Blog Post

Peraturan dan Syarat Pembuatan PT Terbaru

pembuatan PT

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Untuk mendirikan sebuah PT, memerlukan persiapan yang matang guna melancarkan proses pembuatan PT tersebut. Jika kita memperhatikan bagaimana pemerintah bekerja dalam mengeluarkan kebijakan pembuatan sebuah PT, maka kita dapat melihat bahwa pemerintah telah melakukan banyak hal untuk memberikan kemudahan bagi para pendiri PT.

Banyaknya pendirian PT di Indonesia ini membuat perekonomian di negara tercinta kita ini semakin baik. Tak mengherankan bila pemerintah kini berupaya secara maksimal dalam memberikan kemudahan pendirian PT bagi para pengusaha.

Dalam memberikan kemudahan pendirian PT, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan atau peraturan yang berkaitan dengan syarat pembuatan PT 2018. Peraturan tersebut dipercaya dapat membantu para pengusaha untuk mendirikan PT tanpa harus melakukan usaha yang menyusahkan.

Indikator dalam menyusun EoDB dapat dijadikan acuan membangun PT. Akses akan jaringan listrik, insolvensi dan izin bangunan merupakan beberapa indikator dalam menyusun EoDB.

Peraturan dan Syarat Pembuatan PT Terbaru

Tak hanya penyusunan EoDB saja, pasalnya saat ini, baik pemerintah pusat dan daerah, juga telah menerapkan peraturan beserta dengan syarat buat PT 2018 yang dinilai mampu meringankan para pengusaha dalam mendirikan sebuah PT.

Berikut peraturan dan syarat yang harus ada dalam mendirikan PT tahun 2018.

Peraturan Pembuatan PT Terbaru

1. Aturan Kode Bidang Usaha Beserta Aturan Lapangan Usaha.

Perkembangan teknologi membuat bidang usaha berkembang dengan baik. Pemerintah membuat kode usaha yang diatur oleh Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik. Di dalam peraturan tersebut, kita dapat melihat bahwa peraturan Kepala BPS Nomor 95 Tahun 2015 telah mengalami perubahan. Peraturan tersebut membuat pengusaha harus menerapkan kode bidang usaha pada PT yang akan dibuat.

2. Aturan Domisili Usaha Yang Akan Didirikan.

Syarat lain yang harus dipatuhi adalah menentukan lokasi usaha yang akan dipilih. Dengan cara tersebut, pengusaha dapat mengetahui zona mana saja yang masih diperbolehkan oleh pemerintah dalam pembanguan sebuah PT.

Misalnya, di ibukota Jakarta, pemerintah hanya memperbolehkan para pengusaha untuk mendirikan PT pada zonasi usaha tertentu.

3. Aturan Izin Gangguan (HO).

Izin Gangguan (HO) merupakan salah satu aturan yang diwariskan oleh pemerintah Belanda. Percaya atau tidak, setiap aturan yang memiliki kaitan akan izin khusus, Izin Gangguan tetap diberlakukan hingga saat ini.

4. Pembuatan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan.

Syarat pembuatan PT 2018 yang terbaru sejak 1 – 2 tahun belakangan ini adalah pembuatan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. BPJS sendiri merupakan salah satu program pemerintah dengan tujuan pemberian perlindungan bagi tenaga kerja yang bernaung di bawah PT yang akan dibuat. Dimana sebuah PT wajib memberikan perlindungan bagi pekerjanya dengan mendaftarkan seluruh karyawannya kepada BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan.

Tidak hanya berlaku untuk PT saja, pendaftaran BPJS juga berlaku untuk semua badan usaha yang menggunakan tenaga kerja.

Itulah beberapa penjelasan mengenai peraturan yang berkaitan dengan syarat mendirikan PT 2018.

Syarat Pembuatan PT 2018 :

  • Fotocopy KTP para Pendiri.
  • Fotocopy NPWP Pribadi Penanggung Jawab.
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK) Penanggung Jawab.
  • Surat Keterangan Domisili dari pengelola gedung jika berdomisili di Gedung Perkantoran dan surat sewa, IMB, PBB lunas terakhir.
  • Pas Foto ukuran 3 x 4 = 2 lembar (latar blakang merah).
  • Jumlah Modal Dasar dan Modal Setor.
  • Komposisi saham.

Adapun dokumen yang diperoleh, yaitu :

  • Akta Notaris.
  • SK Kehakiman.
  • Domisili Usaha.
  • NPWP Perusahaan.
  • SIUP.
  • TDP.
  • Berita Negara.

Demikianlah peraturan dan beberapa syarat pembuatan PT 2018 yang harus diketahui. Mengenai dokumen yang diperoleh bisa didapatkan jika Anda mengambil paket lengkap jasa pembuatan PT kami.

Jika ada hal-hal yang ingin ditanya mengenai pembuatan PT, Anda bisa Hubungi Kami. Dengan senang hati kami akan melayani Anda.