Blog Post

Produk Reksa Dana Ini Cocok Untuk Investasi di Tengah Pandemi

Siapkan Dana Darurat Produk Reksa Dana

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Meski hingga saat ini wabah virus Corona atau Covid-19 belum usai, namun jangan dijadikan penghalang untuk tidak melakukan investasi. Memang, sebelumnya banyak investor yang mengalami kerugian di beberapa instrumen investasi sepanjang pandemi ini. Meski begitu, masih ada instrumen investasi lainnya yang dapat diandalkan di tengah pandemi Corona ini. Misalnya saja, reksa dana.

Seperti diketahui, reksa dana memiliki empat produk, yaitu reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap, dan pasar uang. Masing-masing dari produk tersebut memiliki tingkat resiko yang beragam. Mulai dari resiko yang rendah, menengah, hingga tinggi.

Nah, berhubung kondisi saat ini masih diselimuti pandemi, maka memilih produk reksa dana dengan resiko yang rendah hingga menengah adalah pilihan yang tepat.

1. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana Pendapatan Tetap memiliki tingkat resiko rendah hingga menengah. Meski begitu, produk ini pergerakannya cenderung stabil, tergantung dari strategi yang dilakukan investor. Jadi, investor tidak perlu takut mengalami kerugian.

Pendapatan Tetap adalah investor akan menginvestasikan sekitar 80 persen dari aset yang dimiliki ke dalam bentuk surat hutang (obligasi). Disebut sebagai ‘Pendapatan Tetap’ karena penerbit Efek Hutang secara konsisten memberikan pembayaran bunga (kupon) yang tetap kepada para pemegang efek tersebut.

Jangka waktu reksa dana Pendapatan Tetap ini biasanya berlangsung selama 1 – 3 tahun. Jika Anda ingin mendapatkan return atau tingkat pengembalian yang lebih stabil, tidak ada salahnya memiliki jangka waktu paling panjang.

Berikut ini adalah keuntungan memilih reksa dana Pendapatan Tetap, yaitu :

  • Memiliki tingkat risiko kerugian yang rendah hingga menengah.
  • Modal investasi mulai dari Rp 10 ribu.
  • Pergerakan investasi bisa naik turun, akan tetapi cenderung stabil.
  • Tidak kena pajak.
  • Mengingat dana yang disetorkan investor akan disalurkan kembali ke berbagai macam jenis investasi lainnya, sehingga dapat mengurangi adanya risiko muncul yang harus investor tanggung. Maka efeknya, diversifikasi bisa mengalami peningkatan.
  • Penyaluran dana bersifat likuid dengan waktu pencairan yang fleksibel. Pemegang reksa dana bisa menjual kembali berdasarkan harga nilai aktiva bersih (NAB) di hari yang sama Reksa Dana tersebut dibeli.
  • Pengelolaan Reksa Dana yang dilakukan oleh Manajer Investasi telah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, investor tidak perlu khawatir menjadi korban penipuan investasi bodong.
  • Tidak ada terjadi kecurangan dalam pengelolaan dana investasi karena semua kebijakan dan ketentuan yang ada dalam Reksa Dana sudah diatur oleh pemerintah dan manajer investasi tentunya menjalankan pengelolaan dana sesuai aturan investasi yang berlaku. Dengan begitu, uang yang ditanamkan pada investasi reksa dana pendapatan tetap dijamin aman.
  • Investor bisa melihat perkembangan investasi yang dilakukannya secara jelas. Sebab, perusahaan Reksa Dana wajib melaporkan informasi yang sama kepada semua investor.

2. Pasar Uang

Pasar Uang menjadi satu-satunya produk reksa dana yang menawarkan resiko paling rendah. Tak heran, bila instrumen reksa dana Pasar Uang diidolakan para investor pemula yang baru saja belajar terjun investasi, tetapi tidak ingin mengalami resiko kerugian yang besar.

Reksa dana Pasar Uang adalah investor bisa menyetorkan modal investasinya sebanyak 100 persen pada instrumen surat berharga yang biasanya memiliki jatuh tempo tidak lebih dari 1 tahun. Surat hutang tersebut, diterbitkan langsung oleh korporasi dan negara dalam bentuk Obligasi Ritel (ORI) dan Sukuk Ritel.

Adapun keuntungan memiliki reksa dana Pasar Uang, yaitu :

  • Memiliki risiko kerugian yang sangat rendah.
  • Investasi awal mulai dari Rp 10 ribu.
  • Pencairan dana bersifat likuid atau muda dicairkan.
  • Jangka waktu investasi Fleksibel.
  • Bebas pajak.
  • Reksa Dana pasar uang mampu menawarkan rata-rata keuntungan hingga 20 persen per tahun.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang merintis usaha dan tengah mencari Virtual Office atau Coworking Space dengan lingkungan yang kondusif dan dapat meningkatkan produktifitas tim kerja Anda untuk bekerja secara maksimal, Gapura Office bisa menjadi pilihan yang tepat.

Fasilitas yang ditawarkan di Gapura Office juga sangat beragam, dan tentunya sangat mendukung usaha Anda berkembang. Tidak hanya internet super cepat, namun juga masih banyak fasilitas ekslusif lainnya untuk para member GAPURA.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kantor Virtual Office impian Anda sekarang juga, dan Hubungi Kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan konsultasi GRATIS untuk pendirian usaha Anda.