga menyediakan layanan Virtual Office untuk alamat kantor bagi bisnis Anda
Selain itu, banyak juga manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menyewa Coworking Space, seperti :
- Biaya sewa lebih mudah, mulai dari Rp 50 ribu per hari atau Rp 1 juta sebulan.
- Menyediakan meeting room dan event area yang dapat digunakan kapan saja sesuai kebutuhan.
- Bebas memilih tempat bekerja yang Anda suka, sehingga membuat produktivitas meningkat.
- Membangun network dan komunitas baru.
- Sharing knowledge dengan member lain.
Itulah beberapa jenis-jenis kantor modern yang cocok Anda gunakan untuk menjalankan kegiatan operasional bisnis. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang merintis bisnis dan ingin menyewa kantor-kantor modern seperti di atas, khususnya di wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan juga Depok, maka Anda bisa menyewa di Gapura Office atau Virtual Officeku. Dan dapatkan penawaran paket yang menarik dari kami!
Sewa kantor yang ada di kami juga lebih mudah untuk dijangkau oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Dan yang patut untuk dicermati dengan baik adalah, dengan sewa kantor di Gapura Office, pastinya Anda akan lebih hemat biaya yang cukup banyak.
Selain itu, layanan sewa kantor di Gapura Officejuga memiliki lingkungan yang sangat kondusif, dan tentunya akan meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal.
Biaya sewa kantor atau gedung? Sudah pasti terpotong. Lalu biaya air, listrik, telepon dan internet? Sudah pasti juga turut terpangkas. Dan masih banyak biaya lainnya yang juga bisa terpangkas dengan penggunaan jasa sewa kantor di Gapura Office.
Lalu, apakah ada keuntungan lainnya bila sewa kantor di Gapura Office?
Pastinya ada, selain pemangkasan biaya, Anda juga bisa dapatkan beberapa keuntungan seperti bekerja lebih efektif. Gapura Officejuga memberikan fitur meeting room secara fisik, dimana ruangan ini terdapat di lokasi-lokasi yang sangat strategis dan pastinya akan sangat mudah dijangkau oleh para karyawan dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Dan kapasitasnya pun cukup memadai.
Lalu, bagaimana jika ada klien yang ingin menghubungi?
Hal tersebut juga sudah bisa teratasi, karena Gapura Office memberikan jasa penjawab telepon yang profesional. Panggilan masuk dari calon klien atau rekan bisnis akan langsung diteruskan ke nomor telepon yang sudah terdedikasi untuk pihak perusahaan masing-masing. Pastinya interaksi dengan klien maupun rekan bisnis tidak akan terabaikan dengan fitur tersebut.
Dapatkan informasi tentang legalitas dan promo-promo menarik lainnya dari kami, serta Konsultasi GRATIS tentang jasa yang kami tawarkan. Kami siap membantu Anda! Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim Marketing kami DI SINI.
Jangan ragu untuk menghubungi kami, karena kami akan sangat senang dapat membantu Anda. Biarkan kami yang bekerja untuk Anda, dan dengan senang hati kami akan melayani Anda. Kami akan melayani dengan cepat dan berpengalaman. So, start your business right bersama Gapura Office!