Blog Post

Prosedur Biro Jasa Dalam Pembuatan SIUP dan TDP

SIUP dan TDP

GAPURAOFFICE – Hai sobat Gapura! Bagi Anda yang ingin melakukan pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), maka menggunakan layanan Biro Jasa Pembuatan SIUP dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) akan sangat membantu efektifitas pengurusan Anda.

Seperti diketahui, untuk mendirikan sebuah usaha, maka Anda akan membutuhkan dokumen yang menyatakan bahwa usaha Anda adalah usaha yang sah dan legal di mata hukum. Sehingga mendaftarkan usaha Anda dan juga mengurus berbagai perizinannya akan sangat berpengaruh untuk kelangsungan usaha Anda.

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) adalah surat yang menjelaskan legalitas usaha Anda, sehingga Anda akan lebih leluasa untuk menjalankan usaha.

Perlu Anda ketahui pula bahwa Surat Izin SIUP ini berbeda-beda untuk setiap jenis usaha. Sehingga memahami jenis SIUP ini akan membantu Anda dalam memudahkan dan menyiapkan berbagai kelengkapannya.

Untuk Anda yang ingin mendirikan PT, maka Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) ini dibuat sesuai dengan besar dan kecilnya usaha. Dimana untuk SIUP Usaha Kecil dimulai dengan modal dan kekayaan bersih sebesar Rp 200 Juta. Dan untuk SIUP Usaha Menengah dimulai dengan modal dan kekayaan bersih antara Rp 200 Juta hingga Rp 500 Juta. Selebihnya dari itu, maka ia akan ikut dalam golongan SIUP Besar.

Sedangkan untuk Tanda Daftar Perusahaan (TDP) harus dimiliki oleh Perseroan Terbatas (PT) dari perusahaan asing atau penanaman modal dari luar negeri. Sehingga tentunya langkah dan prosedur uang diperlukan jelas lebih panjang dibandingkan mengurus SIUP.

Dengan demikian, bisa dipastikan Anda akan membutuhkan Biro Jasa Pembuatan SIUP dan TDP. Padahal seperti yang Anda ketahui bahwa pengurusan izin dan juga pendiriannya sangatlah sulit. Apalagi bagi Anda yang masih belum terlalu paham dengan berbagai aturan dan ketentuan yang dibuat oleh pemerintah.

Prosedur Biro Jasa Pembuatan SIUP dan TDP

Menggunakan layanan Biro Jasa Pembuatan SIUP dan TDP akan membantu Anda untuk bisa dengan mudah mendapatkan perizinan usaha. Hal ini adalah karena pelaksanaan dan pengerjaan persuratan ini dilakukan oleh para ahli dan profesional yang telah memahami ketentuannya dengan baik.

Meski demikian, ada baiknya bagi Anda untuk tetap mengetahui apa saja kelengkapan yang perlu dipersiapkan, agar Anda bisa memudahkan dalam pengerjaan pembuatan perizinan. Sehingga waktu Anda akan semakin efektif dan efisien.

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) harus dimiliki oleh semua jenis usaha. Baik itu koperasi, firma, CV, maupun PT. Namun masing masing memiliki ketentuan dan prosedur yang berbeda beda.

Untuk SIUP dari jenis usaha berbentuk Perseroan Terbatas (PT), maka usaha Anda juga akan dimintai keterangan mengenai Akta Pendiriain PT, SK Pengesahan Badan hukum, surat mengenai Izin Prinsip, surat keterangan mengenai Izin Gangguan (HO), keterangan NPWP, dan juga laporan keuangan seperti neraca perusahaan.

Dengan berbagai berkas-berkas tersebut, pemerintah ingin melihat apakah usaha Anda layak untuk diberikan izin operasi atau tidak.

Sedangkan untuk Tanda Daftar Perusahaan (TDP), maka Biro Jasa Pembuatan SIUP dan TDP akan membantu perusahaan untuk mendaftarkan beberapa berkas seperti Akta Pendirian Perusahaan dan juga Akta Perubahan Angaran Dasar.

Bila usaha Anda berbentuk PT, biasanya Anda akan diminta untuk melengkapi beberapa berkas seperti SIUP, paspor jika pemilik adalah WNA, surat pengesahan akta, surat pendirian PT, dan berkas berkas lainnya yang mampu menjelaskan bahwa perusahaan Anda adalah sah dan legal.

Persyaratan tersebut nantinya akan disahkan oleh Menkumham yang memiliki wewenang atas hal ini.

Memiliki Tanda Daftar Perusahaan (TDP) juga sama pentingnya dengan kepemilikan SIUP. Oleh karena itu, tidak heran bila banyak Biro Jasa Pembuatan SIUP dan TDP yang membantu agar pelaksanaan pengurusan menjadi lebih mudah.

Bingung memilih Biro Jasa atau Notaris untuk mengurus Surat Izin Usaha Anda?

Gapura Office atau Virtual Officeku adalah Biro Jasa yang sudah berpenglaman sejak lama dalam bidang perizinan usaha di Indonesia, khusunya untuk daerah Jakarta dan sekitarnya. Kami adalah pilihan tepat untuk Anda yang mempermudah perizinan usaha, seperti pengurusan SIUP dan TDP.

Jadi, tunggu apa lagi? Legalitaskan perusahaan Anda hanya di Gapura Office. Dan dapatkan layanan pengurusan legalitas perizinan serta pendirian perusahaan Anda dengan cepat dan profesional.

Untuk informasi lebih lanjut dan konsultasi GRATIS untuk pendirian perusahaan Anda, silahkan Hubungi Kami.